Langkah Mudah Mencuci Gorden Minimalis Agar Selalu Nampak Baru

Langkah Mudah Mencuci Gorden Minimalis Agar Selalu Nampak Baru. Berapa kali sih biasanya kita harus mencuci gorden dalam satu tahun? Ukuran gorden yang besar kadang membuatnya terlupakan untuk menjadwalkan pencucian. Meskipun mencuci gorden ke laundry, tetap saja membutuhkan waktu dan tenaga untuk mencopot dan memasangnya kembali, ini lah yang membuat kebanyakan orang jarang mencuci gorden padahal penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan keluarga dari debu yang menempel.

Langkah Mudah Mencuci Gorden Minimalis


Seberapa Pentingkah Gorden?


Pernah lihat gak rumah tanpa jendela? Kayanya sih gak ada ya, setidaknya ada lubang angin lah ya. Karena jendela atay lubang angin ini penting untuk tempat sirkulasi udara dalam rumah agar tetap sehat. Selain itu jendela juga dibuat supaya sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah dan melihat pemandangan di luar rumah.

Kalau rumah tanpa gorden sih ada, mungkin memang belum ada budget untuk membeli atau sengaja dibiarkan polos begitu saja.

Fungsi utama gorden dipasang di dalam rumah adalah untuk menghalangi sinar atau cahaya masuk ke dalam ruangan supaya kita lebih nyaman di dalamnya. Pada situasi lain gorden juga berfungsi untuk mendapatkan cahaya ketika dibuka.

Gorden juga berguna untuk menjaga privacy kita di dalam rumah agar tidak terlihat orang lain dari luar rumah.

Nyatanya ada juga orang yang membeli gorden untuk hiasan agar rumah terlihat lebih cantik. Memilih bahan, warna, dan model gorden menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang.

Baca juga : 


Gorden Minimalis Untuk Rumah Minimalis

Para arsitek dan pemilik rumah banyak membuat rumah dengan konsep indah dan minimalis yang mengandalkan ukuran lahan terbatas.  Memiliki gaya rumah minimalis berarti juga menerapkan properti dan furniture yang minimalis juga termasuk pada jendela. Rumah dengan jendela minimalis maka tidak membutuhkan gorden ukuran besar  sehingga mudah dibersihkan dan lebih sering dicuci.

Sebuah rumah memang kurang lengkap tanpa keberadaan ventilasinya, baik dalam bentuk jendela atau tidak. Beberapa orang juga lebih senang mengaplikasikan kaca untuk pencahayaan, sehingga ketika datangnya siang, mereka akan merasakan sinar matahari yang menembus secara langsung ke bagian dalam rumah tersebut. Namun nantinya menuju malam hari bisa ditutup menggunakan gorden. Cukup efektif dalam menjaga privacy agar tak terlihat oleh orang lain dari luar rumah.


Gorden minimalis ini banyak dijual di pasaran dengan beragam bentuk, eye-catching dengan berbagai pilihan warna yang dapat menyesuaikannya dengan desain atau konsep ruangan keluarga. Gorden ini selain berfungsi sebagai penutup ruangan juga dapat difungsikan sebagai alat untuk mempercantik rumah memang, untuk itu jangan lupa untuk sering-sering mencucinya agar terlihat selalu bersih. Karena banyak diantara masyarakat yang jarang sekali membersihkan hiasan rumah ini. Membersihkan gorden paling tidak 3 bulan sekali untuk menghindari timbulnya jamur. 

Berikut ini ada beberapa tips cara mencuci gorden dalam rumah, agar senantiasa bersih, yaitu:
  1. Ketahui terlebih dahulu bahan gorden rumah, memang tak bisa dipungkiri bahwa tak semua bahan gorden mudah dibersihkan, apalagi bagi mereka yang menggunakan bahan-bahan premium seperti diantaranya adalah kain sutera. Jatuhnya memang bagus dan terlihat lembut kualitas tinggi, hanya saja proses pencucian juga agak sulit. Bahan ini rewel, ia tak bisa dicuci menggunakan mesin.
  2. Sebaiknya pisahkan dengan baju atau kain lainnya saat akan mencuci, utamanya yang mudah luntur, proses pencucian akan jauh lebih mudah dengan direndam terlebih dahulu. biasanya karena terlalu lama digantung maka debu dan kotoran akan lebih mudah mengepel pada hiasan tersebut. Agar hilang seluruhnya maka gorden harus direndam terlebih dahulu, lakukan selama beberapa menit ditambah dengan detergent.
  3. Setelah direndam, kita bisa langsung menguceknya, agak berat memang, sebenarnya tak masalah juga bagi yang ingin menggunakan mesin cuci. Namun kembali lagi kenali bahan pembuatan gorden tersebut, karena tak semuanya cocok dicuci menggunakan mesin. Langkah pencucian sama dengan mencuci baju pada mesin. Hanya saja pilih mode pencucian yang tinggi, apalagi jika kainnya tebal. 
  4. Gunakan pewangi, agar wangi tahan lama, maka tak ada salahnya mengaplikasikan pewangi juga dalam cucian. Namun juga jumlahnya harus lebih besar sehingga semua bagian gorden tersentuh aroma pewangi. 
  5. Keringkan dengan mesin pengering, langsung dalam mesin cuci tersebut, karena ukurannya yang besar dengan kain tebal, maka membutuhkan waktu agak lama jika harus dikeringkan langsung, Anda dapat mengimbanginya dengan mesin pengering. 
  6. Setrika, sebelum disimpan maka ada baiknya untuk menyetrika gorden terlebih dahulu agar tampak lebih halus dan rapi. 

Langkah Mudah Mencuci Gorden Minimalis bisa kamu coba di rumah supaya tampak selalu bersih dan baru. Teratur mencuci gorden membuatnya tampak seperti baru, selain itu untuk menjaga kesehatan keluarga di rumah.


Post a Comment

15 Comments

  1. Nyunci sendiri gorden lumayan rempong ya Mba..secara gorden itu bahannya berat.. Kalo masih baru cenderung ke binatu aja nyucinya.. Tai kalo gordennya dah agak lama aku cuci sendiri.. Biar gak terlalu rempong memang kudu direndam dulu agak lama pake air detergen..

    ReplyDelete
  2. klw di keringin d mesin pengering gtu klw aku sering kali kainnya rusak kenapa ya?

    ReplyDelete
  3. nyerah deh kalau mesti cuci gorden :( kasih ke laundry hehe

    ReplyDelete
  4. ouwhh..gituu yahh caranya mba....bermanfaat sekali mbaa...nanti di cobaa dehhh...

    ReplyDelete
  5. saya malas mencuci gorden rumah Mbaa karena berat dan nampak ribet saat mencucinya. baiklah nanti tak praktekin cara yang ditulis Mba Lidya di atas :)

    ReplyDelete
  6. Kalau saya malah gak pernah pakai mesin cuci kalau buat goden, Lid. Jadi cuci manual aja :D

    ReplyDelete
  7. Rumah Home Sweet Home bunda kalo waktunya gorden kotor, cucinya pasti pake mesin cuci, sehingga gak berapa lama nunggu kering setelah dijemur sebentar, tapi kalo vitrage-nya terkadang di angin-angin aja udah kering. Lama gak mampir ke blognya Lidya.

    ReplyDelete
  8. biasanya aku kalo mau cuci Gorden kasih ke Laundry aja mbak :)

    ReplyDelete
  9. Gordenku biasanya masuk mesin cuci, habis dikeringkan langsung pasang lagi di jendela ntar kering sendiri. Tapi tergantung bahan juga sih ya, makanya aku pilih bahan yang biasa aja, yang gampang perawatannya.

    ReplyDelete
  10. Mudah-mudahan cepat dapat rumah jadi bisa merasakan cuci gorden sendiri

    ReplyDelete
  11. betul juga mbak... kalo asal asalan nyuci gordengnya bisa bikin rusak malah... terimakasih infonya

    ReplyDelete
  12. wah... jadi tau nih cara nyuci gordeng biar ga cepet rusak dan bisa bersih terimakasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
  13. Aku kalau mencuci gorden selalu kupisah MBak, apalagi Gorden yang berat, Makasih ya sharingnya

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)