Menjaga kulkas dirumah selalu bekerja optimal

Saat ini, kulkas sudah menjadi bagian tak terpisahkan lagi dengan kebutuhan sehari-hari. Apalagi untuk yang tinggal di daerah perkotaan, khusus nya DKI Jakarta, rasanya hampir setiap rumah didalam nya memiliki kulkas, alasan nya karena kulkas memiliki banyak kegunaan yang dibutuhkan setiap orang. Salah satu nya untuk mendinginkan makanan/minuman. Namun karena dianggap banyak memiliki kegunaan, akhirnya banyak orang lupa untuk menjaga kinerja kulkas untuk selalu optimal. 




Banyak yang lupa bahwa kulkas juga harus diberikan perawatan agar tetap optimal. Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kulkas tetap bekerja optimal.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan agar kulkas dirumah selalu bekerja optimal:

1.    Sesuaikan Volume Kulkas

Banyak mungkin diantara kita yang tidak mempedulikan tentang volume kulkas. Padahal jika kulkas dirumah terlalu banyak di isi oleh makanan dan minuman, bisa membuat kulkas kita menjadi kelebihan beban. Dan hal ini membuat kerja kompresor menjadi berat. Dan dalam jangka panjang bisa membuat rusak kulkas kita. Oleh karena itu sesuaikan volume kulkas kita dengan makanan dan minuman yang ingin kita simpan di kulkas.

2. First in first out

Tehnik satu ini biasa nya dipakai di supermarket, yaitu First in first out (FIFO). Tehnik ini adalah teknik yang pas untuk semua makanan dan minuman yang agar kulkas kita tetap optimal. Contoh nya,jika kita membeli tomat, wortel, sawi, dan jenis sayuran lainnya, lalu kita simpan didalam kulkas, usahakan untuk mengeluarkannya itu terlebih dulu. Ya meskipun disimpan di dalam kulkas, tapi sayuran juga dapat rusak lho jika kelamaan di dalam kulkas.

3. Berisihkan Bunga ES

Jika kulkas dirumah termasuk alat rumah tangga yang sudah lama berada dirumah kita, biasa nya kulkas menghasilkan es disekitar freezernya. Nah biasakan untuk rutin membersihkan bunga es ini. Baiknya seminggu sekali atau paling tidak ya sebulan sekali, supaya kulkas kita dirumah tetap optimal.

4. Atur suhu kulkas

Tips yang keempat ini mungkin jarang sekali diperhatikan, padahal ini bisa berdampak banyak. Bisa membuat kulkas kita tetap awet dan juga bisa menghemat listrik. Jika kulkas kita dalam keadaan terisi banyak makanan dan minuman, boleh lah kita atur suhu max di kulkas kita, agar makanan dan minuman kita tetap fresh dan dingin. Tapi jika kulkas kita dalam keadaan kosong, alangkah baiknya jika kita atur suhu nya. Kita bisa kurangi suhu nya, atau jangan full suhu max, Jika ini dilakukan, bisa membuat kulkas kita tetap optimal dan juga bisa menghemat listrik.

5. Rapatkan pintu kulkas

Nah cara yang terakhir ini mungkin yang paling mudah. Kenapa harus selalu merapatkan pintu kulkas? Jika kulkas kita sering renggang pintu nya, maka suhu didalam kulkas pastinya tidak bisa maksimal sesuai pengaturan nya, hal ini menyebabkan kerja kompresor menjadi semakin berat. Dan pada akhirnya kulkas kita tidak optimal. Biasa nya yang meiliki anak kecil dirumah, pastinya sering menemukan pintul kulkas terbuka atau renggang, nah jangan dibiarkan renggang, segera lah menutup pintu nya.

Seiring berkembang nya teknologi, mungkin sudah banyak kulkas yang memiliki kemampuan mumpuni, misalkan sudah tidak menghasilkan bunga es, atau atau sudah bisa menyesuaikan suhu secara otomatis. Tapi beberapa tips diatas tidak ada salah nya untuk di coba untuk sekedar perawatan kulkas dirumah ataupun untuk pengoptimalan kulkas kita.

Jika kulkas kita ternyata sudah ‘tua’ alangkah baik nya, jangan digunakan lagi, karena biasanya alat elektronik yang sudah ‘tua’ menggunakan daya yang banyak, dibanding dengan kulkas jaman sekarang yang sudah low watt. Untuk yang sedang mencari kulkas sebagai pengganti kulkas lama dirumah, bisa mencari nya di ES.id. Kenapa harus di Es.id? Karena disana barangnya original, pengiriman nya pun aman dan juga banyak pilihan nya.

Khusus  dibulan Maret ini, kamu bisa mendapatkan Promo White Day di ES.id. Promo White Day ini memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan potongan harga secara langsung, dan di bulan maret ini ada harga spesial Rp 143.017. Segera cek ES.id disini.

Post a Comment

1 Comments

  1. Aku jarang bersiin kulkas, kulkas isinya amburadul hahaha :D

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)