Powered by Blogger.

Zen Rooms Untuk Traveling Hemat

Belakangan saya mulai ketularan virus traveling. Ternyata traveling memang menyenangkan. Pikiran bisa kembali fresh dan hati lebih bahagia. Dengan begitu saya bisa membuang kejenuhan yang sudah menumpuk karena rutinitas harian, lalu kembali dengan hati yang lebih lapang menghadapi hari-hari ke depan.

Kalau saya harus menyebut satu orang untuk dihadiahi jutaan kata terima kasih, maka suami adalah orangnya. Tanpa ijin dan kesediannya di rumah menjaga anak-anak selama saya liburan, mungkin saya tak akan pernah merasakan cuti sebagai ibu rumah tangga
Jarang-jarang loh bisa foto berdua gini :)



Dan oleh karena itu lah, sering terbersit dalam hati saya untuk bisa merasakan liburan berdua. Sesuatu yang hampir tidak pernah kami lakukan selama ini. Alasannya? Apalagi kalau kerena tidak mau meninggalkan anak-anak. Saat saya berlibur sendiri dengan teman-teman, pastinya di rumah ada suami, begitu pula sebaliknya.

Tak ingin keinginan itu hanya sekedar angan, saya mencoba memberanikan diri untuk mewujudkannya. Karena saya yakin, bahwa menghabiskan waktu berdua saja dengan suami dengan cara berlibur, pasti bisa menjadi momen penyegaran dalam hubungan rumah tangga kami, Persis seperti campaign Zen Rooms bulan lalu melalui event lomba foto di Instagram. Refresh Relationship.

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Suami saya mendapatkan surat tugas perjalanan dinas ke Singapura. Dan untuk perjalanan dinas itu, suami diijinkan untuk mengajak saya asal mau beli tiket sendiri hehehe. Ya iyalah, saya yang mau liburan masa minta dibayarin kantor suami. Asyiknya lagi suami diberi kebebasan untuk mencari sendiri untuk urusan akomodasinya. Jadi suami diberi uang cash untuk booking tiket pesawat dan hotel sendiri. Asyik kan?

Di sini lah keahlian saya sebagai manager rumah tangga diperlukan. Tugas hunting akomodasi pun dilimpahkan kepada saya. Allhamdulillah ya, impian untuk liburan berdua suami bisa segera jadi nyata dengan memanfaatkan waktu luang saat perjalanan dinas.

Memanfaatkan waktu perjalanan dinas untuk liburan memang salah satu cara menghemat pengeluaran traveling. Yang paling penting kan pekerjaan selesai dengan baik. Selama ini sih suami sukanya liburan sendiri kalau ada tugas ke luar kota. Baru kali ini saya mencoba untuk ikut.

Hunting Tiket dan Hotel

Supaya tidak over budget dari tunjangan perjalanan dinas yag diberikan, ada beberapa hal yang saya lakukan yaitu :

1. Booking hotel via Zen Rooms

Urusan mencari kamar hotel yang nyaman dan harga hemat, Zen Rooms memang jagonya. Saya mengenal Zen Rooms sudah sejak awal tahun 2016. Saya beberapa kali menginap di Zen Rooms. Berdasarkan pengalaman, saya sangat senang karena kamar-kamar di Zen Rooms bersih dan nyaman. Kamar mandi private, sudah termasuk sarapan dengan menu yang variatif, serta mempunyai fasilitas standar hotel bintang 3. Beberapa hotel malah mempunyai fasilitas kolam renang. Dan yang pasti harganya terjangkau.

Zen Rooms sendiri merupakan Virtual Hotel Operator, yang menggandeng hotel-hotel budget terbaik untuk dipromosikan melalui website www.zenrooms.com. Selain di Indonesia Zen Rooms juga hadir di beberapa negara lain seperti Singapura, Thailand, Srilanka, Filipina, bahkan Brazil.

Makin senang ketika tahu kalau Zen Rooms hadir di Singapura. Dengan begitu saya tetap bisa mendapat tempat menginap yang nyaman dengan harga murah. Dan tentunya semakin menghemat biaya traveling.

Tau sendiri kan, hotel di Singapura harganya mahal. Kalau mau murah yang pake murah banget, pilihannya adalah hostel yang menyewakan tempat tidur dalam kamar campuran (dorm). Dan tentunya itu bukan pilihan kami yang ingin punya pengalaman liburan asyik berdua.

Untuk itu saya memilih Zen Rooms untuk akomodasi selama di Singapura. Lagi pula, website Zen Rooms sangat user friendly. Info lokasi hotel dan fasilitas hotel tersedia dengan lengkap. Jadi saya bisa lebih mudah menentukan di daerah mana saya akan menginap. Dan tentunya, saya bisa mencari sesuai budget karena sudah disediakan fasilitas filter terbaik pada aplikasi Zen Rooms untuk di smartphone maupun web.



Kamar yang saya dapatkan via Zen Rooms harganya sangat bersahabat. Dengan begitu, masih ada uang yang bisa saya sisihkan dari budget dan bisa saya gunakan untuk membeli tiket.

2. Membeli tiket pesawat promo yang ditawarkan oleh agent perjalanan.

Saya memanfaatkan promo dari agent perjalanan, sehingga saya bisa membandingkan semua maskapai penerbangan yang mempunyai ture dari Jakarta ke Singapura dan sebaliknya. Untungnya ini perjalanan dinas, jadi tiket yang harus dibeli hanya satu saja untuk saya. Tiket untuk suami kan sudah disiapkan hehehe. Double hemat deh!

3. Selalu menggunakan transportasi umum bukan taksi

Soal transportasi, Singapore punya MRT yang bisa diandalkan. Akses ke berbagai objek wisata pun jadi mudah dan lebih murah dibanding taksi. Selain itu, ada buskota yang bisa digunakan kalau mau berkeliling Singapura sambil melihat-lihat suasana kota. Ya kalau MRT kan beroperasi di bawah tanah. Baik MRT maupun bus, keduanya menggunakan kartu elektronik yaitu Singapore Tourist Pass (STP) sebagai pembayarannya. Tinggal di tap di mesin yang ada di stasiun MRT, atau di bus, praktis kan.
    Ini STP yang saya miliki saat digunakan ke Singapore sebelumnya
Peta rute tersedia dengan jelas di setiap stasiun MRT juga halte bus. Gak perlu takut kesasar deh. Soal harga, saya merasa Singapore Tourist Pass adalah paling ekonomis. Dengan harga 30 SGD, saya bisa bebas naik MRT dan bus selama 3 hari. Nanti sebelum pulang, kartu bisa dikembalikan dan mendapat refund sebesar 10 SGD.

Itu lah 3 hal yag saya lakukan untuk menghemat biaya liburan. Saya merasa waktunya semakin dekat saja. Jadi gak sabar nunggu weekend ini untuk liburan hemat. Dinas jalan, liburan pun jalan !

7 comments

  1. Bagi yang hobi travelling kudu penting ya Mba hitung2an soal budget-nya.. Makin irit makin asyik ya..

    ReplyDelete
  2. Yeaaay...asyiiik liburan tlah tiba ya Mbak...

    Liburan hemat tapi asyik itu ya dicari yaaak. Selamat liburan ya Mbak...

    ReplyDelete
  3. Virus traveling mah virus yang menyenangkan ya. Tapi memang harus pinter2 nyusun budget. Aku masih keder nih nyusun budget, suka kebablasan. Terutama di biaya hotel dan jajan.

    ReplyDelete
  4. awww awww... mau pacalan ama suami... ajak aku dooongg *eh gimana

    ReplyDelete
  5. Ikut doong, aku mau deh jadi guide dan fotografer selama kalian hanimun. Wkwk

    ReplyDelete
  6. Zenroom di semarang ada ga ya, mb lidya? Kayaknya kamarnya asyik.

    ReplyDelete
  7. Ada di banyak kota yaaa.. Perlu dicoba niiih

    ReplyDelete