Navigation Menu

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Untuk penggemar Makanan Pedas

Apa Anda penggemar makanan pedas? Biarpun membuat lidah dan bibir terbakar, dan juga keringatan, makanan pedas masih digemari banyak orang. Bahkan, tidak sedikit orang yang kecanduan dengan makanan pedas. Menurut penelitian, mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah banyak dapat memicu sensasi yang serupa dengan euforia.

Tapi, bagaimana dengan dampak makanan pedas terhadap kesehatan? Walaupun tidak bisa dipungkuri makanan pedas membawa beberapa manfaat, seperti: meningkatkan angka harapan hidup, menurunkan berat badan, meredakan nyeri, mencegah peradangan dan bakteri jahat, pada prinsipnya, yang berlebihan itu tidak baik.




Jadi, jika dikonsumsi berlebihan, makanan pedas dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, yaitu:

Merusak indera pengecap 

Jika cabai yang dikonsumsi terlalu pedas, maka akan meninggalkan sensasi terbakar yang hebat pada mulut. Akibatnya, lidah sebagai indera pengecap dapat kehilangan kemampuannya. Sebaiknya, saat merasakan sensasi terbakar ini, harus lagsung diredakan. Jangan mengonsumsi air dingi atau es, karena tidak membantu. Coba minum susu, tapi jangan yang rendah lemak. Sebab susu dapat mengikat zat capcaisin dalam cabai.

Mengencerkan darah 

Bagi sebagian orang ini bukan masalah. Tapi bagi mereka yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah seperti Warfarin, maka makan pedas dapat sangat berbahaya.

Memicu wasir 

Capcaisin tidak hancur saat melalui sistem pencernaan. Saat dikeluarkan dari tubuh, capcaisin ini dapat menimbulkan sensasi panas. Jika terlalu sering terjadi, maka wasir dapat muncul karena sensasi panas tersebut.

Menimbulkan luka di saluran percernaan 

Luka atau ulkus dapat muncul di dinding usus kecil yang sensitif, atau bisa juga pada esofagus. Karena, seperti disampaikan di atas, capcaisin tidak hancur saat melalui sistem pencernaan. Jika luka ini muncul, penderita akan merasakan gejala seperti nyeri perut dan sensasi terbakar, serta mual dan muntah. 

Refluks asam 

Pada dasarnya capcaisin adalah kombinasi asam. Jika ada terlalu banyak asam di dalam lambung yang sudah memiliki zat asamnya sendiri, maka dapat merusak dinding lambung.

5 comments:

  1. Hm..serem juga ya. Untunglah aku nggak terlalu suka makanan yang level pedasnya kebangetan. Sedang-sedang aja sih..

    ReplyDelete
  2. Oh pedas itu bs mengencerkan darah ya, duh harus hati-hati ya

    ReplyDelete
  3. Ceyeeem.... aku ga suka pedes samsek. Kalo ke mekdi pasti minta saos tomattt

    ReplyDelete
  4. boleh pedes asal jangan keseringan ya..
    sama jangan berlebihan juga toh.
    lebih teratur sekarang mah..

    ReplyDelete
  5. wah, ngeri juga ya...kalau makan pedes terlalu berlebihan :(
    hrus ngontrol nih saat makan..

    ReplyDelete