Powered by Blogger.

Amalan Puasa Yang Dijalankan Oleh Anak-anak

Umat Muslim di seluruh dunia di bulan Ramadan ini berlomba-lomba untuk mencari berkah dan pahala melalui amalan puasa yang dikerjakannya.

Amalan-amalan puasa juga dikerjakan oleh anak-anak yang menjalani ibadah puasa Ramadan baik di rumah maupun di sekolah.



Beberapa amalan puasa yang baik dilakukan selama Ramadan antara lain :


Menyegerakan Berbuka dan Mengakhiri Sahur


Menyegerakan berbukan dan mangakhirkan sahur itulah yang selalu dilakukan oleh Rasul. Ada benarnya juga ya sunah kedua hal ini, namanya juga sudah seharian berpuasa, berbuka puasa pasti hal yang paling ditunggu makanya harus disegerakan. Sebagaimana Rasul juga membatalkan puasa terlebih dahulu sebelum melakukan sholat magrib dengan makan kurma dan seteguk air. Selama bulan puasa ini sebisa mungkin bawa botol minum kalau sedang dalam perjalanan supaya bisa menyegerakan berbuka saat waktunya telah tiba.

Nah kebalikan dengan berbuka puasa, kalau sahur harus diakhirkan sebisa mungkin. Makanya saya jga gak terlalu cepat-cepat membangunkan anak-anak dari tidurnya untuk makan sahur.



Tilawah


Perbanyak tilawah dengan membaca Al Quran paling gak khatam 1 juz dalam satu bulan ini. Pembagiannya bisa diatur setelah sholat.  


Zakat


Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim sebelum Idul Fitri sebesar 2,5 kg beras atau 3,5 liter beras.

Selain itu juga zakat maal yang sudah mencapai nishabnya wajib dikeluarkan untuk membersihkan harta yang kita miliki. Penghitungan jumlahnya zakat yang harus dikeluarkan bisa bertanya pada mereka yang mengerti atau menggunakan kalkulator zakat yang disediakan oleh badan zakat.


Menyiapkan Takjil


Kalau di Masjid dekat rumah sudah ada jadwalnya masing-masing kapan harus menyediakan takjil untuk berbuka puasa masyarakat yang datang ke Masjid.

Menyiapkan dan memberi makan berbuka bagi mereka yang sedang berpuasa merupakan ladang pahala selama Ramadan. Siapa yang memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahal seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga. Wah sering-sering aja menyediakan makan bagi orang berpuasa ya.


Pesantren Kilat


Nah untuk anak-anak biasanya di sekolah masing-masing diadakan pesantren kilat. Selain untuk mendapatkan ilmu juga bisa melatih kemandirian. Biasanya di kegiatan pesantren juga dilakukan berbuka bersama dan sahur bersama plus tarawih bersama juga. 


Kalau teman-teman biasanya mengisi amalan puasa dengan kegiatan apa?

No comments