Powered by Blogger.

Suka duka penjual dompet wanita di berbagai jenis online marketplace


Benda kerajinan tangan itu indah, tapi proses pemasarannya gak seindah produknya. Banyak banget rintangan yang harus dihadapi para pengrajin untuk menjual hasil kreatif mereka. Biarpun udah ada solusi baru seperti online marketplace, nyatanya para produsen tetap mengalami hambatan di sepanjang jalan.




Banyak marketplace membandrol dompet wanita handmade dengan harga terlalu mahal”


Pada dasarnya, banyak pengrajin lokal gak punya sumber dana memadai untuk memasarkan produk mereka. Inilah alasan mereka memilih online marketplace sebagai media pemasaran. Dengan harapan bisa menekan pengeluaran tanpa mengurangi pendapatan. Sayangnya, banyak marketplace yang mematok fee terlalu tinggi buat setiap transaksi penjualan.

Bahkan ada yang minta fee transaksi sampai 40%. Jadi, misal kamu punya produk dompet wanita dengan harga Rp. 100.000,00. Nah, ketika dompet ini terjual, kamu harus ngasih situs pemasaran online tadis fee sebesar 40% dari harga jual (Rp. 40.000,00). Bukannya untung, malah buntung.

Lebih ngeri lagi, biasanya marketplace punya aturan penentuan harga yang superketat. Mereka gak mengizinkan produsen menjual barang lebih mahal buat nutup fee transaksi. Alasannya, bahaya kalo gak laku, pendapatan mereka juga bakal berkurang. Dan kalo kamu gak nurut, mereka punya otoritas buat blokir produkmu. Gawat banget tuh, ada yang lebih kejam gak ya?


Online marketplace itu tuan rumah, produsen cuma tamu


Memang sih, situs marketing online membantu pemasaran para pengrajin. Meski produk dompet wanitamu berkualitas premium tetap harus ikut aturan main si marketplace. Semua aktivitas di dalam situs harus atas nama dan aturan marketplace. Banyak banget situs pemasaran online yang melarang pengrajin untuk:

   Menyertakan tautan ke situs utama produsen
   Menyertakan materi promosi apapun dalam paket pengiriman
   Mengambil alamat email pelanggan buat kepentingan pemasaran pribadi
   Menghubungi pelanggan di luar sistem situs pemasaran online

Nah, kalau sudah begini, ujung-ujungnya pengrajin dompet wanita jadi mirip karyawan. Misal nih, kamu punya produk dompet yang dibeli pelanggan. Si pelanggan cuma tahu kalau mereka beli item itu dari si marketplace, bukan dari kamu. Wah, gak dianggap dong? Selain itu, apa lagi?


Situs pemasaran online menuntut standar dompet wanita” yang tinggi


Begini, banyak situs pemasaran online yang menuntut pengrajin dompet wanita” benar-benar dikerjakan secara original. Artinya, semua proses produksi wajib dikerjakan menggunakan SDM berpengalaman dan terjamin kualitasnya.

Misal, kamu punya merek dompet wanita handmade, semua komponen harus dibuat secara mandiri. Mulai dari bentuk dasarnya, talinya, jahitannya, pewarnaannya, dan lain-lain. Kalau ada komponen yang dibeli atau dibuat oleh produsen lain, maka ada aturan berbeda yang perlu kamu patuhi.

Keuntungan dari aturan ini, pembeli akan benar-benar mendapat barang berkualitas tinggi. Profesionalitas dan kredibilitas produsen makin terasah konsistensinya. Sehingga, kepercayaan pelanggan bisa dibangun seiring waktu. Lebih dari itu, para pengrajin akan memiliki daya saing yang semakin tinggi.

Ada satu lagi yang perlu kamu tahu soal situs pemasaran online handmade.


Sayangnya, gak ada track record untuk mendukung komunitas handmade



Ini yang cukup menghawatirkan. Kebanyakan marketplace gak punya sejarah untuk mendukung komunitas kerajinan tangan. Semua proses kerja sama cuma berputar di sekitar keuntungan. Selama mereka untung, situs pemasaran online dengan senang hati akan memasarkan produkmu. Gak ada hubungan lebih jauh di luar bisnis ini.

Jadi, kamu gak akan mendapat keuntungan apapun selain dari penjualan dompet wanita tadi. Ini salah satu hal yang bikin industri kerajinan lokal sulit berkembang. Gak ada dukungan dari berbagai pihak. Padahal, segala bentuk support ini sebenarnya sangat dibutuhkan oleh para pengrajin lokal.

Support ini dibutuhkan bukan cuma untuk mempermudah pemasaran. Tapi juga meningkatkan kualitas produksi kerajinan itu sendiri. Misalnya saja Qlapa. Marketplace ini aktif mendukung para pengrajin melalui pameran luring di pusat perbelanjaan, liputan story perjuangan para pengrajin, hingga mengutip quote dari pengrajin sebagai penyemangan bagi pengrajin lainnya.


Pengrajin butuh marketplace yang tepat dan menguntungkan pengrajin dompet wanita


Selain yang dijelaskan sebelumnya, situs Qlapa memberikan banyak benefit untuk para pengrajin. Para produsen dompet gak akan mendapat potongan fee terlalu besar hanya berkisar 20%.

Selain itu, aturan gak seekstrim situs pemasaran online lainnya. Plus, semua barang yang dijual di sini berasal dari produsen kerajinan di seluruh Indonesia. Jadi, mendukung banget untuk dijadikan tempat mencari kerja sama antarpengrajin. Industri handmade pun akan semakin berkembang.

Barang di marketplace ini juga banyak banget ragamnya. Mulai dari baju, aksesoris, hingga dompet wanita juga ada lho! Juga tersedia dalam berbagai ukuran, warna, hingga bentuknya. Selain itu, kamu juga bisa pesan secara custom kepada produsennya langsung. Wih, hebat kan?

Yang lebih penting, kualitas di situs ini sudah terbukti. Karena, semua item yang tersedia dikerjakan langsung oleh tangan terampil para pengrajin. Pokoknya, marketplace ini paling cocok buat para pengrajin lokal dan peminat kerajinan tanah air. Jadi, tunggu apa lagi? Segera mampir ke Qlapa.com!

No comments