Powered by Blogger.

Persiapkan Dana Pensiun Dari Sekarang, Begini Caranya!

Jika kamu bekerja di suatu instansi atau perusahaan (atau baru melamar), jangan lupakan program dana pensiun. Banyak orang lupa memperhitungkan soal pendanaan masa purnabakti saat mencari kerja, padahal hal ini sangat penting. Kamu bisa menyisihkan gaji untuk mendapat dana persiapan masa pensiun, terutama jika hendak bekerja dalam jangka waktu cukup lama.

Dari mana dana pensiunmu datang? Bagaimana cara mempersiapkan serta mengelolanya? Berikut yang harus kamu ketahui tentang program pensiun.




Dana Pensiun dan Program Perusahaan


Perusahaan bereputasi baik biasanya memiliki program uang pensiun. Uang ini diberikan kepada peserta saat sudah mencapai usia pensiun, Ini berbeda dengan uang pesangon (diberikan saat karyawan berhenti bekerja secara baik-baik) dan uang penghargaan (diberikan sebagai bentuk apresiasi karena prestasinya selama bekerja). Jika kamu tertarik bekerja di suatu perusahaan, program uang pensiun ini harus jadi pertimbanganmu.

Perusahaan bereputasi baik biasanya juga memiliki program dana pensiun khusus. Dalam program ini, perusahaan mendirikan suatu lembaga dengan manajemen terpisah untuk mengelola iuran dari karyawan. Program ini dapat dilakukan oleh perusahaan pemerintah maupun swasta. Program ini dikenal secara resmi dengan nama Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK).

Ada juga perusahaan yang menawarkan program dana pensiun lembaga kesehatan. Perusahaan bekerja dengan lembaga kesehatan atau bank untuk menawarkan asuransi jiwa dan kesehatan. Perusahaan bisa membayarkan iurannya langsung dari gaji karyawan yang mendaftar, dan uangnya bisa diambil setelah karyawan memasuki masa pensiun. Jika perusahaan memiliki program ini, kamu bisa mempertimbangkannya sebagai salah satu cara mengumpulkan dana pensiun.

Tips Mengembangkan Dana Pensiun


Kamu bisa mendapat dana pensiun cukup besar dengan memanfaatkan semua pilihan pendanaan ini. Bayar iuran secara teratur dan jangan lupa menabung serta melakukan investasi berisiko rendah. Setelah masuk masa pensiun, kamu bisa menyisihkan dana cukup besar dari uang pensiun dan pesangon untuk dimasukkan ke obligasi atau deposito. Dengan begini, kamu akan memiliki modal hidup sekaligus keuntungan bulanan.

Kamu juga bisa menyisihkan uang untuk berinvestasi di beberapa saluran berisiko rendah. Salah satunya adalah Qazwa.id, saluran pembiayaan UKM lewat dana investasi perorangan. Qazwa mengajakmu investasi sambil beramal dengan metode berisiko rendah. Dana yang kamu salurkan tidak hanya berkembang, tetapi juga bisa membiayai usaha rumah tangga, kecil, dan menengah.

Manfaatkan keuntungan investasi dana pensiunmu dalam sistem pendanaan tanpa riba. Kamu bisa memilih jenis usaha serta kategori tingkat risiko dan periode pendanaannya. Uangmu akan segera kembali dengan keuntungan yang ditambahkan. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan risikonya karena Qazwa berada di bawah pengawasan OJK.

Mengumpulkan dana pensiun harus kamu pikirkan sejak masih muda. Manfaatkan saluran pembiayaan pensiun di tempat kerjamu, dan rencanakan jenis investasi idealmu sekarang juga.

No comments