Navigation Menu

Menjadi #Jenius Sebagai Food Blogger


Memang ada hubungannya ya Jenius dengan Food Blogger? Benang merahnya adalah ada pada gadget. Ya dalam keseharian kita sudah tidak bisa lagi jauh dan lepas dengan smartphone sebagai penunjang aktivitas. Tidak hanya untuk memudahkan dalam berkomunikasi saja tetapi untuk berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan. 


Berhubungan dengan gadget tadi, hari Minggu, 2 Oktober 2016 lalu saya menghadiri Jenius Live X Brightspot Market of The Future di Senayan City, Jakarta. Acara persembahan dari PT. Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN) ini berlangsung sejak 29 September hingga 2 Oktober 2016 yang menghadirkan berbagai event. Kebetulan sekali sore itu saya menghadiri acara #Jeniusway To Be Food Blogger yang dibawakan oleh Fellexandro Ruby, yang juga di kenal sebagai @captainruby di sosmed.

+CAPTAINRUBY 


Punya smartphone canggih yang punya harus ikutan update juga jangan cuma asal punya saja. Nah kebetulan sekali saya masih kurang ahli dalam mengambil foto menggunakan kamera ponsel. Jadilah sedikit ilmu yang diajarkan oleh Fellexandro Ruby sore itu sangat berguna untuk saya yang masih awam mengenai cara pengambilan gambar khususnya foto makanan. Kenapa cuma diajarkan cara mengambil foto makanan? soalnya Ruby itu memang fokus sebagai food blogger.

Ada beberapa poin yang sempat saya catat dari hasil belajar bersama Ruby. Penasaran kan? eh tapi buat teman-teman yang sudah ahli boleh menambahkan loh di kolom komentar buat saya belajar lagi dengan senang hati. Sebelum membagikan tipsnya Ruby mengajak audience untuk memperhatikan foto-foto yang ditampilkan, kami diminta memilih lebih bagus mana dari foto yang ditampilkan. Contoh simple ada tiga buah foto kopi dengan berbagai angle pengambilan foto. Ternyata yang lebih bagus dan banyak di like pengunjung di Instagramnya menurut Ruby adalah yang memperlihatkan lantai art.

Tips mengambil foto makanan dari Ruby :

1. Berteman dengan jendela

Loh kenapa harus mencari jendela saat akan mengambil gambar? karena cahaya yang alami itu datangnya dari sinar cahaya matahari. Sinar tersebut biasanya kita dapatkan dari jendela bukan :). The best food untuk foto adalah cahaya. Wah harus saya praktekkan nih, kalau selama ini masih malu-malu buat ambil gambar makanan di resto, sekranga harus mulai belajar dan dipraktekkan.

2. Menentukan arah cahaya KKB

Awalnya saya penasaran dengan singkatan KKB ini, ternyata ini berkaitan dengan konsep arah cahaya dan singkatan dari Kiri Kanan Belakang (KKB). Prinsipnya adalah bayangan selalu bertolak belakang dengan cahaya foto. Mengambil foto makanan sebaiknya menggunakan konsep KKB tadi karena jika menggunakan cahaya yang datangnya dari arah depan hasil foto makanan kurang bagus.

3. Rajin selfie

Hubungannya selfie dengan foto makanan apa sih? Hubungannya ternyata semakin rajin selfie kita bisa tahu angle mana saat mengambil foto terbaik. Begitu pula dengan foto makanan, makin sering dipraktekkan akan makin mengenali angle yang bagus itu seperti apa. Intinya ya memang praktek terus supaya menghasilkan foto yang maksimal. Shoot foto makanan yang paling umum dan aman saat ini dari atas atau top shoot.

Saat belum menemukan hasil foto makanan yang baik, udah angle foto hingga mendapatkan yang terbaik dan usahakan mengambil konten foto dengan detail. Tips lain dari Ruby adalah dengan mengenali ponsel untuk imprive foto yang lebih bagus dengan cara :
  • Membersihkan lensa ponsel. Kadang kita lupa kalau lensa kotor dan tidak menjadi perhatian utama sehingga saat mengambil gambar hasilnya kurang maksimal
  • Saat mengambil gambar jangan di zoom tapi nanti hasilnya di crop saja. Dengan demikian foto yang dihasilkan menjadi detail. Kalau bisa mengambil foto dari jarak dekat tapi kalau tidak bisa dicrop saja.
  • Fokus terhadap objek sebelum melakukan shoot.


Say Hi to Jenius - Jenius Essentials

Sekarang kenalan dulu dengan Jenius lainnya ya. Kartu Visa debut Jenius dibawah ini saya dapatkan sewaktu menghadiri event Live X Brightspot Market of The Future juga. Saya registrasi melalui aplikasi Jenius yang bisa di unduh di Google Play atau iOS. Kebetulan di sana ada booth Jenius dari BTPN jadilah saya bisa tahu lebih banyak tentang kemudahan yang diberikan oleh Jenius.



Penasaran sama Jenius? ini adalah sebuah aplikasi revolusioner yang dilengkapi dengan kartu debit untuk mengatur Life Finance dengan mudah, cerdas, dan aman. Semuanya ada dalam smartphone. Jadi Jenius ini diibaratkan Nadi dari Life Finance kita.

Ada tiga hal yang membuat Jenius lebih unggul dan bisa merebut hati nasabah di era digital yaitu simpler, smarter, dan safer. Untuk itulan BTPN meluncurkan aplikasi Jenius ini pada tanggal 11 Agustus 2016 lalu. Diharapkan bisa membantu nasabah dalam mengatur life financenya dengan lebuh mudah, cepat dan aman.

Saking simplenya saya cukup melakukan register dari ponsel, mulai isi data sampai upload foto dan KTP.

Jenius memperkenalkan juga $Cashtag yang digunakan oleh nasabah sebagai nomor rekening. Saya juga sudah mempunyai $cashtag denga nama sendiri yaiut $fitrian , sama kan dengan semua akun medsos saya, sekaliak kode nih siapa tau ada yang mau transfer :)

Manfaat dari aplikasi Jenius itu sendiri banyak, bisa dilihat melalui gambar dibawah ini :




Keseruan Lain Bersama Blogger

Minggu sore hingga malam kemarin sangat terkesan, slain mendapatkan banyak ilmu tentang food photography, Aplikasi Jenius dan satu lagi tentunya kumpul blogger. Kami saling bersilaturahmi dan bertukar cerita menyenangkan satu sama lain.

Sebelum dan sesudah acara Live X Brightspot Market of The Future kami berkumpul di JJ Royal Bistro yang terletak di Senayan City juga, tepatnya di Lantai LG Unit L-06B1. Tempatnya yang romantis dengan tema menara Eiffel di kota Paris, Prancis membuat kami mengambil banyak foto di sana. rasanya tidak bosan berada di tempat itu. Biarlah saat ini hanya foto menara Eifeel kedepannya bisa foto di menara Eiffel sungguhan, Aamiin.




Selain keseruan spot untuk foto kami juga menikmati snack dan makan malam yang disajikan oleh JJ Royal Bistro. Untuk scak kami diberikan teh hangat dan makanan kecil lainnya seperti mini rainbowcake, maccaron dan lain-lain. Untuk makan malam kami disediakan tiga pilihan menu yaitu soto ayam, nasi goreng dan penne chicken mushroom. Saya memilih nasi goreng saja sore itu.

Kami mempraktekkan ilmu yang didapat dari Ruby saat makan malam, tapi karena belum ahli ya jadi seadanay saja ya fotonya. Betul kata Ruby harus sering berlatih dan mencoba terus untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6 comments:

  1. Kartu debit BTPNnya lucu,jadi penasaran dengan fitur-fitur yang disediain sama Jenius ini. Kepengen tau jadinya bikin aja kali ya, sekalian kepo :)

    ReplyDelete
  2. captain Ruby termasuk yang syaa follow IGnya. Memang bagus-bagus hasilnya :)

    ReplyDelete
  3. oalah.. ternyata ini toh foto dirimu yang serasa sedang ada di paris itu.. hahahaha

    ReplyDelete
  4. Seruuuu kapan ya ada acara ini lagi?
    Akun Jenius pengin coba buka juga

    ReplyDelete
  5. TIpsnya mantap. Aku masih bingung aja kalau ngambil foto makanan. Malu heheee

    ReplyDelete
  6. Pernah ikut yang narsumnya captain Ruby. Saya suka dengan penjelasannya :)

    ReplyDelete