Thursday, September 8, 2016

Makan Siang Di Warung Nasi Bancakan



"Kita makan siang di mana nih?" Gini nih kalau kami berkumpul dimana saja, pasti urusan perut tidak pernah ketinggalan. Begitu pula saat beberapa waktu yang lalu kami liburan ke Bandung bersama teman-teman. Judulnya sih liburan bareng anak-anak tapi tetep emak-emaknya yang shopping hehehe.

Jadi ceritanya kami satu rombongan bis , catet ya bis, sengaja kami tidak membawa mobil masing-masing karena ingin kebersamaan. Mampir lah dulu di tempat shopping terlebih dahulu sebelum mencari tempat makan siang. Akhirnya kami memutuskan untuk makan siang di Warung Bancakan di jalan Trunojoyo, Bandung dengan tema warung tempo dulu.

Seru makan di sana, semua makanan sudah dihidangkan kami tinggal memilih makanan dan minuman yang ada lalu membayar ke kasir. Makanan dan minuman khas dari Jawa Barat tentunya yang disajikann di sana. 

Pilihan nasinya ada nasi liwet atau nasi timbel bisa dipilih sesuai selera. Pilihan menu minumannya juga banyak ada cendol, cincau dan lain-lain. Untuk camilannya juga disajikan beragam mulai dari otak-otak, somay kesukaan saya. 

Di depan pintu masuk juga ada yang berjualan mainan tradisional. Alvin sempat membeli pluit yang terbuat dari kayu. Ada pula wayang golek, rumah-rumahan dan lainnya yang terbuat dari kayu.

Makan di Warung Nasi Bancakan sangat cocok untuk selera perut saya yang menyukai masakan sunda. Andai bisa makan setiap hari di sana wah bisa naik berat badan saya. Minat makan di sana atau minat mencari Rumah dijual di Bandung ? boleh kok dua-duanya :)

Ternyata desain dan hiasan sebuah warung atau rumah makan yang memiliki ciri tertentu itu penting, Beberapa ciri desain interior atau peralatan yang ada di warung tradisional khas sunda diantaranya adalah :

Ruang Gaya Panggung

Ini ciri khas rumah dari adat Sunda. Bagian lantai rumah menggunakan papan atau kayu. Sedangkan atapnya berbentuk memanjang seperti perahu terbalik.

Bale Bambu

Biasa digunakan untuk tempat duduk bentunya panjang dan terbuat dari bambu yang diberi warna plitur atau pernis.

Bilik Bambu

Agar terkesan jadul dinding sebuah bangunan terbuat dari bilik yang terbuat dari anyaman bambu. Biasanya bilik bambu ini bisa polos atau bercorak.

Peralatan Makan Dari Seng

Peralatan makan yang terdiri dari piring, gelas atau mug dan teko dari seng bermotif  blirik ini mengingatkan saya waktu kecil sehingga memberikan kesan warung yang jadul lebih terasa.


Lihat keceriaan kami setalh makan di Warung Nasi Bancakan. loh anak-anaknya mana nih? lagi asyik semua melihat mainan di sana.


18 comments:

  1. Wah ternyata istilah bancakan ga cuma ada di Jawa

    ReplyDelete
  2. Duhh jadi kangen kampung dehhh..kalau pulkam pasti mampir makan bancakan gini.

    ReplyDelete
  3. Seruuu amat mba, hijau dcnya yaaa. Klo mkn rame2 bikin nambah ngga :))

    ReplyDelete
  4. Sama mb lid peralatan dari seng terutama yg cangkir ijo lorek lorek putih itu khas banget buat ngeteh

    ReplyDelete
  5. Wuaaah tinggal pilih makanan yang disuka, seperti model prasmanan gitu ya? Makanannya enak nih sepertinya.

    ReplyDelete
  6. wahh, itu makanannya terlihat lezat-lezat banget :)

    ReplyDelete
  7. Baru denger saya nama warung nasi bancaken,
    Trimakasih infonya mba..kapan-kapan makan di bancaken sama temen

    ReplyDelete
  8. Wiihh.. nikmat dan seru bnget tuh sepertinya mbak... makan bareng2

    ReplyDelete
  9. Penasaran nih Mbak mau makan masakan khas urang Sunda, kapan-kapan bisa nih nyicip ke Warung Nasi Bancakan. Nice info, Mbak

    ReplyDelete
  10. kayaknya rumah makan bancak harus masuk ke daftar tempat yang harus dikunjungi nih....

    makasih atas infonya mba....

    ReplyDelete
  11. wah recomended banget nih :) asik asik, seneng banget wisata kuliner bareng temen. Thanks informasinya mba :)

    ReplyDelete
  12. belum pernah nih makan makanan khas sunda, jadi kepengen

    ReplyDelete
  13. jadi pengen nasi liwet.

    haduuuh harus nyari di mana ieu di Magetan . hheheu

    ReplyDelete
  14. Wah ternyata istilah bancakan ga cuma ada di Jawa

    ReplyDelete
  15. wah kayaknya enak tuh, makanannya bikin saya ngiler

    ReplyDelete
  16. Ternayat merata..inilah Indahnya indonesia. Info yang bermanfaat dan menambah ciri khas yang menyatu.

    ReplyDelete
  17. Saya tinggal di Bogor. Kata2 kalo maen ke Bandung mampir ah hehe

    ReplyDelete