Powered by Blogger.

Trik Aman Manfaatkan Promo harbolnas 2017

Tanggal 12-12 hampir tiba, banyak orang memanfaatkan momen ini untuk berbelanja online. Pilih barang sesuai kebutuhan ya, dan jangan sampai terlena sehingga menguras tabungan.



Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional yang diselenggarakan oleh beberapa situs belanja online. Pada momen ini biasanya akan ada diskon besar-besaran. Tujuan diadakannya Harbolnas  merupakan sebagai usaha kolaboratif untuk mendorong pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia dan memperkenalkan manfaat belanja online kepada masyarakat Indonesia.

Harbolnas memang identik dengan promo besar-besaran, bahkan lebih besar dibandingkan dengan diskon di hari biasa. Beberapa toko online yang berpartisipasi di event ini, salah satunya adalah Bukalapak. 

Boleh-boleh saja memanfaatkan event Harbolnas 2017 untuk berbelanja, tapi tidak ada salahnya juga mengetahui berapa lama event tersebut akan berlangsung. Jangan keenakan berbelanja, ternyata eventnya hanya berlangsung singkat. Tahun ini Harbolnas hanya akan berlangsung satu hari saja yaitu tanggal 12 Desember 2017.

Banyaknya fake discount pada Harbolnas membuat pembeli merasa khawatir dan ragu untuk membeli barang di event tersebut. Untuk itu ikuti dulu trik aman berikut supaya bisa berbelanja online dengan aman dan nyaman.


Jenis Barang Yang Akan Dibeli

Sebelum membeli barang yang diinginkan sebelumnya harus mengetahui lebih dahulu spesifikasi dan harga barang tersebut. Boleh kok mencari tahu dulu harga di beberapa toko online, hal ini dilakukan untuk memastikan barang yang dibeli tersebut asli. Gak mau kan, gara-gara diskon besar main beli saja ternyata barangnya tidak memuaskan sehingga membuat kerugian.

Teliti Melihat Diskon

Hati-hati ya dalam melihat diskon yang diberikan, baca dengan teliti. Beberapa jenis diskon yang diberikan seperti "diskon up to XX %" atau potongan harga XX% + XX %. Contohnya diskon 30% + 10% ini artinya bukan mendapatkan diskon sebesar 40% lho. Karena masih banyak orang salah persepsi mengenai diskon seperti ini. Cara menghitung yang benar adalah, barang didiskon sebesar 30% terlebih dahulu, setelah itu hasilnya baru akan dipotong lagi sebesar 10%. Boleh kok menggunakan kalkulator saat belanja supaya tidak salah dalam menghitung.

Perhatikan Kualitas Produk

Di marketplace kita bisa menemukan berbagai produk dengan beragam kualitas. Sebaiknya perhatikan deskripsi barang dan harga yang diberikan pada web. Pastinya ada beberapa penjual yang nakal dan menggunakan momen ini untuk mencari keuntungan.

Metode Pembayaran 

Beberapa penerbit kartu kredit juga memanfaatkan Harbolnas yang bekerjasama dengan toko online. Perhatikan dengan detil apakah promo berlaku untuk smeua metode pembayaran seperti  transfer, COD atau kartu kredit. Nah, ada beberapa produk memiliki diskon besar, tapi ternyata hanay berlaku jika menggunakan pembayaran dengan kartu kredit.

Pastikan Penjual Terpercaya

Pada marketplace terkadang kita kesulitan menentukan apakah penjual tersebut dapat dipercaya atau tidak. Nah ada beberapa hal yang bisa membantu apakah penjual tersebut memiliki reputasi yang baik dengan cara:
  • Baca feedback dari pembeli dengan melihat komentar mereka setelah melakukan pembelian. Kalau banyak respon negatif berarti perlu dipertimbangkan membeli produk di toko tersebut. olJika responnya positif boleh melanjutkan transaksi.
  • Cek juga deskripsi barang apakah sesuai dengan produk aslinya atau tidak.
  • Lebih baik kita bisa melakukan komunikasi dengan penjual, sehingga bisa bertanya lebih detil. Pelapak yang responsif memiliki reputasi yang baik juga.

Nah, kamu mau belanja apa di Harbolnas 2017 ini? Perhatikan dulu syarat dan ketentuan yang berlaku ya. Karena tidak semua diskon diberikan pada konsumen yang berbelanja pada web. Terkadang voucher diskon diberikan kepada pelanggan yang bertansaksi lewat aplikasi.

3 comments

  1. Iyaa bener mba, tetap harus perhatikan kualitas ya.. duh Harbolnas udah di depan mata banget

    ReplyDelete
  2. betul juga, waktu baca diskon 30% + 10% yang terbayang adalah diskon 40% hihihi

    ReplyDelete