Powered by Blogger.

Mudahnya Instalasi Bel Pintu Wireless

"Mbak...kemarin ada di rumah gak? aku ke rumah lho tapi gak ada yang keluar udah dipanggil-panggil padahal motor sama mobilnya ada di dalam"

Kasus kaya gini gak sekali aja, malah kadang ada kurir yang nunggu lama di depan rumah, saya taunya karena pas ke teras, duh kasian amat ya. Kalau tamunya bawa hp sih lebih mudah, mereka bisa langsung telpon atau wa kasih info ada di depan rumah. Rumah kami gak besar-besar amat kok, cuma memang mungkin desainnya agak tertutup jadi suara-suara dari luar kurang terdengar apalagi kalau lagi di dalam kamar. Maklumlah jalan depan rumah agak ramai jadi gak nyaman kalau lagi nonton atau  telpon nanti terganggu makanya waktu renov dibuat seperti itu.

Ada yang saranin pakai bel aja di luar jadi bisa terdengar kalau ada tamu. Tapi saya mikirnya ah repot instalasinya nanti jadi ada kabel-kabel, belum lagi kalau belnya nanti dibuat mainan anak-anak yang lewat malah terganggu. Eh suami bilang katanya bisa pakai bel wireless atau nirkabel jadi gak perlu instalasi tinggal pakai aja.



Wah saya langsung tertarik dan waktu googling saya menemukan wireless Doorbell 1 Remote dari Idealife. Saya pikir harganya mahal karena wireless, ternyata harga Rp165,000 masih tergolong standar lah untuk bel pintu tanpa kabel. Kebetulan sekali di webnya sedang ada promo jadi harga yang perlu dibayar cuma Rp129,600 aja.

Spesifikasi Wireless Doorbell 1 Remote Idealife


Saya langsung kepoin spesifikasi belnya yang tertera di web :

  • Ada 36 nada lagu pilihan
  • Volume control tersedia dalam speaker
  • DC (Battery) untuk speaker
  • Remote control yang tahan air
  • Jangkauannya mencapai 100 meter, cukuplah untuk rumah saya yang imut
  • Built in 29mm loud speaker
  • 1x 12V 23 A battery sudah termasuk di dalamnya
  • Pemasangannya mudah
  • watt-nya 1.5

Instalasi Wireless Doorbell 


Akhirnya paket bel pintu nirkabel yang saya tunggu-tungu datang juga. Gak sabar mau unboxing dulu deh. Kemasan saat pengiriman aman, karena pakai dus dan dilengkapi dengan bubble wrap atau plastik pengaman khusus supaya produk yang dikirim tidak rusak dalam perjalanan pengiriman.

Dalam satu kemasan terdiri dari 2 buah alat yaitu remote control yang berperan sebagai tombol bel dan powernya yang dicolok pada listrik. Pengaturan volume dan pemilihan nada lagu dilakukan pada kotak tersebut. Oh ya saya gak perlu membeli baterai lagi karena sudah include di dalamnya.



Saking mudahnya instalasi bel wireless ini, saya pun bisa lho memasangnya sendiri tanpa harus minta bantuan suami yang belum pulang kerja. Setelah powernya di colok pada stop kontak, remote controlnya tinggal ditempat saja di tempat yang diinginkan karena sudah tersedia double tape untuk memudahkan pemasangan. Sempat bingung juga sih, nanti kalau hujan remote-nya basah apa gak jadi rusak? tapi setelah saya baca lagi dengan seksama spesifikasinya mengatakan tahan air, baguslah kalau begitu.

Waktu mencoba pertama kali saya agak kaget juga karena suaranya kencang sekali, ternyata volumenya maksimal banget hihihi. Asyik lah kalau ada tamu di luar bisa langsung terdengar apalagi kalau sedang di kamar mandi.



Keuntungan lainnya menggunakan wireless doorbell adalah gak perlu narik-narik kabel dan memasang instalasi listrik. Gak perlu pasang baut dan melubangi plafon untuk menempatkan kabel di dalam agar tidak terlihat dari luar. Semuanya serba praktis pokoknya.


Tips Aman Menggunakan Bel Pintu


Setelah terpasang bel pintu wireless, kami di rumah makin terbantu karena gak khawatir lagi ada tamu yang datang tanpa terdengar. Tapi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saya juga membuat aturan sendiri saat terdengar bel berbunyi diantaranya yaitu :

Jangan langsung membuka pintu rumah

Saya sebenarnya kurang suka kalau ada tamu yang langsung membuka pintu pagar sendiri lalu mengetuk pintu rumah. Selain tidak sopan karena masuk lahan, kadang kami kaget juga kalau tiba-tiba ada orang di depan pintu. Makanya kami selalu mengunci pintu pagar supaya tamu gak bisa langsung masuk hihihi, ini sih bentuk prekteksi kami aja.

Nah, ketika bel pintu berbunyi sebaiknya jangan langsung membuka pintu rumah terlebih dahulu. Saya akan mengintip dulu dari jendela siapa yang datang supaya bisa selalu waspada. Kadang-kadang hanya orang iseng saja yang menekal bel.


Cabut power jika tidak dibutuhkan

Saat bepergian atau memang sedang tidak ingin diganggu misalnya sedang ibadah cabut saja powernya. Jadi saat ada yang iseng menekan remote control, bel tidak akan berbunyi dan menganggu.

Jika perlu di malam hari bel pintu juga tidak perlu diaktifkan, karena saya berpendapat kalau memang ada tetangga atau keluarga datang karena urgent akan menghubungi kami lewat telpon.

Cek baterai

Secara rutin cek baterai yang terdapat pada remote control, karena daya akan melemah saat baterai sudah akan habis sehingga bisa menganggu signal yang mengakibatkan bel tidak berbunyi.

Nah, teman-teman tertarik juga menggunakan bel pintu nirkabel? Bisa membeli produk Idealife di web, market place, atau toko online terkemuka.  Di sana juga berbagai produk rumah tangga lainnya tersedia.

www.idealife-online.com | Instagram : @idealifeonline | LINE : idealifeonline



23 comments

  1. wah asyik, ada 36 pilihan lagunya. Jadi tiap hari bisa di setting lagunya beda.

    Saya juga kalau ada yang ketuk pintu nggak langsung dibukain mbak, intip dulu dari balik gorden. Kalau kenal, ya segera di bukain. Kalau nggak kenal, amati dulu kondisi sekeliling, kalau jalan depan rumah ramai, baru saya bukain. Maksudnya kalau ada apa-apa, pas teriak minta tolong bakal ada yang denger. Bukan parno sih, tapi waspada aja

    ReplyDelete
  2. Lagunya bisa dipilih yang disuka atau bunyinya bakal random gitu mba?

    Karna wireless lebih gampang ya mba masangnya, kalau kabel pasti harus manjat2 soalnya

    ReplyDelete
  3. Keren nie bel pintu wirelessnya rumahku belom ada belnya masi ketok2 suka kadang ga denger..hehe berguna banget ya ada bel

    ReplyDelete
  4. Whoaa aku juga pake bel ini buat di kantorr. Suaranya kenceng banget, praktis tinggal tempel di tembok, ga perlu bor boran. Batre nya juga awett.

    Ada nada bel nya yang bunyi nya gini, "ting tong, swadekaaap"

    ReplyDelete
  5. Bagus juga ya wireless doorbell yang model listrik begini, jd gak perlu bolak-balik ganti baterei, kecuali baterei remot. Tapi bateri remot biasanya lebih awet. Saya di rumah pakai wireless doorbell tapi bukan yg dicolok ke listrik, melainkan pakai baterei juga seperti remot-nya. Yg model gini agak boros batereinya, jadi kudu bolak-balik ganti baterei, padahal remot-nya gak sesering itu ganti batereinya.

    ReplyDelete
  6. Kalau di perumahan pasang bel ini kaya wajib ya Mbak. Aku masih tinggal di desa sih, rumah jg gak ada pager. Kalau kurir datang ketok pintu langsung. Mungkin nanti kalau punya rumah sendiri aja kali ya

    ReplyDelete
  7. mau banget akuuu...kayaknya lucuuu dan desainnya juga oke ya Lia. yang di rumahku juga deringnya banyak deeh

    ReplyDelete
  8. Aku pakai wireless udah bertahun-tahun karena nggak dengar kalau ada orang ketuk pintu meski rumahku nggak besar. Tapi udah 2x ganti. Yang pertama ilang gak tau diambil siapa, yg kedua dikopek anak2 bandel. Yang sekarang agak awet karena selain ditempel aku bor. Heheheee

    ReplyDelete
  9. Oiya ya harus banget rutin cek baterai, ntar sangkain masih aktif aja ternyata udah gak bunyi baterainya. Aku juga pengen banget beli bel pintu ini untuk dipasang di pagar depan rumah. Soalnya papa selalu ditutup dan kalau dari pagar suara gak kedengaran seh :D

    ReplyDelete
  10. Rumahku dulu dipasang bel, terus dimainin sm anak2. Haha dan kabelnya digigitin tikus.. wkwk

    Nah ini solusi banget.. makasih ya mba

    ReplyDelete
  11. di rumah lama ku menggunakan bel rumah mak... sekarang udah enggak. dan sekarang baru tau ada bel wireless kudet akutuh

    ReplyDelete
  12. Ku juka ga suka kalau ada orang lain nyelonong masuk rumah orang lainnya lagi, kayak ga ada sopan santun. Makanya aku juga pakai bel wireless ini mba

    ReplyDelete
  13. Wah, bel pintu rumah sekarang sudah ada yang wireless juga. Jadi ringkas ya.

    Dan untuk tipsnya saya setuju banget, mesti tengok dulu lewat jendela siapa yg memencet bel. Apa tamu beneran atau orang iseng yang lewat sambil nekan bel.

    ReplyDelete
  14. Bel pintu ini penting banget memang mba, apalagi 2 lantai. Soalnya aku juga pernah punya pnglmn mssti teriak2...gara2 penting, tp yang punya rumah ga denger wktu rumah diketok2.

    Dan bel.wireless ini memudahkan ya..instalasinya lebih mudah

    ReplyDelete
  15. Lidya, keren banget ya bellnya, wireless, bisa setting lagu pulak. Tong ya stel lg buat bunda ada ada lagu LADY tp suaranya Kenny Roger hehe nyiriin yg dateng itu si bundamu.#ayaayawaesibundamah

    ReplyDelete
  16. BAgus ya produknya, nggak perlu masang instalasi atau tarik kabel, apalagi masang skrup ke dinding. Cuma pakai selotip dobel tape yang udah ada di satu paket, keren nih.

    Btw, rumahku juga kecil mbak, tapi kalo ada orang ngetuk pintu, aku gak dengar. Apalagi kalo aku lagi di kamar, udah deh tamunya balik kanan trus pergi. Cocok nih kalo aku pasang instalasi bel pintu wireless gini

    ReplyDelete
  17. Bikin mupeng ini belum wirelessnya. Jadi lwpkepin pasang juga di rumah. Praktis dan harganya juga murah.

    ReplyDelete
  18. Wah jd kepikiran pgn pake bel juga. Soalnya di rumah aku gak pakai bel, jd kalo ada org ya tinggal ketok2 pintu pager aja.
    Tapi yg ngeselin yaitu, bener, ada org yg tiba2 masuk dr pager ke teras, lhaa aku kaget setengah mati?!

    ReplyDelete
  19. Makasih mba rekomendasinya...pengen punya bel rmh biar klo ada tamu ga teriak2 atau gedor2 pintu heheh

    ReplyDelete
  20. Waah, kebetulan banget nih mbak lia, aku juga lagi nyari-nyari bel pintu untuk rumahku. Dan tips dari mbK lia sasangat beanfaat

    ReplyDelete
  21. aku baru tahu kalau ada bel wireless... harganya juga terjangkau yah :)

    ReplyDelete
  22. wah baru tau ada bel yang bisa diaplikasikan dengan wireless, jadi kita bisa tau ada tamu. Tapi rumahku kayaknya gak susah kalau ada tamu karena kecil hehe.

    ReplyDelete
  23. ASyik dan praktis ternyata ya kalau pake bel yg wireless. Bisa diatur sesuai kebutuhan lagi

    ReplyDelete