Wednesday, November 15, 2017

Kenapa Perlu Caladine Untuk Atasi Biang Keringat?




"Ma, besok aku ke sekolah naik sepeda ya." 


Permintaan seperti ini sering disampaikan oleh Pascal sejak bisa naik sepeda awal masuk SD 5 tahun lalu. Kadang-kadang kasihan juga kalau sih melihat dia harus berpanas-panasan pulang sekolah naik sepeda, belum lagi cape dan haus. 

 

Tapi, kemudian saya berfikir lagi, flashback ke waktu dia belum bisa naik sepeda. Dulu saya yang khawatir kok sudah kelas 1 belum bisa naik sepeda, apalagi dia anak laki-laki. Memang sih, anaknya agak malu untuk belajar sepeda di luar rumah. Tapi dia jadi semangat belajar setelah tahu di sekolahnya akan mengadakan fun bike. Allhamdulillah, karena motivasi tersebut itu jadi cepat bisa naik sepeda.


Bermain sepeda bagus untuk mengasah motorik kasar dan kekuatan fisik anak. Juga menyehatkan jantung, paru-paru, dan tulang. Untuk anak maupun orang dewasa bisa bermanfaat membakar kalori, cocok buat yang lagi menjalankan program diet :).


Nah, masalahnya kalau sekarang dilarang naik sepeda ke sekolah, rasanya ga adil juga ya. Biasanya saya akan menanyakannya kembali pagi hari, mau naik sepeda atau diantar saja. Namanya orang tua, suka khawatiran anaknya cape lah, atau keringetan. Apalagi sekarang lagi musim kemarau begini, takutnya muncul biang keringat.


Kenapa Sih Biang Keringat Bisa Muncul?


Biang keringat muncul saat seseorang terkena suhu panas seperti sinar matahari. Biasanyanya bisa timbul di seluruh bagian tubuh, paling sering ada di bagian wajah, leher, punggung, dada, atau bagian paha.


Tinggal di Indonesia yang punya iklim tropis, sudah biasa dengan yang namanya biang keringat. Apalagi anak-anak  yang suka melakukan aktivitas fisik di luar rumah saat cuaca panas. Pakai baju yang agak tebal juga salah satu penyebabnya. Biang keringat ini penyebabnya adalah keringat yang tidak bisa menguap alias terjebak di balik kulit karena kelenjar keringat tubuh yang terhambat.

 

Kalau biang keringatnya masih ringan, paling cuma muncul bintik berwarna merah yang rasanya gatal.. Tapi, beberapa orang yang mengalami biang keringat bisa lebih parah dan meradang. Pada anak-anak atau bayi, biasanya disebabkan oleh kelenjar keringat yang belum berkembang. Pantas saja biang keringat biasa menyerang bayi dan anak. Katanya sih seiring bertambahnya umur anak, kelenjar keringatnya akan mulai terbuka jadi ga sering kena biang keringat lagi.

 

Siapa sih yang suka kena biang keringat, pastinya tidak ada. Rasanya yang gatal bisa menganggu aktivitas. Apalagi kalau anak-anak yang kena, bisa rewel, susah tidur, dan bikin ga fokus. Jangankan anak-anak, orang dewasa aja bisa uring-uringan kalau kena biang keringat. Masa sudah rapi dan cantik garuk-garuk terus sih hehehe.

 

Bagaimana Mengatasi Biang Keringat

 

  • Mandi teratur

Ayo siapa yang suka males mandi? Mandi teratur bisa mengatasi biang keringat, asalakan setelahnya dikeringkan dengan benar ya. Karena kulit yang lembap bisa menimbulkan biang keringat. Memang rasanya jadi lebih segar setelah mandi ya.

 

  • Berada di ruangan yang sejuk

Paling enak memang ada di ruangan ber AC atau menggunakan kipas angin sewaktu kegerahan. Masa iya sepanjang hari ada di dalam ruangan sejuk saja, tidak melakukan aktivitas di luar ruangan. Saat di luar ruangan gunakan pakaian dengan serat alami dan longgar. Pakai pakaian ketat membuat kulit tidak bisa bernafas. Menurut info yang saya baca, untuk bayi malah lebih baik tidak menggunakan pakaian dulu sebentar, agar bisa diangin-anginkan terlebih dahulu kulitnya.

 

Baru tahu juga, ternyata kalau bayi kepanasan dan kena biang keringat gak boleh sering digendong. Karena bayi bisa mendapatkan dua sumber panas sekaligus dari ibunya yang menggendong dan suhu ruangan.

 

  • Pakai produk antiseptik atau antibakteri dan calamin

Salah satu cara mengatasi biang keringat yaitu mandi menggunakan sabun yang mengandung antiseptik atau antibekteri. Juga bisa mengoleskan bedak atau lotion yang mengandung calamin yang bisa membantu mengatasi kulit gatal, perih, atau iritasi.

 

Andalan saya sih pakai produk Caladine untuk mengatasi biang keringat yang membandel dan muncul di kulit. Pokoknya produk ini sudah turun menurun dipakai oleh keluarga. Sebagai brand heritage sudah terpercaya sejak dulu saya kecil. Pantas saja kalau Caladine menjadi brand heritage.

 

 

Produk Caladine Atasi Biang Keringat

 

Caladine Baby Liquid Pouch



Nah, paling enak tuh mandi pakai sabun yang mengandung anti iritasi kalau sedang kena biang keringat. Untuk penggunaan setiap hari, caladine baby liquid aman kok. Di dalamnya terdapat kandungan :

  • Alpha Bisabolol yang bisa merawat kulit kemerahan yang disebabkan oleh iritasi ringan.
  • Vitamin B5 yang dapat melembabkan kulit.
  • Olive oil dapat melindungi kulit dari kekeringan.

Pada bayi atau anak-anak, iritasi disebebkan karena udara panas. Makanya saya suka khawatir kalau anak-anak main sepeda di siang hari bolong yang terik mataharinya dan panas. Tapi sekarang ga khawatir lagi kok, setelah keringat dikeringkan nanti bisa mandi pakai liquid soap.

 

Kemasan caladine baby liquid soal with anti irritant ini tersedia dalam ukuran pouch 200 ml. Kemasan refill ini bisa distok untuk dituang pada botol kemasan lainnya yang berukuran 100 ml dan 200 ml.

 

Caladine baby liquid soal ukuran 100 ml lebih praktis untuk dibawa bepergian. Jadi gak perlu khawatir lagi kalau dalam perjalanan muncul biang keringat.

 

Caladine Powder



Bedak tabur yang berguna unruk mengatasi gatal-gatal karena biang keringat dan gigitan serangga ini terdiri dari 3 varian yaitu original (kemasan berarna hijau)soft comfort (kemasan berwarna biru) untuk yang menyukai keharuman yang lembut,  dan active fresh (kemasan berwarna pink)  untuk yang menyukai keharuman menyegarkan. 

 

Kalau dulu cuma ada satu varian saja ya, original. Sekarang saya bebas memilih keharuman sesuai selera. Jadi bukan hanya mengatasi gatal karena biang keringat saja, tapi bisa mencium aroma yang khas dari bedak Caladine tersebut.

 

Oh ya di dalam Caladine powder mengandung bahan-bahan seperti di bawah ini :

 

  • Calamine yang berfungsi  mengatasi rasa gatal.
  • Zinc Oxide sebagai anti septik ringan.
  • Camphor yang dapat mengatasi rasa gatal juga.
  • Menthol bisa memberikan sensai rasa dingin.

Caladine powder tersedia dalam tiga ukuran yaitu ukuran 220 g, 100 g, 60 g, dan 35 g. Penggunaannya juga mudah kok cukup ditaburkan caladine powder sehabis mandi. Jangan ditaburkan pada daerah hidung, mulut, dan mata ya. Juga tidak dianjurkan untuk anak di bawah umur 3 tahun.

 

Buat yang suka mobile, bawa aja caladine powder ukuran 35 gram yang kemasannya kecil. Atau untuk stok di rumah bisa membeli ukuran 220 gram. Kalau saya sih lebih suka yang kecil, lebih praktis dan bisa ganti aroma lainnya kalau sudah habis.


Caladine Lotion



Selain Caladine Powder, juga ada Caladine Lotion yang bisa mengatasi gatal akibat alergi karena biang keringat, udara panas, gigitan serangga, dan sebagai anti alergi, antiseptik, dan penyejuk kulit. Saya sih lebih suka pakai caladine lotion yang menyejukkan ini. Tapi syaratnya ga boleh dipakai pada kulit yang melepuh atau mengelupas ya. Caladine lotion di dalamnya mengandung :

  • Calamine berfungsi mengatasi rasa gatal.
  • Zinc Oxide sebagai anti septik ringan.
  • Diphenhydramine sebagai zat anti alergi.
  • Glycerin berfungsi menyerap air dan mengurangi iritasi.

Caladine lotion tersedia dalam kemasan varian 90 ml dan 60 ml. 

  

Caladine Gel mosquito dan cream


 


Saya paling sensitif kulitnya kalau digigit serangga, bisa garuk-garuk terus. Untung saja sekarang Caladine mengeluarkan produk gel mpsquito dan cream, jadi bisa mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh serangga. Asyiknya lagi setelah di oleskan ada sensasi dingin dan tidak berbekas di kulit untk gel karena transparan. 

 

Untuk gel mosquite ada dalam ukuran 50 ml sedangkan cream berukuran 15 gram.

 

Kandungan yang terdapat di dalam gel mosquito adalah :

  • Panthenol berfungsi melembabkan kulit dan mempercepat penyembuhan luka dengan meregenerasi jaringan kulit. 
  • Hamamelis extract berfungsi sebagai anti inflamasi, anti gatal dan anti bakteri.
  • Camphor berfungsi mengatasi rasa gatal.
  • Menthol berfungsi memberikan sensasi dingin.
  • Cucumber extract dan aloe vera berfungsi melembutkan kulit, anti gatal dan anti inflamasi.

 

Di Mana Membeli Produk Caladine?

 

Produk-produk Caladine mudah ditemukan di berbagai minimarket terdekat, atau di supermarket besar. Cari saja produk yang sesuai untuk keluarga yang tersedia dalam berbagai ukuran. Bisa di stok sekalian belanja bulanan lho.

 

Atau, kalau tidak sempat membeli ke minimarket, alias lagi mager di rumah bisa loh belanja online di official store Galenium di www.g-store.id tapi ada syarat minimum pembelian 100ribu rupiah. Caranya juga mudah, cukup registrasi terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Pembayaran bisa dilakukan melalui berbagai bank yang bekerja sama.

 

Sekarang sudah tahu kan, kenapa bisa muncul biang keringat dan cara pencegahannya. Selamat tinggal biang keringat, anak-anak pun siap beraktivitas kembali di luar rumah tanpa harus takut biang keringat. 

 

No comments:

Post a Comment