Powered by Blogger.

Keseruan HUT BUMN ke-21 di Berbagai Tempat

"BUMN Hadir untuk Negeri" tagline dari BUMN ini sebagai perwujudan komitmen untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepala seluruh masyarakat di seluruh pelosok negeri.

Bicara soal BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pada tanggal 13 April 2019 mendatang akan memasuki usianya yang ke-21. Berbagai kegiatan diadakan untuk memperingati HUT BUMN satu bulan sebelum dan sesudah. Penasaran bukan, kegiatannya seperti apa saja?



Dalam rangkaian kegiatan HUT BUMN tersebut juga diadakan tapping "Seru Bareng di HUT BUMN" di acara Paradigma yang tayang di UseeTV Channel id.ku. Allhamdulillah saya dapat menyaksikan tapping tersebut sebelum tayang pada hari Jum'at 5 April 2019 pada pukuk 20.00 WIB.

Dalam acara Paradigma yang dikemas secara santai dengan tema warung kopi sebagaimana tongkrongan anak millenial jaman sekarang  hadir beberapa orang pembicara antara lain :
  • Fajar Harry (Deputi BUMN)
  • Yossi Istanto (Direktur Human Capital BTN)
  • Rendi Herison (Analis Media Sosial)
  • Wendy Marc (Influencer)



Tayangan diawali dengan obrolan kedua host yaitu Vina dan Bisma yang membahas tentang keseruan HUT BUMN. Bagi millenial yang ingin menghadiri acara puncak ulang tahun tinggal men-download aplikasi LinkAja.  Lho kok LinkAja? nanti ya saya bisikin infonya, sebelumnya saya akan kasih tahu dulu rangkaian kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan.

HUT BUMN tahun ini mempunyai tema "One Nation One Vision One Family to Excellece" di mana Kementerian BUMN yang mempunyai peranan penting dalam pembinaan perusahaan negara juga ingin dalam HUTnya selalu berkontribusi untuk negeri tidak hanya untuk kalangan BUMN saja.

Padat Karya Tunai


Padat Karya Tunai merupakan program memperindah kampung atau desa termasuk di dalamnya melakukan perbaikan sarana desa dengan cara pemberdayaan masyarakat. Program ini sifatnya produktif yaitu mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal supaya masyarakatnya bisa menambah pendapatan dan mengurangi kemiskinan.

Program Padat Karya Tunai diawali di kota Ciamis pada hari Sabtu, 16 Maret 2019 dan di beberapa kota lainnya di seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua ada 45 lokasi hingga 1 bulan setelah HUT BUMN.

Beberapa program Padat Karya Tunai yang diadakan antara lain mengajak masyarakat beternak lele dengan sistem bioflok yaitu sistem penghematan pakan untuk, membersihkan desa dan jalan-jalan setapak, penanaman bunga, warung hidup dan apotek hidup serta pengecatan area taman desa. Bahkan di Cikini ada pembuatan kolam ikan di lahan yang sempit dan tanaman secara hidroponik.



Masyarakat juga diajak untuk hidup sehat dengan pembersihan selokan agar terhindar dari segala macam penyakit.

Kegiatan tersebut juga melibatkan generasi milineal agar menjadi isnpirasi masyarakat lebih maju dan modern dan diharapkan bisa menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat sehingga bisa mengurangi angka kemiskinan.


Paket Pangan Murah


Di beberapa lokasi Padat Karya Tunai juga diadakan penjualan Paket Pangan Murah seharga Rp10,000 yang berisi beras, minyak goreng, gula, garam, dan ikan dalam kaleng. Paket tersebut untuk membantu dan meringankan masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

Semua produk yang dijual pada Paket Pangan murah produksi BUMN lho seperti BERASKITA, MANISKITA, TERIGU KITA, MINYAK GORENG KITA.


Mandiri Banyuwangi Half Marathon



Bank Mandiri sebagai salah satu perusahaan di bawah naungan BUMN juga ikut memeriahkan HUT dengan mengadakan Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019. Event tersebut digelar sekaligus ingin mengenalkan daerah wisata di Banyuwangi pada pelari yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Saya sendiri saja belum pernah lho ke Banyuwangi, padahal banyak objek wisata yang menarik di sana seperti Kawah Ijen, Teluk Hijau, Watu Dodol, Pantai Boom, Desa Osing, Air Terjun Lider, dan lain-lain.



Seru juga ya sambil lari bisa menikmati alam wisata di sepanjang lintasan lari tersebut. Sedangkan untuk masyarakat Banyuwangi sendiri dengan adanya event besar seperti ini otomatis akan menambah pendapatan dari para wisatawan yang datang.


Kegiatan Sosial dari BTN



Nah, BTN juga ikut berpartisipasi lho dalam kegiatan HUT BUMN yang diselenggarakan di Bekasi melalui program Padat Karya Tunai dengan melakukan bersih-bersih Kampung Sehat di Mustika Jaya.

BTN juga merenovasi Masjid Jami Nurul Huda dan memberikan tong sampah untuk warga agar mereka bisa hidup disiplin dan menjaga lingkugannya supaya bisa hidup lebih sehat lagi. Wah pahadalnya mengalir terus nih selama masjid tersebut masih digunakan sholat oleh jamaahnya. Insya Allah.


Mengenalkan LinkAja



Di setiap kegiatan Program Padat Karya Tunai, dikenalkan juga aplikasi LinkAja agar masyarakat bisa mengikuti perkembangan jaman bertransaksi dengan sistem cashless. Uniknya LinkAja tidak hanyak digunakan di toko-toko besar saja lho, tapi di warung dan pasar pun sudah bisa.

Bapak Yossi bercerita waktu event diadakan di Tebing Tinggi, beliau kaget karena di pasar daerah tersebut sudah banyak penjual yang menggunakan LinkAja. Bayangkan beli ikan teri bayarnya pakai cashless, keren kan.


Media Sosial Dan BUMN



Di talkshow Paradigma Mas Rendy sebagai analisa media sosial mengatakan kalau kegiatan HUT BUMN juga menjadi perbincangan di dunia maya. Melalui aktivitas dunia sosial seperti selfie atau membagikan kegiatan yang sedang berlangsung para milenials ini berperan sekali.

Tetapi, ada saja berita-berita negatif yang muncul ke permukaan terkait HUT BUMN tersebut. Namun sebagai netizen yang baik pastinya tidak langsung percaya begitu saja pada setiap hoax yang beredar. Cari dulu kebenaran informasi yang didapatkan dan jangan menyebarkan lagi berita tersebut. Stop di kita, jangan jadi distributor hoax bagi orang lain.


Partisipasi Milenials


Salah satu milenials yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan HUT BUMN ini adalah Wendy Marc seorang penyanyi yang juga aktif di media sosial. Wendy juga sempat ikut Mandiri Banyuwangi Half Marathon.

Penonton yang menyaksikan tapping pun bisa menyaksikan langsung suara indah yang dibawakan oleh Wendy.


Nah kalau teman-teman sudah tau belum sih perusahaan-perusahaan mana saja yang ada di bawah naungan BUMN? 




Mungkin banyak masyarakat yang belum tahu termasuk saya, dari gambar di atas bisa mengenalkan perusahan yang ada di BUMN itu apa saja sih. Pada HUT BUMN ke-21 ini juga kementerian BUMN ingin sekaligus mengenalkan keluarga besarnya pada masyarakat.

Selamat ulang tahun ke-21 BUMN.

20 comments

  1. Inilah yang akan membuat kita bangga karena millenial di ajak untuk menjaga dan memiliki BUMN karena BUMN milik kita bersama.

    Bakti sosial bumn yang diselenggarakan berbagi tempat merupakan bukti bahwa BUMN mempunyai peran penting bagi rakyat

    ReplyDelete
  2. Di Semarang kemarin ada perayaannya juga, Mbak. Pas di tanggal 13. Ada Bu menteri juga. Kutahu dari timelinenya teman-teman bloger Semarang yang ikut meliput acara HUT BUMN ini.

    Aku kok penasaran sama LinkAja. Nanti kucoba download dulu deh, Mbak. Baru tahu soalnya.

    ReplyDelete
  3. aku masih gaptek soal LinkAja. Ini tuh pembayaran cashless pakai qr code atau gimana ya, mbak? trus beneran bisa di warung bayar pakai LinkAja? wooow!

    ReplyDelete
  4. Wah, aku baru tau nih tentang LinkAja, keren BUMN :)

    ReplyDelete
  5. Yeay keren skali BUMN ini ya mba. Tumbuh selama ini dan selalu berbuat inovasi demi inovasi :) Selamat ulang tahun BUMN :)

    Inovasi LInkAja pas buat dunia digital saat ini

    ReplyDelete
  6. Aku berapa kali dapat notifikasi untuk mengaktifkan LinkAja ini via SMS. Tapi masih aku cuekin karena belum paham bener. Aku tunggu ulasannya ya

    ReplyDelete
  7. Wah nama Tebing Tinggi udah ga asing di telinga saya. Karena ayah mertua dulu masa aktif kerja di BUMN PTP alhasil cukup ngerti. Wah ada tentang LinkAja. Mantap

    ReplyDelete
  8. Paket Sembako murah ini penting mbak, maklum emak-emak. Kalau LinkAja aku udah pakai mbak karena connect langsung ke bank tempat aku menabung jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  9. BUMN kece badai ya Mba Lid
    Banyak Banget yang dilakukan jelang ULTAH. Sayang ditempatku nggak kecipratan sembako murah hahahha penhen beli janeee

    ReplyDelete
  10. Maju terus linkaja...
    Terus tumbuh sampai bisa melewati saingannya yaitu o*o dan go*ay :D

    ReplyDelete
  11. Aku ngikutin nih serunya ultaj BUMN di Semarang kemaren. Muri boz

    ReplyDelete
  12. Selamat ulang tahun BUMN. Semoga kiprah dalam ikutan membangun negeri bisa makin menyejahterakan masyarakat. Kepedulian berbagai perusahaan yang berada di bawah naungan Kementrian BUMN memang penting untuk membantu pembangunan di negeri tercinta.

    ReplyDelete
  13. Waah tenyata linkAJa bisa dipakai di warung-warung kecil juga yaa.. moga-moga makin banyak warung kecil go cashless yaa, biar tetap bisa belanja di warung meski lagi nggak bawa cash :)

    ReplyDelete
  14. Benar-benar HUT yang meriah ya Lia.. seru dong ikutan tapping dan ketemu selebritis 😎. All the best untuk BUMN yaaa

    ReplyDelete
  15. LinkAja nih kayaknya kapan hari ada di Sidoarjo juga mba. Memang lagi rame banget di berbagai kota yaa.. aku sempat nyimak temen2 yang live tweet acaranya.

    ReplyDelete
  16. Aku langsung gugling Wendy Marc ini siapa haha. Ketauan ya aku bukan milenial tapi kolonial haha.
    Seru banget ya rangkaian acara ultah BUMN, insyaAllah membawa manfaat besar buat masyarakat Indonesia aamiin.

    ReplyDelete
  17. Suka dengan Padat Karya Tunai. Lingkungan jadi cantik dan lebih asri. HUT BUMN memang rangkaian acaranya panjang dan melibatkan banyak pihak, ya.

    ReplyDelete
  18. Rame acaranya, seru pisan. Sayang pas di Semarang, aq posisi lagi di Jepara, jadi gak bisa ikut seseruan.

    ReplyDelete
  19. Widiiiiwww ketemu arteeeesssss :D :D :D
    Tau gak artisnya nyanyi apa, mbak? :p

    Btw, kalau nggak baca postingan ini aku ga tau kalau ada Kementrian BUMN yang lagi ulang tahun ke-21. :))

    ReplyDelete