Monday, July 10, 2017

# film

Filosofi Kopi 2 Bukan Sekedar Secangkir Kopi

Walau Tak Ada Yang Sempurna, Hidup Ini  Indah Begini Adanya - Filosofi Kopi

Quote Filosopi Tiwus dari film Filosopi Kopi 2 ini yang paling saya ingat. Memang hidup ini tidak sempurna, tetapi kita dapat membuatnya indah. Semuanya hanya kita sendiri yang dapat mewujudkannya. 



Buat yang sudah nonton film Filosofi Kopi pastinya sudah tau banyak quote-quote menarik yang bisa dijadikan pembelajaran hidup. Selain cerita filmnya yang juga menarik tentunya. Bukan hanya menyajikan secangir kopi yang nikmat, tapi dari secangkir kopi ini kita juga bisa belajar memaknai hidup.

Film yang diambil dari buku yang berjudul sama Filosofi Kopi karya Dewi Lestari ini berlanjut ke sekuel keduanya. Beruntung sekali saya dan beberapa teman dari Blogger Crony bisa menyaksikan Special Screening Filosofi Kopi 2 di XXI Plaza Indonesia pada hari Rabu, 5 Juli 2017. Bukan hanya itu kami juga berkesempatan bertemu langsung dengan pemainnya seperti Rio Dewanto, Chicco Jerikho, Luna Maya, dan Mas Angga sang sutradara.


Tokoh Baru

Selain Luna Maya yang berperan sebagai Tarra, hadir pula Nadine Alexandra yang berperan sebagai Brie di film terbaru Filosifi Kopi 2 ini. Saya suka dengan tokoh Brie di film ini, yang punya pendirian kuat dalam mempertahankan pendiriannya, baik cara membuat kopi maupun saat dia memutuskan untuk menjadi seorang barista. Tokoh Brie menambah alur film menjadi lebih menarik. Kenapa? tonton aja filnya nanti ya, ga mau ah, biar penasaran nontonnya.

Masih inget bukan, di film pertamanya, Jody menutup kedai Filosofi Kopi untuk berkeliling Indonesia menggunakan Combinya berjualan kopi. Nah, di film terbarunya penonton akan mengetahui kelanjutan tentang Filosofi Kopi ini akan dibawa kemana.

Soundtrack Film dan Arti Pesahabatan

Di salah satu soundtrack film yang berjudul Sahabat Sejati, karya Sheila on 7, saya tidak mengira kalau Rio dan Chicco yang menyanyikan lagu tersebut. Suaranya boleh juga, cocok dengan jalan cerita yang ada di film yang menceritakan persahabatan Ben dan Jody. Namanya sahabat pastinya ada konflik-konflik yang mengiringinya. Anggap saja sebagai bumbu penyedap supaya persahabatan makin erat dan langgeng. Pasang surut suatu hubungan Ben dan Jody masih menjadi salah satu titik fokus ceritanya.

Dari hubungan persahabatan Ben dan Jody, saya juga bisa belajar memaknai tentang arti sahabat. Memang dibutuhkan hati yang luas untuk mengerti dan merasakan apa yang sedang dialami oleh seseorang. Belajar berbagi apa yang dirasakan dengan orang lain, orang terdekat dan dapat dipercaya dapat mengatasi masalah yang ada. Dari film ini juga mengajarkan untuk berdamai dengan seseorang walaupun kita membenci apa yang ada didekatnya. Sulit pastinya ya, namanya juga manusia. Dibutuhkan waktu untuk dapat berdamai.

Di Balik Secangkir Kopi

Hal lain yang saya dapatkan dari film Filosofi Kopi 2 ini adalah tentang kopi itu sendiri pastinya :). Pantas saja kalau minum kopi di cafe itu enak  ya. Ternyata kopi racikan barista itu bukan hanya berasal dari biji kopi pilihan saja.Tapi juga karena hasil dari kerja keras barista meramu dan meracik kopi dengan hati. Karena kopi itu bukan hanya untuk diminum tapi dinikmati. Lama-lama saya jadi suka kopi nih.

Setiap barista punya ciri khas sendiri, bagaimana dia meracik kopinya. Bisa dibilang barista itu juga seniman kopi. Dalam menggunakan coffe maker juga, seorang barista mempunya cara sendiri dalam menyetting mesinnya. Saya pikir asal pakai saja :)

Percakapan menarik yang saya ingat adalah "ada hal yang lebih penting daripada menyeduhkan kopi untuk orang lain yaitu menanam kopi". Menanam kopi itu tidak asal menanam saja, tetapi juga dengan hati dan perhatian untuk mendapatkan biji kopi terbaik dan enak. Seperti layaknya orang tua pada anaknya, nah seperti itu lah penanam kopi yang baik membesarkan tanaman kopinya.



Bersama teman-teman Blogger Crony

Penasaran dengan Filosofi Kopi 2? Tonton saja filmnya di bioskop mulai 13 Juli 2017. Nikmati filmnya dan kopinya :). Selamat Menonton.

No comments:

Post a Comment