Ini Alasan Kenapa Menggunakan AC Inverter Di Kamar Tidur

Anak-anak libur sekolah, tandanya penggunaan AC di kamar makin lama. Biasanya AC akan menyala mulai dari magrib sampai sebelum subuh aja. Tapi kalau liburan, mereka suka beraktivitas di kamar saya dan menggunakan AC lebih lama di siang hari karena kepanasan.

Apa sih biasanya kegiatan mereka di liburan sekolah seperti ini? Macem-macem tergantung mood, kalau sudah bosan ganti aktivitas muali dari baca buku, gambar di kertas, gambar di laptop, buat kerajinan tangan, nonton, sampai main games semua dilakukan di kamar.


pic : pixabay


Awalnya sih khawatir tagihan listrik membangkak, tapi kasihan juga kan kalau mereka kepanasan. Oh ya saya lupa, rupanya di kamar sudah pakai AC Inverter. Loh memang ada hubungannya tipe AC dengan tagihan listrik per bulan?

Awalnya sih saya gak terlalu paham mengenai tipe-tipe AC, untungnya sekarang informasi bisa dengan mudah didapatkan, saya pun cari tahu kenapa AC Inverter bisa lebih hemat saat kami gunakan di rumah.


Gunakan PK dalam AC dengan tepat


Oh ya sebelum membeli AC pastinya kita perlu mengetahui ukuran ruangannya terlebih dahulu untuk menentukan PK dalam AC yang sesuai. Jangan sampai ukuran ruangan yang luas tapi menggunakan AC dengan PK kecil, yang ada kemampuannya akan kurang maksimal dan mudah rusak. Begitu pula sebaliknya jika ruangan kecil tapi menggunakan AC dengan PK besar, ruangan akan terlalu dingin dan daya listrik yang digunakan juga besar.

Nah untuk di kamar cocoknya pakai jenis AC Split, di mana terdapat dua unit yang terpisah yaitu indoor dan outdoor.


Apa sih AC Inverter


Ada tiga jenis AC yang dijual yaitu AC Standar, Low Watt, dan AC Inverter. AC inverter ini menggunakan teknologi di mana kompresor bekerja menyesuaikan dengan kebutuhan agar mendapatkan suhu ruangan yang sesuai.

Jadi saat pertama kali menyalakan AC, jenis AC Inverter akan bekerja lebih keras untuk membuat ruangan lebih dingin. Pada awal inilah tarikan listrik yang digunakan lebih tinggi dibandingkan dengan jenis AC lainnya. Tapi, saat suhu yang diinginkan sudah tercapai, kompresor pun bekerja lebih ringan dan listrik yang digunakan lebih kecil.


Kenapa AC Inverter lebih irit digunakan di kamar kami


Karena lamanya penggunaan AC di kamar kami cukup lama kurang lebih 8 jam, serta jarang terbuka pintunya, jadilah tipe AC ini cocok kami gunakan. Selain itu di rumah memilik daya listrik yang besar, jadilah penggunaan AC Inverter makin sesuai dan irit meskipun pembelian ACnya lebih mahal dibandingkan tipe lainnya.

AC LG merupakan merek elektronik yang juga mengeluarkan AC tipe Inverter dan dapat menghemat listrik sampai 60 persen. Teknologi AC Inverter yang dipasarkan pun mempunyai beberapa fitur yang ditawarkan antara lain :
  • Deep sleep mode
  • Deodorizing, triple filter, dan plasma filter
  • Teknologi skin care, plasmaster, suara tidak berisik
Kalau saya sudah menggunakan AC Inverter, teman-teman pakai tipe yang mana? Apapun tipenya sebaniknya sih digunakan dengan bijak ya:)

Comments

Popular Posts