Powered by Blogger.

Akses Go Mobile Dengan Mudah dan Cepat Menggunakan Fingerprint

"Maaf pin yang Anda masukkan salah..."

Pernah gak sih kesulitan mengingat nomor PIN saat akan login ke suatu aplikasi atau ATM? Saya pernah mengalaminya, kok rasanya 6 digit angka saja saya bisa melupakannya ya. 

Kalau password email atau aplikasi di web sih bisa dengan mudah saya menggantinya jika lupa password. Tinggal klik sudah beres deh. Nah, kalau lupa PIN ATM ini bisa bahaya , tiga kali salah memasukkan kode, maka ATM akan diblokir. Alhasil kita harus menghubungi bank untuk membuka kembali blokir tersebut.

Metode Mnemonic


Sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk mengingat pin atau password. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode mnemonic, yaitu cara mengingat atau menghafal menggunakan visualisasi untuk mengatur dan mengingat informasi. Metode ini juga disebut dengan metode loci, dengan menghubungan suatu hal yang mudah diingat oleh kita dengan sebuah benda, atau melakukan penyingkatan seperti MEJIKUHIBINIU untuk menghafal warna pelangi.

Untuk mengingat 6 digit angka pada pin ATM atau aplikasi, lebih mudah dengan menghubungan angka tertentu yang selalu kita ingat. Tapi, sayangnya tidak disarankan menggunakan tanggal, bulan, dan tahun lahir. Hal ini memiliki risiko yang besar, karena bisa dengan mudah ditebak oleh orang lain. 

Login Menggunakan Fingerprint

Lebih mudah mengakses sesuatu itu menggunakan sidik jadi atau fingerprint. Pada tipe gadget tertentu, yang memiliki fasilitas fingerprint memungkinkan penggunanya dapat masuk menggunakan metode ini.

Fingerprint atau pemindai sidik jari adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk menangkap gambar digital dari pola sidik jari. Gambar tersebut dinamakan pemindai hidup yaitu pemrosesan digital untuk membuat sebuah template biometrik yang disimpan dan digunakan untuk pencocokkan.

Nah, asyik ya kalau aplikasi perbankan mempunyai metode ini untuk akses masuknya. Jadi, saya tidak perlu mengingat lagi angka-angka yang membingungkan itu. Apalagi, kita mempunyai beberapa angka berbeda sebagai akses di berbagai aplikasi.

Eh, sudah ada lho fasilitas fingerprint pada aplikasi terbaru Go Mobile dari CIMB Niaga. Yuk, cari tahu mengenai aplikasi ini.

Peluncuran Aplikasi Go Mobile 

Senang sekali saya bisa menghadiri peluncuran aplikasi Go Mobile dari CIMB Niaga pada hari Rabu, 29 November 2017 di Grand Ballroom Ritz Carlton, Jakarta.

Acara dibuka oleh Melissa Karim dan Hery Kurniawan sebagai MC. Dalam peluncuran aplikasi terbaru dari CIMB niaga hadir Bapak Tigor M. Siahaan (CEO CIMB Niaga) Ibu Lani Darmawan (Consumer Banking Director CIMB Niaga).

Go Mobile adalah layangan perbankan tanpa batas, dimana saja, kapan saja. Dengan akses mudah melalui smartphone, mempunyai keamanan dalam setiap transaksi dan notifikasi langsung ke ponsel.

Peluncuran The New Go Mobile ini bertujuan untuk meningkatkan transaksi bagi nasabah CIMB Niaga menggunakan layanan mobile banking dengan akses yang mudah. Menurut Bapak Tigor pembaharuan Go Mobile diharapkan bisa menjawab kebutuhan nasabah yang kian beralih ke digital banking. Perbaharuan aplikasi yang dulunya bernama Rekening Ponsel ini, saat ini makin nyaman dan aman digunakan sebagai penunjang kebutuhan transaksi perbankan di era digital, tentu saja dengan fitur keamanan yang makin terjamin dan ditingkatkan.



Peluncuran Go Mobile terbaru ini ditandai dengan pemindaian sidik jadi oleh para pejabat CIMB Niaga. Hal, ini juga menjawab kebutuhan saya yang menginginkan fitur fingerprint pada aplikasi.

Access  Go Mobile

Sebelum mengakses Go Mobile, aplikasinya bisa didownload gratis  di Google Play Store atau Apple App Store asalkan mempunyai koneksi internet

Selain itu, pengguna juga dapat mendaftar pada ATM dan dengan menggunakan SMS ke 1418 atau menekan USSD *141*8#

Nah ini tampilan aplikasi Go Mobile pada ponsel Android.

Meskipun untuk mendownload dan mengakses Go Mobile gratis, tapi sebagaimana transaksi finansial lainnya, kemungkinana ada biaya yang dibebankan pada nasabah untuk biaya transfer ke bank lain atau biaya pembayaran tagihan tertentu. Saat menerima passcode dan notifikasi melalui SMS atau penggunaan USSD Menu, juga akan dikenakan biaya sesuai dengan provider telco masing-masing. Makanya pakai saja fitur fingerprint supaya gak kena biaya lagi.

Fitur-fitur Yang Ada Pada Go Mobile

Fitur-fitur Pada Go Mobile :
Akses Dengan Sidik Jari
Share Bukti Transaksi
Kode Promosi
Bonus Saat Registrasi
1 Perangkat 1 Nomor Ponsel

Setelah mendownload dan melakukan registrasi, barulah kita dapat memanfaatkan semua fitur yang ada pada aplikasi.

Akses dengan sidik jari, semudah menyentuh ponsel. Hari gini pastinya hampir semua ponsel yang digunakan adalah layar sentuh. Sebetulnya untuk mengakses masuk kita membutuhkan ˆ yang dikirimkan pada nomor ponsel yang terdaftar. Namun pada ponsel Android dengan OS 6 dan iPhone OS 10 sudah dapat melakukan akses masuk menggunakan sidik jari lho. Wah asyik ya, saya ga perlu lagi susah-susah mengingat kode atau menerima passcode di sms.

1 perangkat 1 nomor ponsel, ini untuk memastikan kalau aplikasi Go Mobile diakses sendiri oleh penggunanya. Jadi, nasabah tidak perlu khawatir ada orang lain yang menggunakan aplikasinya tanpa sepengetahuannya.

Kode promosi dan bonus bisa digunakan untuk berbagai macam promosi. Siapa sih yang gak tergoda dengan berbagai promo yang ditawarkan. Sebagai contohnya, pada saat saya melakukan registrasi di lokasi bisa menggunakan Kode Promo JUSTGOMOBILE untuk mendapatkan bonus pulsa 25 ribu. Wah jadi untung banget ya, cuma registrasi bisa mendapatkan berbagai fasilitas.

Share bukti transaksi. Nah, bukti transaksi pembayaran atau aktivitas perbankan lainnya pada Go Mobile bisa langsung dishare pada orang yang membutuhkan. Bukti tersebut bisa dikirim melalui SMS, email, dan berbagai aplikasi messenger seperti Whatsapp, LINE, dan lainnya.

Tampilan baru. Saat membuka aplikasi Go Mobile, kita dapat melihat tampilan baru yang menarik lho dan user friendly. Ditambah lagi  dengan latar belakang siang dan malam. Pengguna juga dapat menerima notifikasi transaksi yang sudah dilakukan melalui inbox aplikasi.

Tampilan Go Mobile pada malam hari

Lokasi ATM dan Bank Terdekat. Go Mobile juga dapat mendeteksi ATM dan cabang CIMB Niaga terdekat dengan mengakses gps. Jadi gak perlu bingung lagi ya kalau mau cari ATM terdekat ada di mana.






Mau akses Go Mobile dengan mudah dan cepat? pakai saja sensor fingeprint di smartphone kamu. Bisa login seketika tanpa harus memasukkan User ID dan Passcode. Untuk informasi lebih jelas bisa mengakses web branchlessbanking.cimbniaga.co.id/gomobile/

7 comments

  1. Cocok banget nih buat aku yg suka lupa sama PIN mbak Lid. Relaunching apps Go Mobile CIMB Niaga emang mantap, fitur-fiturnya juga makin lengkap banget. 😎🤗

    ReplyDelete
  2. Gegara fasilitas fingerprintnya, ku pingin ganti hape. Mayan banget tiap login ga perlu kena biaya sms token lagi. :D

    ReplyDelete
  3. Setuju teh... praktis dan aman ya. Ini rek ponsel pertama dan kayanya saya mau temenan akrab sm aplikasi ini :))

    ReplyDelete
  4. login lebih aman karena ada fitur finger print-nya ya mba. canggih bener dah CIMB Niaga

    ReplyDelete
  5. Wah ga perlu inget pasword ya kalau pakai fingerprint.
    Sekarang apa2 memang udah beralih ke fingerprint mbak lia kayak absen guru juga gitu.

    ReplyDelete
  6. Kekinian sekalii, aksesnya pake fingerprint :)

    ReplyDelete
  7. Maaf caranya bagaimana ya padahal saya sudah aplikasi terbaru dan hp ada fngerprint.apa harus masuk pengaturan dan ganti pin apa bagaimana ya....terimakasih

    ReplyDelete