#SebarkanBeritaBaik Untuk Menangkal Hoax


Percaya gak, perempuan yang duduk di atas mobil golf polisi itu adalah seorang polwan alias polisi wanita yang mau patroli?

Kalau ada yang menyebarkan berita tersebut namanya hoax, karena saya cuma numpang foto aja kok di mobil yang sedang parkir di depan gedung Promoter. Maklumlah setelah bertahun-tahun lewat Polda baru kali ini saya berkesempatan masuk ke sini, jadilah agak narsis.

"Hoax adalah Pemberitaan palsu atau tidak benar tetapi dibuat sedemikian rupa seolah-olah benar."

Saya sempat bertanya pada anak-anak mengenai hoax, ternyata mereka tahu apa artinya hoax. Kalau kata Alvin hoax itu berita bohong. Mereka mengetahuinya dari video Si Juki yang ditontonnya di Youtube. Sebagai orangtua, kita juga perlu mengedukasi mengenai berita-berita yang berkembang di masyarakat agar mereka tidak ikut-ikutan mempercayainya.

Dari video Si Juki yang saya lihat ternyata hoax itu 91,8% mengenai politik dan sara. Untuk mencegah hoax ada beberapa hal yang perlu diketahui yaitu :
  • Jangan mudah percaya dengan judul provatif. Judul sebuah berita seperti ini memang sengaja dibuat agar banyak pembacanya untuk tujuan tertentu.
  • Perhatikan alamat atau link situs yang menyebarkannya.
  • Perlu memeriksa faktanya, apakah berasal dari sumber yang mempunyai kredibilitas atau terpercaya.
  • Periksa keaslian fotonya, bisa jadi foto yang disebarkan tidak sesuai dengan konten yang ditulis.

Ngomongin soal hoax, pada hari Rabu, 9 Mei 2018 lalu saya menghadiri acara Coffee Morning Kapolda Metro Jaya bersama Netizen yang diadakan di Gedung Promoter Polda Metro Jaya.

Karena penasaran dengan Gedung Promoter ini, saya pun mencari tahu mengenai gedung tersebut. Gedung yang mempunyai 23 lantai ini baru saja diresmikan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada 19 Januari 2018 lalu di atas lahar 14.500 meter persegi. Ternyata Promoter adalah slogan yang artinya Profesional, Modern, dan Terpercaya.

#SebarkanBeritaBaik


Seharusnya acara tersebut, netizen akan bertemu dengan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Idham Aziz, namun beliau batal hadir. Melalui Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Bapak Kombes Pol Argo Yuwono menyampaikan permohonan maafnya karena ada kejadian yang tidak terduga di Mako Brimob.

Tujuan diadakannya acara ini adalah mengajak Netizen yang aktif di media sosial menyebarkan berita baik, konten positif, serta menyampaikan pesan yang bermanfaat bagi masyarakat. Karena saat ini banyak sekali berita HOAX yang beredar di media sosial. Sebagai netizen tentunya harus bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak mudah terprovokasi atas berita yang belum jelas kebenarannya. 

“Hendaknya kamu selalu jujur karena kejujuran itu akan membaca kepada kebaikan dan kebaikan itu akan membawa ke dalam surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Pada kesempatan itu juga Kombes Pol Komarul Zaman sebagai Inspektorat Pengawas Daerah menyampaikan pesan dari Bapak Kapolda untuk berhati-hati dalam menerima pesan di dunia maya jangan menelan bulat-bulat semua berita yang belum tentu kebenarannya. Justru sebagai warga netizen yang baik harus bisa memberi contoh dan menciptakan keamanan di dunia maya dengan menyebarkan berita baik. Nah, berita yang beredar seputar Mako Brimob pun rentan disusupi hoax. Makanya kita perlu waspada dan tida ikut menyebarkan kembali hal yang belum pasti.



Sebagai perwakilan blogger, Ndoro kakung ikut memberikan sambutannya pagi itu. Beliau menyambut baik lomba blog yang diadakan oleh Polda dengan harapan akan menghasilkan konsten positif yang berguna bagi masyarakat sehingga dunia maya menjadi menyenangkan.




Kalau teman-teman ingin berpartisipasi dalam membuat konten kreatif dan positif bisa ikutan lombanya loh. Lomba yang bertema "Bersatu Dalam Menjaga NKRI" ini bisa dalam bentuk postingan blog, video, foto dan meme psoitif yang diupload dalam Instagram. 

Hadiahnya keren-keren, tapi saya tertairk naik helikopter bersama Kapolda untuk melakukan patroli udara. Wah asyik pastinya, kapan lagi bisa melihat kegiatan beliau secara langsung dan lebih dekat.



Kalau kata Juki, berhati-hati pada Jebakan Hoax ya. Yuk #SebarkanBeritaBaik.






Comments

Popular Posts