Saturday, January 13, 2018

Tips Memilih AC Yang Tepat

Udara yang panas memang membuat tidak nyaman bagi siapa pun, baik orang dewasa mau pun anak-anak. Tak sedikit mereka akan mengeluarkan keringat berlebihan dan dehidrasi. Banyak orang mengatasi cuaca panas dalam ruangan dengan menggunakan AC. Sebelum memutuskan akan membeli AC, tidak ada salahnya jika melakukan survei terlebih dahulu untuk mendapatkan penawaran harga yang terbaik. Salah satu merek AC yang dapat dijadikan pilihan adalah LG, karena harga AC LG terjangkau oleh masyarakat dan sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.





Selain harga, kita juga perlu mengetahui AC yang tepat digunakan pada ruangan di rumah, kantor, atau ruangan lainnya. Berikut ini tips memilih AC yang tepat:

Pilih PK sesuai kebutuhan

Ketika memilih AC yang perlu diperhatikan adalah PK yang akan digunakan pada ruangan nantinya. Besarnya ruangan akan mempengaruhi PK, karena jika ruangan besar menggunakan PK yang kecil maka ruangan masih akan terasa panas. Begitu juga sebaliknya, jika ruangan kecil menggunakan PK besar makan ruangan akan terasa sangat dingin.

Untuk memudahkan dalam menentukan besarnya PK pada AC bisa menggunakan rumus seperti ini :

½ PK untuk ruangan ukuran 10 m2.
¾ PK untuk ruangan ukuran 14 m2.
1 PK untuk ruangan ukuran 18 m2.
1 ½ PK untuk ruangan ukuran 24 m2.
2 PK untuk ruangan ukuran 36 m2.

Dalam menggunakan AC juga harus memperhitungkan listrik yang akan dipakai, jangan sampai terjadi pemborosan. Pada umumnya AC memiliki tarikan awal yang besar ketika pertama kali dinyalakan.


Tipe AC

AC memiliki beberapa tipe yaitu standar, low watt, dan inverter. Pada AC tipe low watt penggunaan dayanya sudah dikuriangi sehingga lebih irit dalam penggunaan listriknya. Sedangkan pada tipe inverter memiliki tarikan listrik awal yang lebih besar agar ruangan bisa lebih cepat dingin.


Ada yang perlu diperhatikan dalam memilih tipe AC yang sesuai dengan kebutuhan yaitu :


  • Jika rumah daya listriknya pas-pasan, maka lebih cocok memakai AC Low Watt.
  • Jika pintu ruangan tempat peletakan AC sering buka tutup, maka AC standard atau Low watt bisa dipilih.
  • AC sering mati nyala maka AC Low Watt.
  • AC bekerja dalam waktu pendek maka AC standard atau Low watt bisa dipilih.
  • AC nyala lama maka pakai AC inverter.


Nah, kalau sudah tahu tipe AC dan besarnya PK yang sesuai dengan ruangan, barulah memilih merek AC yang sesuai dengan kebutuhan. Harga AC LG yang terjangkau bisa dijadikan pilihan karena kualitasnya sudah dipercaya dan mempunyai teknologi yang sudah canggih.

Beberapa seri AC LG juga sudah mempunyai fitur Ionizer, yaitu kemampuan mensterilisasikan bakteri hingga 99,9%. Bukan hanay itu saja, tampilan AC nya juga mempunyai tampilan yang bagus dan dapat memperindah ruangan. Fitur unggulan yang ada pada AC LF adalah Jet Cool, yaitu kemampuan mendinginkan ruangan dengan cepat.

Sekarang sudah tahu kan, kelebihan AC ini. Gak perlu jauh-jauh lagi membelinya karena sudah bisa didapatkan secara online. Ada AC, ruangan menjadi sejuk dan tidak kepanasan lagi,


No comments:

Post a Comment