Powered by Blogger.

Kisah Cerita Roman, Komedi dan Religi Dalam 99 Nama Cinta

Apa jadinya teman masa kecil bertemu kembali saat dewasa untuk mengajarkan mengaji karena amanah dari Almarhum orangtuanya. Apakah amanah tersebut bisa terlaksana?



Kisah ini merupakan cerita yang ada pada film 99 Nama Cinta karya Danial Rifki dengan cerita yang ditulis oleh Garin Nugroho sebagai produser dan sutradara yang sudah dikenal baik di Indonesia maupun luar. Saya sendiri mulai mengenal Garin setelah film yang berjudul Cinta dalam Sepotong Roti yang tayang pada tahun 1990. Kemudian dilanjutkan dengan film keduanya Surat Untuk Bidadari yang dikenal hingga ke mancanegara.

Oh ya Garis menulis cerita 99 Nama Cinta memang terinspirasi dri Asmaul Husna, pantas saja waktu pertama kali membaca judul filmnya saya langsung teringat ke situ. Uniknya cerita Garin kali ini adalah penggabungan antara film romantis, komedi, dan religi yang sudah pasti punya pecintanya masing-masing di tiap genre tersebut.


Pemeran 99 Nama Cinta


Pemain yang bermain pada film 99 Nama Cinta pun bukan nama-nama baru lagi karena di beberapa film serta sinetron nama mereka cukup dikenal. Sebagai pemeran utama ada Acha Septriasa yang memerankan sebagai Thalia dan Deva Mahenra sebagai Kiblat. Sudah tahu dong kalau Acha juga sudah wara wiri di film layar lebar, beberapa film yang diperankan oleh dia antara lain Heart, Love is Cinta, 99 Cahaya di Langit Eropa, Bulan Terbelah di Langit Amerika, Sabtu Bersama Bapak dan lainnya. Sedangkan untuk Deva Mahenra saya mulai mengenalnya ketika berperan sebagai Bastian pada serial sitkom Tetangga Masa Gitu.

Sederet artis lainnya yang bermain pada film ini antara lain Ira Wibowo, Donny Damara, Dzawin, Chiki Fawzi, Adinda Thomas, Susan Sameh, Adi Nugroho, Miing dan lain-lain.


3 Genre Film


Jujur aja saya kurang suka film bergenre komedi, kecuali memang bagus banget menurut saya. Tapi waktu melihat trailer film 99 Nama Cinta, saya tertarik dengan jalan ceritanya yang memadukan 3 genre sekaligus. Kehidupan Thalia di dunia broadcasting sekaligus menunjukkan pada masyarakat bagaimana pekerjaan di dunia tersebut. Thalia yang bekerja sebagai penyiar tayangan gosip harus berhadapan dengan Kiblat seorang ustadz muda yang ternyata teman masa kecilnya.

Mungkin acara berita gosip punya tempat di hati penggemarnya masing-masing begitu pula dengan tayangan ceramah seperti kuliah subuh. Namun, ternyata rating acara gosip lebih banyak dibandingkan acara keagamaan. Untuk itulah Garin Nugroho ingin mengangkat cerita tersebut lewat pembelajaran yang halus melalui cerita film.

Di lain dunia ada Kiblat yang kesehariannya selalu bergelut dengan hal-hal yang berbau agama di pesantren milik ayahnya. Di sini lah kisah berawal ketika Kiblat datang menemui Thalia untuk mengajarkannya mengaji. Apakah Thalia langsung menerimanya?

Film 99 Nama Cinta juga pastinya dibumbui dengan berbagai konflik supaya jalan ceritanya tidak monoton dan tidak membosankan penontonnya. Apakah Thalia akan jatuh hati pada Kiblat? Lalu pada trailer ada Chika Fawzi yang menjadi desainer. Apa hubungannya dengan Thalia? Ah gak seru kalau diceritakan semua nanti gak asyik lagi nontonnya bukan.

Sebelum menonton filmnya yang mulai tayang di bioskop mulai 14 November 2019 nanti bisa melihat trailernya terlebih dahulu.

No comments