Siapa sih yang mau kena musibah, seperti sakit, kecelakaan, atau di PHK misalnya. Setiap orang pasti gak mau bukan. Maunya sih semua berjalan di relnya, hidup aman, nyaman, bekerja setiap hari untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Tapi namanya musibah kadang tidak bisa ditebak kapan akan terjadi. Takut? ya jelas saja saya takut. Lalu cari solusinya dengan cara proteksi atau perlindungan.


Takut kehujanan, pakai payung atau jas hujan. Takut kedinginan, pakai jaket dong. Ya semacam itulah contoh kecilnya. Saat seseorang sakit, tentu saja butuh obat dan penangan dokter. Ini butuh biaya, mana ada sih yang gratis sekarang. Iya kalau biaya rumah sakit sudah dicover oleh tempat bekerja kita, Allhamdulillah. Tapi kalau tidak dicover bagaimana dong? Ikutan asuransi jawabannya. Memang sih buat sebagian orang ada yang masih menganggap tidak penting. Apalagi saat ini banyak sekali tawaran asuransi yang membuat bingung. 

Asuransi bisa diibaratkan sebagai payung kehidupan seseorang. Bukan hanya untuk suami sebagai kepala keluarga, tetapi penting juga untuk istri dan anak-anak. Beberapa asuransi yang menurut saya penting adalah :
  • Asuransi kesehatan untuk masing-masing anggota keluarga
  • Asuransi jiwa untuk kepala keluarga sebagai pencari nafkah utama
  • Asuransi kecelakaan
  • Asuransi pendidikan
  • Asuransi hari tua
Masih banyak sih jenis asuransi lainnya, semua tergantung kebutuhan kita dimana. Premi juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saya pernah merasakan manfaat dari adanya asuransi tersebut. Misalnya saat sakit, tiba-tiba harus di opname, bisa langsung masuk rumah sakit tanpa dimina uang jaminan terlebih dahulu. Namanya manusia ya, ga selamanya uang selalu tersedia.

Begitu pula saat suami kecelakaan, wah rasanya dunia sudah berhenti berputar apalagi saya tidak bekerja. Saya lupa kalau suami punya asuransi jiwa yang juga mengcover asuransi kesehatan. Sehingga seketika bisa langsung ditangani dimanapun berada. Walaupun misanya tidak semua jenis layanan rumah sakit bisa diberikan, setidaknya pertolongan awal sangat penting saat kecelakaan. Biaya tak terduga selanjutnya masih bisa di cari dan dipikirkan kemudian.

Bingung memang saat memilih asuransi mana yang akan digunakan. Untungnya sih sekarang ada pasarpolis yang bisa membantu kita membandingkan beberapa jenis asuransi sekaligus. Misalnya membutuhkan perbandingan asuransi kecelakaan diri ada simulasinya untuk dibandingkan dan dipelajari terlebih dahulu sebelum memilih asuransi mana yag akan digunakan.