Powered by Blogger.

Sayur Asem Penggugah Selera Makan

"De nanti buka puasanya pakai sayur asem ya!" Pasti Alvin jawabnya gak mau aku gak doyan. Padahal kalau disajikan tetap aja habis hihihi. Dipikirnya sayur basi mungkin ya makanya suka gak mau sampai-sampai dia penasaran memang resep sayur asem itu apa sih? 

Sebenarnya makan pakai sayur asem ini kesukaan saya banget apalagi ditambah dengan sambal hmmmm maknyussss jadinya kalau kata Pak Bondan.




Sayur Asem pun punya rasa yang berbeda lho, tergantung berasal dari kota mana. Sayur asem orang Sunda dan Betawi juga beda rasanya. Kalau saya suka sayur asem yang ditambah dengan kacang tanah yang sudah dikupas, karena pernah beberapa kali saya makan sayur asem betawi kacang tanahnya disajikan beserta kulitnya. 

Penasaran dengan resep sayur asem yang bisa saya buat? pssst ini resepnya dari mama saya kok. Saya biasanya beli bahan-bahan untuk membeli sayur asam di tukang sayur yang sudah satu paket gitu.

Bahan-bahan yang harus disiapkan

  • Jabung manis dipotong-potong
  • Labu siam dipotong bentuk dadu
  • Melinjo dan daunnya
  • Kacang tanah yang sudah direbus
  • Asam jawa
  • Kacang panjang dipotong kira-kira 2 cm
  • Daun salam
  • Lengkuas
  • Garam secukupnya
  • Air untuk merebus sayuran


Bumbu yang harus dihaluskan
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Cabai merah
  • Terasi
  • Kemiri


Cara membuat sayur asem
  • Rebus air sampai mendidik
  • Masukkan jagung dan melinjo, kemudian masak sampai matang atau empuk jagungnya
  • Masukkan kacang panjang dan daun melinjo
  • Masukkan bumbu halus yang sudah disiapkan aduk rata kemudian masukkan juga garam, gula, dan air asam, jangan lupa juga memasukkan daun salam dan lengkuas.
  • Tunggu hingga matang dan siap disantap


Di dalam sayur asem ini mengandung sayur-sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan diantaranya yaitu  kacang panjang mengandung vitamin A, thiamin, Vitamin B6, asam filan dan vitamin C juga mineral. Sementara itu kalau labu siam mempunyai kandungan serat, protein dan vitamin sedangkan jagung selain karbohidrat juga ada protein, serat dan vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh.



Paling enak makan sayur asem pakai apa? kalau saya biasanya pakai oreg tempe, ikan balado, tahu, kerupuk. Duh perut udah minta diisi nih mana bedug magrib masih lama pula.

No comments