Powered by Blogger.

Berbagai Manfaat Madu Asli Untuk Kesehatan

Uhuk..uhuk... Alvin terus batuk berulang-ulang. Kasihan mendengarnya karena aktivitasnya jadi terganggu, meskipun anaknya masih ceria.

Musim pancaroba ditambah badan kurang vit membuat tubuh rentan dihinggapi berbagai penyakit flu seperti batu dan pilek. Untuk menjaga daya tahan tubuh, saya biasa menambah porsi makannya lebih sering, supaya perut tidak kosong. Maklum lah kalau sedang batuk, napsu makan juga jadi menurun.

Saya pernah membaca salah satu artikel kesehatan, kalau madu bisa meredakan batuk. Makanya saya suka menyetok madu asli di rumah, selain untuk dikonsumsi secara rutin juga baik untuk pengobatan. Menurut penelitian madu memiliki rasa manis yang membuat produksi air liur dan lendir sehingga bisa membasahi tenggorokan dan meringankan batuk. Tapi madu tidak dianjur untuk anak yang berumur 1 tahun kebawah karena akan menyebabkan botulisme yaitu bisa terjadi keracunan yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum yang bisa membahayakan dan menyerang sistem saraf.



Kadang-kadang saya juga menambahkan madu pada roti tawar buat dimakan saat sarapan untuk anak-anak. Madu juga  bisa juga ditambahkan pada minuman air jeruk lemon atau nipis, jadi ada rasa manis alami yang didapatkan bukan dari gula.

Saya pernah diajarkan cara menguji madu asli, yaitu menggunakan pentol korek api yang dioleskan dengan madu. Kalau batang korek api tersebut menyala berarti itu tandanya madu asli, karena tidak ada campuran air. Cara lain sih katanya semut gak suka sama madu asli.

Manfaat Madu


Ternyata madu banyak manfaatnya buat kesehatan diantaranya sebagai sumber antioksodan, mengontrol berat badan, mengatasi alergi, juga sebagai sumber energi. Kandungan gula alami  yang ada pada madu bisa bermanfaat sebagai sumber energi. Madu yang mudah diserap tubuh, makanya cocok dimakan untuk sarapan atau sebelum olahraga. Mengonsumsi madu sebelum tidur juga dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur, karena madu bisa melepaskan melatonin selama tidur dan memperbiki daya tahan tubuh. 

Selain untuk kesehatan madu juga bermanfaat untuk kecantikan seperti mengatasi ketombe, melembabkan kulit, dan sebagai obat jerawat alami.

Ternyata banyak orang juga menggunakan madu sebagai penyubur supaya cepat dapat momongan. Memang sih namanya usaha apapun dilakukan asal caranya baik, termasuk konsumsi madu. Katanya sih bisa menstimulasi kinerja ovarium yang bermanfaat untuk sistem reproduksi. Selain itu juga madu bisa menjadi sumber energi  dan meningkatkan stamina, makanya banyak orang percaya bisa menyuburkan kandungan.

Saya penasaran dong mau tahu harga madu penyubur kandungan ini berapa sih? harganya gak mahal-mahal amat ya. Semoga usaha  yang dilakukan bisa segera tercapai ya.

Oh ya kalau mau beli madu sebaiknya memperhatikan  apakah ada label BPOMnya atau tidak, maklumlah banyak madu palsu yang beredar di pasaran.

1 comment

  1. Sebetulnya saya gak suka madu, tapi Nai suka. Dan, kadang-kadang saya juga suka masak menggunakan madu. Kalau dijadikan salah satu bahan masakan, saya masih suka. Jadi tetap harus tau juga mana madu yang asli :)

    ReplyDelete