Powered by Blogger.

Mari Mengenal Fintech Lending Dari Sisi Peminjam

Ada hadiah kejutan menanti dalam rangka ulang tahun CekAja.com yang ke-5. Siapa tahu teman-teman lagi butuh kamera Mirrorless Fuji X-S10 atau Smartphone Samsung Galaxy M20 sebagai device pendukung untuk ngeblog. Selain itu masih banyak lagi hadiah lainnya yang menanti bagi mereka yang menggunakan kemudahan akses finansial di webnya dengan memasukkan kode voucher "CEKAJA5".

Pernah dengan istilah  Fintech atau financial technology gak? Ini merupakan kemudahan akses finansial yang sedang naik daun saat ini. Fintech ini sendiri merupakan inovasi yang dikembangkan oleh jasa keuangan yang menggunakan teknologi modern untuk memudahkan masyarakat seperti transfer dana, mengajukan KPR sampai pinjaman online.






Mengenal Fintech Lending


Fintech Lending atau Peer to Peer Lending adalah metode pemberian pinjaman dana online pada konsumen. Pengertian mudahnya Fintech Lending ini sama halnya dengan marketplace online yang menyediakan tempat untuk menghubungkan antara pemberi pinjaman dengan peminjam. Fintech Lending ini selain menguntungkan konsumen yang membutuhkan dana cepat, juga bagi investornya yang memberikan dana sebagai investasi untuk dirinya.


Ngomongin soal pinjaman online, layanan seperti ini sekarang  sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat karena menjadi alternatif keuangan ketika membutuhkan dana tunai di saat sedang mendesak. 

Banyaknya UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang sudah melebarkan usahanya ke bisnis online selain mempunyai toko fisik, mau tidak mau mereka harus mengembangkan usahanya dan membutuhkan modal. Pinjaman online bisa menjadi solusi agar para UKM bisa mendapatkan tambahan modal dengan cepat, karena tidak semua UKM mempunyai agunan untuk meminjam dari bank.

Pinjaman dana dari bank maupun online masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Namun, jika dana  yang dibutuhkan mendesak memang pilihan lebih cepat pada pinjaman online, selain itu juga prosedurnya lebih mudah karena tidak memerlukan syarat dan dokumen yang banyak terlebih jika si peminjam tidak mempunyai jaminan atau agunan yang diberikan.




Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Online


Nah, sebelum mengajukan pinjaman online ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:


Pastikan Fintech Lending Terdaftar di OJK

Supaya aman dan terhindar dari penipuan pastikan kalau fintech lending yang dipilih sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). OJK memastikan kegiatan jasa keuangan teratur, adil, transparan, dan akuntabel. Selain itu OJK juga bisa melindungi konsumen dan masyarakat.

Di sini kita harus pintar dan jeli dalam memilih penyedia pinjaman online agar tidak tertipu. Pilih penyedia layanan yang mempunyai reputasi baik, hal ini untuk menghindari pencurian data yang bisa disalah gunakan oleh pihak yang tidak betanggung jawab.


Jumlah Plafon Pinjaman Yang Dapat Diberikan

Masing-masing penyedia pinjaman online mempunyai besaran plafon yang berbeda. Dengan mencari informasi sebelum menentukan pilihan kita jadi tau penyedia mana yang dapat membantu penyediaan dana.

Beberapa pinjaman online juga menerima jaminan atau agunan sehingga pengajuan pinjaman dana bisa lebih besar jika dibutuhkan.


Proses Pencairan Dana Cepat

Namanya juga butuh dana mendesak pastinya pencairan dana yang cepat menjadi prioritas pilihan konsumen dalam memilih penyedia pinjaman online. Biasanya dalam waktu 24 jam setelah verifikasi data dan berkas yang dibutuhkan dana akan langsung cair ke rekening pemohon atau maksimal 3 hari kerja. Lebih cepat bukan dibandingkan dengan pengajuan pinjaman ke Bank yang memakan waktu lebih dari 1-2 minggu.


Gunakan Simulasi Kredit

Sebelum mengajukan besarnya dana yang akan dipinjam, sebaiknya gunakan dulu simulasi kredit sehingga nasabah dapat mengetahui berapa jumlah angsuran yang dibayarkan setiap bulannya. Di dalam simulasi tersebut biasanya sudah dihitung besaran pinjaman dan suku bunga yang harus dibayarkan nantinya seletah dana cair.


Syarat Yang Mudah

Namanya juga pinjaman online, lebih praktis kalau syaratnya juga mudah dan tidak memerlukan berbagai dokumen pelengkap yang bikin pusing. Lebih baik sih kalau peminjam mempunyai rekening bank, jadi bisa diketahui kemampuan pembayaran pinjaman yang akan diberikan oleh penyedia layanan pinjaman online.


Sesuaikan Kemampuan Finansial


Kemudahan mendapatkan pinjaman jangan lantas kita berbuat seenaknya saja, apalagi jika dana tersebut digunakan untuk modal usaha. Maunya kan bisnis bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan keuntungan bukan. 

Melihat kemampuan dan kondisi keuangan sebelum mengajukan pinjaman online adalah cara bijak. Kalau semua keuntungan atau penghasilan yang dimiliki hanya habis untuk membayar cicilan saja, maka untuk biaya hidup dan operasional bisnis lainnya tidak akan tercukupi, yang ada malah nanti gali lubang tutup lubang untuk menuntupi kredit yang ada.


Bandingkan Penyedia Jasa Pinjaman Online

Bagi masyarakat yang memiliki aktivitas tinggi mengajukan pinjaman online lebih praktis karena tidak perlu datang ke cabang bank untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Melalui pinjaman online, konsumen bisa membandingkan satu penyedia satu dengan yang lainnya lewat satu web saja sehingga tidak perlu memakan waktu banyak.




Lewat https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online kita bisa mendapatkan kemudahan secara online untuk membandingkan pinjaman online dan memilih penyedia dengan bunga rendah serta prosesnya cepat.




18 comments

  1. Yang penting kita sebagai peminjam itu cerdas dan bijak ya, agar tidak terlilit hutang. Seperti sebaiknya meminjam untuk kebutuhan bukan gaya hidup

    ReplyDelete
  2. Pinjaman online bisa menjadi solusi bagi yang baru memulai usahanya nggak ya kira-kira? Secara penghasilan belum stabil gitu.

    ReplyDelete
  3. Ya ampun hadiahnya Mirrorless idamanku banget. Berdoa dech semoga dapat kado mirrorless di hari ulang tahunku. Dan btw, cara ngecek apakah fintech sudah ada di daftar OJK itu gimana caranya Mbak?

    ReplyDelete
  4. Iyayaa...saat ini meminjam uang menjadi lebih mudah dan cepat.
    Kadang aku jadi mikir, pasti banyak sekali masyarakat yang terbantu dengan hadirnya fintech di tengah-tengah kehidupan kita ini asalkan memanfaatkannya dengan bijak.
    Semoga tidak terjerumus dalam kubangan hutang tanpa henti.

    ReplyDelete
  5. Fintech emang sedang naik tahun babget. Kudu bisa berkembang seiring perkembangan jaman ini ya mba. Kalo di cekaja mah udah pasti terpercaya mba.

    ReplyDelete
  6. Untuk yang sedang butuh dana tambahan buat buka usaha, fintech bisa jadi solusi. Namun tetap butuh bijaksana saat melakukan pinjaman begini, salah satunya cari fintech yg udah terdaftar di OJK

    ReplyDelete
  7. Saat ini semakin menjamur ya pinjaman online, sebagai masyarakat kita harus paham apa itu fintech, jangan sampai salah memilih ya.. harus cek juga ijinnya melalui OJK dan situs CekAja
    ini juga bisa membantu ya.. jadi pinjam online lebih aman dan nyaman

    ReplyDelete
  8. Enak ya kalau ada CekAja begini ini. Kita jadi bisa ngebandingin jasa peminjaman dana antara yang satu dengan yang lainnya tanpa repot ngekepoin satu-satu.

    ReplyDelete
  9. Salah satu penting yang dilakukan sebelum melakukan pinjaman dana online adalah dengan mengecek ijin OJK. Nah, bijak dalam mencari hal melalui cek aja.com bisa menambah pengetahuan khususnya di dunia pinjam meminjam.

    ReplyDelete
  10. Banyak nasabah yang terjebak oleh fintech lending, makanya perlu banget memilih yang aman dan sudah diawasi oleh OJK. Jangan lupa juga supaya pinjamannya itu produktif.

    ReplyDelete
  11. Adanya fintech lending atau pinjaman online ini memang memudahkan banget ya. Apalagi syaratnya juga mudah tapi yah sebelum meminjam ada baiknya pertimbangkan dulu hal-hal seperti yang mbak sebutkan di atas.

    ReplyDelete
  12. Fintech ini memang lagi marak ya mba, tapi sebagai masyarakat juga harus cerdas memilih mana yang baik dan sesuai aturan.

    ReplyDelete
  13. Makin banyak aja ya sekarang pinjaman online dan mudah untuk mendapatkan pinjaman. Lalu bagi yang mau pinjam juga harus hati-hati dalam memilih juga ya terdaftar di OJK atau tidak.

    ReplyDelete
  14. Fintech utk lending ini memang seperti dua sisi mata pisau, kalau dimanfaatkan dengan bijak akan bisa kita manfaatkan buat dukung dana utk mulai usaha, misalnya. Tapi bisa jg kalau gak hati2 terjerumus utang. Makanya emang sblm pinjam harus itunhg2 skemanya ya mbak, yakin gak nih bisa mengembalikan dlm jangka waktu tertentu.

    ReplyDelete
  15. Sudah pernah coba langsung lia? Ambil yang fintech apa? Aku masih pelajari skema yang ada.. belum ada kebutuhan juga sih

    ReplyDelete
  16. Butuh ekstra hati2 ya kalau pinjam online itu karena kalau tidak sangat merugikan kita yg pinjam krn menagihnya ada yg tanpa etika semua kontak pemimjam di sms in diminta bantu nagih..huhu sedih kalau ada yg gini..

    ReplyDelete
  17. Tidak boleh asal tergiur dengan peminjam yang tampak indah dan memudahkan, ya. Bahkan perlu cek apakah betul-betul terdaftar di OJK demi keamanan.

    ReplyDelete
  18. Memudahkan banget ya Mbak Fintech ini, tapi tetap harus jeli dan teliti memilih tempat untuk transaksi pinjaman online ini yah, secara bookk namanya jg berhubungan dengan duit yah. Huhuhuh

    ReplyDelete