Powered by Blogger.

Tips Manajemen Waktu Untuk Para Pengusaha Muda yang Punya Banyak Bisnis


Di Beberapa Kota
Waktu memang menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam hidup, begitu pula untuk seorang pengusaha muda. Seseorang yang bisa mengatur dan memanfaatkan waktu dengan baik, maka kegiatannya akan efektif. Hal rahasia itulah yang akan membuat mereka menjadi seorang pengusaha yang sukses.



Pernahkah Anda mendengar peribahasa “Time is money”? Peribahasa tersebut memiliki arti bahwa ketika kita menghabiskan waktu hanya untuk hal-hal yang tidak penting, maka sama saja kita membuang uang dengan percuma. Oleh karena itulah, mengapa sebuah manajemen waktu sangat dibutuhkan oleh seorang pengusaha.

Tips Manajemen Waktu Untuk Pengusaha Muda

Agar memudahkan Anda dalam mengatur waktu dengan baik, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa tips manajemen waktu untuk para pengusaha muda yang memiliki banyak bisnis di beberapa kota berikut ini !

1. Membuat daftar
Sebagai seorang pengusaha, Anda tidak bisa selamanya hanya mengandalkan otak untuk mengingat semua hal tentang pekerjaan Anda.

Oleh karena itu, cobalah untuk membuat daftar mengenai jadwal Anda dari hari ke hari, apa yang akan Anda lakukan untuk menunjang bisnis (urutkan berdasarkan prioritas Anda), daftar orang-orang penting yang akan Anda hubungi (Anda bisa menyusunnya berdasarkan abjad), dan perencanaan konferensi.

Perencanaan konferensi sangat penting dilakukan untuk memperkenalkan siapa Anda dan apa merek atau jenis usaha Anda. Sebaiknya, buatlah daftar tersebut dengan rapi dan teratur agar Anda mudah memahaminya.

2. Meminimalisir Meeting (rapat)
Banyak pengusaha yang sering melakukan meeting, padahal semua itu sudah menjadi pembahasan yang tidak kunjung selesai. Semua itu justru malah menjadi tidak efektif. Bukankah akan lebih baik jika karyawan Anda bekerja dari pada harus menghabiskan waktu untuk rapat.
Namun, meeting juga bukan berarti tidak penting. Tetaplah meeting jika ada persoalan yang memang harus benar-benar dibahas bersama-sama. Aturlah kapan waktu yang paling penting untuk melaksanakan meeting demi menjaga dan mengatur manajemen waktu Anda.

3. Buat file pengingat
Semakin berkembangnya jaman, semakin berkembang pula teknologi yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan Anda. Salah satunya untuk mengatur manajemen waktu. Anda bisa menggunakan smartphone yang sudah didesain dengan berbagai fitur di dalamnya seperti jadwal pengingat. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, Anda bisa membuat daftar yang nantinya akan mengingatkan Anda jika ada janji ataupun rencana di kemudian hari. Dengan begitu, Anda akan memiliki manajemen waktu yang lebih baik lagi.
Akan tetapi, jika Anda memang tidak memiliki smartphone yang bisa mengingatkan, Anda bisa menggunakan dan membawa buku yang berisi kertas warna-warni. Misalnya saja kertas biru untuk bulan ini, merah untuk bulan depan, dan hijau untuk bulan berikutnya dan seterusnya. Semua ini akan lebih memudahkan Anda dalam mencatat semua kegiatan-kegiatan Anda.

4. Abaikan notifikasi di ponsel
Kebanyakan orang akan selalu melihat ponselnya setiap 5 sampai 10 menit sekali. Tahukah Anda, jika hal ini terus dilakukan dan terus menerus memeriksa kota masuk serta menjawabnya, maka waktu yang Anda miliki sedikit-sedikit akan habis. Akhirnya, seolah-olah Anda akan dikendalikan oleh sebuah smartphone pintar. Akan lebih baik jika Anda menyisihkan waktu khusus untuk melakukan hal tersebut di siang hari, maka akan membentuk kedisiplinan dan akan memungkinkan Anda untuk menyerahkan waktu yang lebih serta fokus pada tugas-tugas yang harus Anda selesaikan dari pada harus melihat notifikasi.

5. Jangan mengerjakan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hanya ada sekitar 2,5 % orang yang bisa mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan serta mendapat hasil yang baik dari masing-masing tugas tersebut. Selain itu, para ahli dalam manajemen waktu juga berpendapat bahwa fokus dalam satu hal di dalam satu waktu akan lebih melipatgandakan produktivitas, output kerja dan kinerja. Kemudian, ketika Anda menjadi seorang pengusaha, semua itu ada perbedaan antara gagal dan sukses. Paksalah diri Anda agar fokus pada satu tugas saja dan alokasikan waktu Anda untuk menyelesaikannya. Dengan begitu, Anda pasti akan mendapatkan hasil yang terbaik.

6. Atur tujuan step by step
Ada baiknya jika Anda menentukan tujuan secara lebih rinci. Selain itu, atur juga langkah-langkah serta apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai  tujuan sebelum memulainya. Seperti yang sering terjadi, bahwa banyak orang yang membuat tujuan tetapi tidak pernah menindaklanjutinya. Misalnya saja mengenai rencana revolusi tahun baru, namun tidak pernah terlaksana sampai dengan akhir tahun berikutnya. Masalah yang terjadi di sini adalah bahwa sebenarnya ide-ide mereka baik dan cukup cemerlang, hanya saja mereka tidak tahu bagaimana cara untuk mengimplementasikannya.
Dalam upaya menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya, ada baiknya jika Anda memiliki tujuan serta langkah-langkah untuk mencapainya. Misalnya saja, jika Anda ingin memiliki 10 pelanggan baru hari ini. Maka, buatlah daftar calon pelanggan yang potensial serta langkah-langkah untuk bisa mendapatkan perhatian dari mereka sesuai dengan strategi pemasaran yang sudah Anda buat.
Dengan melakukan pembagian tujuan besar ke dalam langkah-langkah kecil, akan lebih efektif untuk Anda bisa mencapai tujuan tersebut. Hal ini juga bisa memotivasi diri Anda sendiri jika satu tujuan kecil tersebut tercapai, maka Anda akan lebih bersemangat lagi untuk mencapai tujuan-tujuan yang lainnya. Anda bisa membuat tujuan-tujuan sederhana tersebut sebelum makan siang atau sesudah makan siang.

7. Selalu fokus dengan alokasi waktu yang sudah ditetapkan
Biasakan agar Anda bisa selalu fokus dengan alokasi waktu yang sudah ditetapkan. Jangan sampai Anda terganggu dengan hal-hal yang akan membuat Anda semakin menjauh dari target yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika Anda semakin fokus dengan apa yang sudah ditetapkan, maka hal tersebut akan membuat Anda jauh lebih mudah mencapai kesuksesan. Ingat, jangan sampai berbuat sesuatu yang di luar apa yang sudah Anda tetapkan, apalagi jika tidak memiliki manfaat bagi pertumbuhan bisnis Anda.

8. Cari rumah atau buat mobil Anda seperti kantor mini
Jika Anda misal sangat sering pulang-pergi Bali-Jakarta untuk urusan bisnis, untuk menghemat uang menginap di hotel lebih baik Anda cari rumah sendiri. Meskipun rumah kecil tetapi Anda bisa beristirahat dengan tenang dan yang pasti uang Anda menjadi aset yang berharga. Lebih untung bukan?

Selanjutnya, Anda bisa Jika Anda sering melihat film-film yang menyajikan mobil dengan fitur-fitur luar biasa, akan jauh lebih baik jika semua itu bisa menjadi nyata. Anda bisa melakukan banyak hal di dalam mobil Anda, bahkan bisa juga mengirim email dari dalam mobil. Anda bisa menyulap mobil dari perusahaan yang sudah memiliki fitur-fitur lengkap menjadi sarana yang lebih menunjang semua kebutuhan pekerjaan Anda selama di perjalanan. Dengan begitu, apabila dalam keadaan mendesak Anda bisa melakukan sesuatu dari dalam mobil.

9. Atur waktu dan ruang
Anda akan sulit melakukan pekerjaan jika semua yang ada di sekitar Anda berantakan. Agar semua itu tidak terjadi, maka sebaiknya Anda membersihkan dan mengatur kembali ruangan Anda. Hilangkan benda-benda yang memang tidak diperlukan, setelah itu buatlah pengaturan untuk menyimpan semua berkas-berkas penting Anda. Misalnya saja, Anda bisa membuat folder untuk berkas. Kemudian berilah warna untuk dijadikan tanda mana yang harus diselesaikan hari itu dan mana yang harus diselesaikan hari berikutnya. Dengan melakukan semua itu, maka Anda akan lebih mudah dalam mengatur waktu , sebab Anda tidak perlu lagi mencari berkas-berkas mana yang perlu diselesaikan dengan segera.

10. Tuangkan dalam tulisan
Banyak orang yang ketika merencanakan sesuatu dengan menuliskannya, maka akan lebih teringat dalam pikiran. Menuliskan semua rencana dan tujuan secara detail, akan lebih efisien dalam mengerjakan sesuatu hal. Hambatan pasti tetap ada, namun dengan adanya pemahaman dan manajemen waktu yang jelas, maka tugas akan lebih mudah untuk dikendalikan. Buatlah daftar pada malam hari dan pada esok harinya Anda pasti akan lebih siap dalam mengerjakan tugas. Dengan begitu, Anda tidak lagi membuang waktu hanya untuk mencari apa yang harus diselesaikan hari itu dan bagaimana cara untuk mengerjakannya.
Manajemen waktu yang efektif tentu sangat dibutuhkan untuk seorang pengusaha. Apalagi jika Anda memiliki bisnis tidak hanya di satu kota saja, melainkan di beberapa kota. Pastilah manajemen waktu sangat penting untuk Anda lakukan, agar bisa melakukan semua pekerjaan dengan maksimal.
Melalui tips manajemen waktu di atas, semoga bisa membantu Anda dalam mengatur dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu, semua pekerjaan Anda bisa Anda lakukan dan Anda selesaikan sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan.

No comments