Powered by Blogger.

Kulit Kering Saat Puasa? Atasi Dengan Cara Ini

Selain ponsel dan dompet, benda lainnya yang wajib saya bawa adalah handcream. Sadar diri aja sih karena jenis kulit yang saya miliki cenderung kering jadi harus sering-sering pakai pelembab. Kalau gak ada handcream, body lotion atau body butter pun jadi kok. Makanya saya selalu sedia ketiga skin care tersebut di rumah.

Ngomongin soal kulit kering, di bulan puasa ini perlu banget dapet perhatian lebih dari biasanya karena selama sedang berpuasa biasanya seseorang mudah mengalami dehidrasi, maklum kan gak bisa minum berjam-jam. Dehidrasi bisa menyebabkan kulit tampak kering dan kusam, belum lagi kurang istirahat.





Untuk mengatasi kulit kering selama berpuasa bisa diatasi dengan cara berikut ini :


Minum Air Putih Yang Cukup

Walaupun sedang puasa tapi kebutuhan air bagi tubuh harus tercukupi dengan benar supaya tidak dehidrasi. Bukan berarti harus minum di siang hari ya hihihi. Kebutuhan minum bisa dipenuhi ketika berbuka puasa, malam hari, hingga menjelang imsak. Saat berbuka gak harus minum bergelas-gelas kok, dibagi saja menurut kemampuan yang penting tercukupi banyaknya air yang harus diminum,


Jangan Lupa Makan Buah

Ternyata dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air bermanfaat bagi tubuh agar tetap terhidrasi lho. Bisa pilih buat semangka, melon, pir dan lainnya. Buah juga bisa dikonsumsi dengan cara dijus kalau bosan dimakan secara langsung. Tapi jangan terlalu banyak gula ya, lebih bagus sih buah murni saja.



Pakai Sunblock

Jangankan Ramadan, di luar bulan itu pun pemakaian sunblock buat saya wajib hukumnya. Sekilas sih sepele ya penggunaan sunblock ini, padahal berguna untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Sunblock juga wajib digunakan meskipun kita berada di dalam rumah, karena paparan sinar matahari juga masuk ke dalam ruangan.


Pakai Lotion

Bukan hanya wajah saja yang memerlukan perlindungan, untuk kulit kering perlu juga menggunakan lotion atau body butter agar kelembaban kulit tetap terjaga. Kalau saya lebih memilih body butter karena lebih lembut dan lembab dan cocok dengan jenis kulit.


Selain tip-tip di atas sebenarnya saya punya tip lain untuk mengatasi kulit kering lho. Sudah saya praktekkan ke diri sendiri dan anak-anak. Waktu itu kulitnya Pascal kering, di malam hari saya rutinkan menggunakan bio oil sebelum tidur. Allhamdulillah setelah beberapa hari kulitnya menjadi lembab. Mungkin teman-teman ada yang mau coba cara saya? Atau punya cara lain yuk sharing juga!

23 comments

  1. Puasa jgn sampai kecantikan kita jd luntur ya. Harus disiasati nih biar kulit tetap segar

    ReplyDelete
  2. Yes mbaa
    Alhamdulilah kulitku selama puasa baik2 aja
    Biasany emang minum air putih banyaakk, terus sayur n buah
    Kalau lotion malah sering lupa hehe

    ReplyDelete
  3. ah bener banget, memasuki minggu kedua aku mulaimerasakan kulit dibeberapa area tubuh ku kering, mulai dari bibir, lengan, siku juga area kaki. selain harus banyak minum air putih kayanya mulai rutin lagi paai lotion.

    ReplyDelete
  4. Bener ya Mbak, meskipun gak keluar rumah sun block dan lotion tu emang tetap harus dipakai ya, apalagi saat puasa gini kulit juga tetap harus dapat perhatian yah :)

    ReplyDelete
  5. Iya nih mbak, aq juga kena madalah kulit kering dan tumit yang pecah-pecah... Alhamdulillah setiap mau tidur pakai lotion sekarang, jd agak mendingan

    ReplyDelete
  6. Kalau saya bukan kering lagi Mbak. Tapi juga gatal-gatal. Duh bikin gak nyaman banget pokoknya. Saya coba sebagian tipsnya akan saya lakukan. Semoga bisa menghilangkan kering sekaligus kulit gatal ini ya. Amin.

    ReplyDelete
  7. Kalau kulit saya jenis berminyak, pada saat tertentu bisa juga kering, kok. Bikin bingung saja. Ini kombinasi apa berminyak. Biasanya kalau kurang minum atau melakukan hal berat di luar ruangan akan kering, kalau habis masak di dapur ataiu sekadar cuci-cuci bakal bikin berminyak.
    Saya tak pakai skincare semacam lotion. Paling facial wash lidah buaya agar kulit tetap lembap. Ada juga calir raga (hand body) yang sesekali dipakai da sayanya jarang keluar ruangan lama.
    Kulit kering tetap butuh perawatan, apalagi jenis kulit saya. Kala kering sampai pernah merasa mendadak tua, ha ha. Soalnya jadi mengelupas gitu.
    Kepingin maskeran pakai bahan alami kayak gula atau madu, cuma sayanya tak telaten. Madu lebih suka dimakan saja, ha ha.
    Benar banget bulan ramadhan ini kita harus tetap banyak minum air putih.

    ReplyDelete
  8. aku nih yang susah makan buah dan sayur, tergoda sama lontong dan gorengan melulu, hehe

    ReplyDelete
  9. Tips nya perlu dipraktekkan nih biar kulit nggak kering. Lagi cari lotion untuk badan secara yang lama udah habis, tapi masih bingung mau beli apa hehe. Ntar coba cari bio oil deh biar kulit lembab, sehat, nggak kering.

    ReplyDelete
  10. Saya masih ga telaten pake lotion hehe, masih agak gimana gitu oles2 sesuatu ke kulit. Tapi kalau sunscreen saya pakai. Pakai day cream yg ada SPFnya dibarengi dengan treatment essence

    ReplyDelete
  11. Puasa kali ini panasnya minta ampun deh, mbak. Makanya aku stok buah yang cukup. Maksudnya sih kalo buka dan sahur, kami bisa tetap makan buah untuk menambah cairan selain air putih.

    ReplyDelete
  12. Makasih tipsnya mba,, untuk body butter aku masih belum nemu yang pas nih soale beberapa merek pernah coba tapi agak lengket gitu di kulitnya.

    ReplyDelete
  13. Sama lid..aku kemana-mana wajib bawa body lotion makanya isi tas kayak isi toko semua ada hihi

    ReplyDelete
  14. kalau aku biasanya ngatur minum itu dengan cara 2-4-2, 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas dimalam hari, 2 gelas saat sahur makasih tipsnya Mba Lidyw

    ReplyDelete
  15. Iya banyak jg yg keliatan kulitnya kering nih di bln puasa ini termasuk.aku jg..yg kerasa sih mmg krn minum nya kurang..

    ReplyDelete
  16. Mau nyoba bio oil mbak, karena kulit saya juga kering banget di bln puasa ini....selain dehidrasi mungkin faktor cuaca yang panas bgt kali ya. Denpasar masih panas hujannya jarang banget turun....apalagi puasa gini kan harusnya butuh asupan air yang banyak, air putih dan buah. TFS mbak...

    ReplyDelete
  17. Nah aku ngalamin nih kulit super kering krn dehidrasi. Dan kalo mau tidur wajib oles2 pake body butter. Kalo gak paginya bersisik. Apalagi kena AC kamar.

    ReplyDelete
  18. AKu yang kurang adalah sunblock banget mba Lid, duh harus beli ya
    biar nggak makin parah kulitku

    ReplyDelete
  19. Masalahku itu di minum, kak Lia.
    Suka mallees banget minum.

    Tapi ini penyakit lamaku kambuh lagi niih..jadi mau ga mau, suka ga suka, mesti banyakin ngemil, eh minum.
    ((maksudnya, ngemil makanan yang bikin haus gittu...biar semangat minum airnya..))

    Hahhaa..

    ReplyDelete
  20. Pengaruh banget deh ini yang kuantitas air dalam tubuh. Kalau malas minum air putih emang kulit akhirnya jadi kering. Mana bibir juga pecah2 lho kalau kurang minum.

    ReplyDelete
  21. bio oil boleh dipake buat bibir ga sih mba kan kadang bibirnya pada ngelotok gitu

    ReplyDelete
  22. Hampir sama, Mba, di bulan ramadhan ini karena lagi hamil, saya juga perbanyak makan buah dan minum air putih biar gak dehidrasi. Kalo lotion biasanya hanya saya pakai di tangan dan kaki saja :)

    ReplyDelete
  23. Aku banget ini perlu menjaga kulit yang mulai kering hiks. Perlu dimanja nih apalagi pas bulan puasa ini

    ReplyDelete