Warna-warni Sentiling Topping SKIPPY Peanut Butter

Anak-anak libur sekolah lumayan lama juga nih di rumah, rasanya mulut mereka gak berhenti makan. Banyak yang dimakan tandanya banyak cucian piring bukan :). 

Pagi tadi ke pasar, kok tiba-tiba kangen makan sentiling. Akhirnya saya mampir ke kios penjual kelapa parut dan umbi-umbian deh. Saya beli singkong 1 kg dan minta diparut sekalian supaya lebih cepat masaknya.




Oh ya, teman-teman tahu kan apa sentiling? 

Sentiling adalah salah satu makanan yang terbuat dari singkong dan berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Awalnya sih saya tidak tahu nama makanan ini. Sekitar 6 tahun lalu, pernah membeli kue macam ini, tapi penjualnya bilang namanya ongol-ongol dan dibuat dari singkong.

Saya pun penasaran gimana sih cara membuatnya, bikin sendiri lebih irit pastinya ya. Setelah googling sana-sini saya pun coba untuk membuat sendiri. Setelah matang, suami ikut mencicipi katanya kue tersebut namanya sentiling. Waktu saya searching juga banyak yang menyatakan demikian. Dan yang saya tahu pun kalau kue ongol-ongol itu tidak terbuat dari singkong melainkan dari sagu.

Oh ya begini cara membuat sentiling a la saya. Kebetulan ada Skippy Peanut Butter di rumah, jadi mau saya tambahkan sebagai toppingnya. 

Warna-warni Sentiling Topping SKIPPY Peanut Butter

Bahan-bahan :
  • Singkong parut 1kg
  • 1 bungkus agar-agar warna putih
  • Gula pasir
  • Garam
  • Vanili
  • Pewarna makanan 2 macam
  • Air kelapa secukupnya
  • Skippy

Cara Membuat:
  • Bagi 2 singkong parut ke dalam 2 buah wadah
  • Tuangkan agar-agar, gula pasir, garam, dan vanili
  • Berikan pewarna makanan pada masing-masing wadah yang berisi singkong parut
  • Aduk rata adonan sambil diberikan air kelapa sesuai dengan kekentalan yang disukai
  • Masukkan adonan pada tempat atau cetakan, saya menuangkan doa adonan pada cetakan tersbut
  • Kukus singkong hingga matang
  • Dinginkan singkong yang sudah matang
  • Berikan topping selai skippy di atasnya atau sesuai dengan selera








Oh ya, saya sengaja menempatkan adonan singkong pada wadah bulat seperti di bawah ini, agar mudah dibawa untuk dijadikan bekal, karena sudah tersedia penutupnya juga. Berikan topping Skippy di atasnya dan ditambahkan parutan keju, hmmmm anak-anak jadi tambah suka makan singkong.



Begini cara kami menikmati Skippy, tidak hanya sebagai olesan pada roti saja, tapi untuk berbagai makanan lainnya. Mau coba salad topping Skippy? ini juga enak loh

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

Comments

  1. Cantik warna sentillingnya. Biasanya sih pakai selai di roti aja. Kebetulan blm pernah coba selai skippy ini :)

    ReplyDelete
  2. Warnanya cerah, mengingatkan pada es mambo yg seger. Kalau ini rasanya manis2 gitu ya, cocok utk dessert kayaknyaa

    ReplyDelete
  3. Aku baru tau penganan dari singkong ini namanya sentiling, sepertinya di jatim beda lagi deh sebutannya. Btw cantik banget sentilingnya, pengiiin!

    ReplyDelete
  4. endesss seklali.. jadi pengen icip nih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts