3 Teka-Teki Yang Bisa Diungkap Dari Film Detak di Bioskop Online

"Tidak semua orang bisa menari dengan indah dan membuat semua mata tertuju pada penari" Salah satu penggalan kalimat dari Film Detak yang saya ingat ketika salah satu penari lengger yang kurang percaya diri untuk pertama kalinya akan menari di hadapan umum.

film detak




Akhirnya saya bisa menonton "Film Detak" melalui bioskop online. Film bergenre thriller ini sebetulnya sudah tayang di bioskop beberapa waktu lalu dengan judul film yang berbeda yaitu "Tarian Lengger Maut". Sayangnya saya tidak sempat menonton di bioskop waktu itu, padahal antusias penonton juga begitu besar. Sekitar 220 ribu penonton yang sudah menyaksikan Film Tarian Lengger Maut ini.


Tentang Film Detak


Film Detak yang diproduksi oleh Karya Visinema Pictures dan Aenigma Picture ini settingnya ada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah mengangkat kehidupan seorang penari Lengger dan seorang dokter pendatang yang praktik di desa Pagar Alas.  Sutradara film Detak Yongki Ongestu dan penulis skenario Natalia Oetama mengangkat kesenian asli kabupaten Banyumas yaitu tari lengger yang disajikan dengan bunyi-bunyian dari alat musik tabuh terbuat dari bambu bernama Calung dengan menarik. Ditambah dengan cinematopgraphy yang bagus membuat jalan ceritanya yang mencekam makin menarik.


Peran penari lengger yang bernama Sukma ini diperankan oleh Della Dartyan dan Refal Hady berperan sebagai dokter Jati. Sukma sebagai penari lengger punya kepribadian yang pemalu dan tidak percaya diri. Saat tiba waktunya Sukma harus menari di depan umum dia pun mulai khawatir melakukan kesalahan akan tariannya.

film detak di bioskoponline



Dokter Jati, sebagai dokter muda yang praktik di desa mempunyai paras yang tampan. Dokter ini selalu terobsesi dengan detak jantung. Namun ada keanehan ketika dia melihat Sukma menari, karena detak jantungnya sendiri yang berdetak kencang.

Oh ya, syuting Film Detak ini dilakukan di kaki Gunung Slamet, daerah Banyumas. Kebayang dong suasananya yang dingin dan dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang. Makin mendukung suasana film thriller.


Tonton Filmnya, Ungkap Teka-teki-nya

Kurang seru rasanya kalau dari awal kita sudah tahu jalan cerita sebuah film, begitu pula dengan Film Detak. Penonton di awal cerita akan disuguhi oleh beberapa teka-teki yang membuat kita penasaran dan menonton film hingga akhir.

Ada beberapa teka-teki yang saya catat dan bikin penasaran, tapi teka-teki ini gak akan saya ungkap dalam postingan blog ini ya, hanya garis besarnya saja.

1. Warna Pakaian Mempengaruhi Rasa Percaya Diri

Sukma yang pemalu di dalam film ini selalu menggunakan warna pakaian bernada soft. Namun anehnya ketika dia melakukan tarian lengger rasa percaya dirinya meningkat dan tidak terlihat ada ketakutan. Di sini teman-teman bisa melihat warna pakaian apa yang dipakai Sukma ketika menari, ada perbedaannya kok jika diamati.

Selain warna pakaian yang membuat Sukma percaya diri dalam menari, ternyata ada ritual khusus yang harus dilakukan Sukma untuk menerima Indang atau roh yang masuk ke tubuh penari. Indang inilah yang akan memberikan perlindungan bagi penari lengger dan membuat penonton bisa terpesona dengan tariannya.

Sukma selalu dimotivasi oleh Mbok Girah agar selalu percaya diri. Mbok Girah mengatakan bahwa tidak semua orang bisa menari dengan indah dan membuat seluruh mata memandang padanya. Hanya penari Lengger pilihan yang dapat melakukannya termasuk menerima Indang.


2. Kenapa Dokter Jati Koleksi Toples?


Sejak kedatangan dokter Jati ke Desa Pagar Alas, banyak kejadian-kejadian aneh yang menimpa warga tersebut. Beberapa orang menghilang tidak diketahui keberadaannya. Tapi kejadian aneh tersebut masih tanda tanya dan tuduhan hanya dibicarakan oleh orang-orang di sebuah kedai kopi saja.

Dokter ganteng yang sangat misterius dan pendiam ini juga dikenal sebagai seorang yang suka menolong warganya. Mereka yang berobat pun kadang tidak dimintai bayaran bahkan diberikan obat. Ketika salah seorang anak penari lengger menghilang, dokter Jati pun tak segan untuk menolong dan membantu mencarinya. 

Keanehan pertama yang saya lihat di awal cerita adalah ketika dokter Jati membeli beberapa buah toples kaca bening. Warga sekitar mengiranya untuk tempat krupuk, tapi masa iya koleksi toples untuk kerupuk sebanyak itu. Saya pun mulai penasaran, lalu apakah ada hubungannya dengan kehilangan Bayu dan warga desa yang menghilang?


3. Alasan Dokter Jati Terobsesi Pada Detak Jantung

Untuk mengetahui alasan dokter Jati terobsesi dengan detak jantung seseorang, kita harus menonton secara keseluruhan terlebih dahulu. Alasannya karena dokter Jati punya trauma masa lalu, lewat detak jantung ibunya lah dia merasakan kenyamanan. Tetapi sehingga menjadi dokter obsesinya terhadap detak jantung masih berlanjut hanya saja dalam hal yang negatif. 

Obsesi akan detak jantung ini ada hubungannya dengan toples yang dibelinya. Perlahan teka-teki mulai terbuka termasuk rasa penasaran saya kenapa tidak ada asisten atau suster yang membantu dokter Jati praktik kedokteran di desa tersebut. Saya pikir awalnya karena alasan keuangan, ternyata bukan.

Begini Cara Nonton Film Detak di Bioskop Online


Untuk mengungkap 3 teka-teki yang sudah saya tulis di atas, kalian harus menonton sendiri filmnya supaya lebih seru. Buat kalian yang belum sempat menonton filmnya waktu tayang di bioskop, bisa menyaksikan secara streaming melalui Bioskop Online.




Film Detak ini merupakan versi director's cut dari Tarian Lengger Maut yang bisa kalian tonton di Bioskop Online mulai tanggal 17 September sampai 3 Oktober 2021.

Penayangan veris ini karena film Detak sudah memenangkan European Cinematography Awards (ECA) 2021 untuk kategori Best Feature Film, Best Cinematography dan Best Film Poster. Makanya Bioskop Online kasih kesempatan nih buat penonton di tanah air bisa menyaksikannya.

Cara menonton film di Bioskop Online juga mudah kok. Kalian bisa buka situs bioskoponline.com atau lewat smartphone dengan install aplikasi Bioskop Online di App Store dan Google Play.

Jangan lupa untuk daftar terlebih dahulu ya sebelum beli tiket nonton film Detak. Harga tiketnya cuma 30 ribu rupiah aja, sudah bisa dinikmati oleh seluruh keluarga di rumah. Untuk metode pembayaran bisa menggunakan E-Wallet.

Ingat ya, kalau belum siap waktu untuk menonton jangan membeli tiketnya dulu, karena tiket berlaku hanya 48 jam aja terhitung dari waktu tayang. 

Siapin popcorn dulu yuk, beli tiket Film Detak di Bioskop Online lalu temukan teka-teki yang bisa kalian ungkap setelah menontonnya.



Post a Comment

0 Comments