Navigation Menu

Tips Perawatan Genset Inverter


Genset inverter adalah salah satu genset yang menggunakan alat pengatur inverter PMW (Pulse Width Modulation) sebagai penstabil daya output tegangannnya. Meskipun memiliki harga jual genset yang relatif lebih mahal dibandingkan genset konvensional, serta memiliki kekuatan mesin yang lebih canggih. Genset inverter juga butuh perawatan agar lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Adapun beberapa tips merawat genset inverter agar tetap awet diantaranya :


1. Jangan Gunakan Sembarangan

Genset memang dapat dipakai untuk menghidupkan atau mensuplai berbagai peralatan elektronik. Namun jangan pernah menggunakan genset inverter untuk mengecas aki. Hal ini dikarenakan arus pada aki tidak stabil sehingga dapat merusah keduanya baik genset inverter maupun aki.

2. Lakukan pengecekan secara berkala

Meski genset inverter terkenal kuat. Namun tetap lakukan pengecekan secara berkala. Hal ini dikarenakan jika inverter pada genset mati, biasanya genset sering mati mendadak. Cek juga alarm pada genset, jika berbunyi sebaiknya cepat matikan gensetnya. Namun jangan khawatir masalah ini sangat jarang terjadi.

3. Sesuaikan dengan kebutuhan

Lebih baik gunakan genset jika benar - benar dibutuhkan misalnya seperti pemadam listrik dari pln atau semacamnya. Apabila tidak dibutuhkan, sebaiknya matikan genset. Hal ini bertujuan agar genset lebih aman, hemat dan tidak merusak komponen - komponen genset. Tentunya dengan harga jual genset yang mahal, Kita tidak ingin bukan bolak - balik membeli genset hanya karna masalah sepele bukan ?

4.  Cek Alarm Genset

Salah satu yang memengaruhi harga jual genset inverter mahal adalah fasilitas alarm yang terpasang pada genset tersebut. Alarm disini berfungsi untuk memberikan tanda jika terjadi sesuatu pada genset. Jika alarm genset tiba - tiba berbunyi sangat disarankan untuk mematikan genset terlebih dahulu. Lalu cek apakah ada kerusakan atau beban genset yang terlalu besar. Jika hal tersebut terjadi, maka segera perbaiki sebelum kerusakannya semakin parah.

5. Pelajari Mekanisme Penggunaan Genset

Pahami mekanisme penggunaan geset inverter yang baik dan benar. Hal ini penting ager tidak salah dalam mengoperasikan genset. Salah satu hal yang perlu diketahui yaitu sebaiknya jangan pernah mencolokkan steker kedalam output inverter karena colokan tersebut hanya difungsikan untuk mencolokkan aki atau sumber listrik dari PLN saja. Jika mencolokkan steker sembarangan kedalam output inverter tersebut,
Itulah beberapa tips merawat genset inverter agar tetap awet. Melihat harga jual genset inverter yang cukup mahal, perawatannya pun perlu diperhatikan. Agar genset tetap awet dan tahan lama.

0 comments: