Navigation Menu

Mengenal batik dari kota batik Pekalongan

Sering menggunakan pakaian batik? Sudah kenal dengan dengan batik pekalongan ?

Kota Pekalongan  sama dengan kota batik memang sudah dikenal banyak orang yang berada di Jawa Tengah. Kota ini juga dikenal tidak hanya batiknya saja tetapi juga dipakai sebahai moto kota tersebut yang merupakan singkatan dari Bersih, Aman, Tertib, Indah, dan Komunikatif. 

Batik di pekalongan awalnya merupakan hasil karya masyarakat Pekalongan yang tinggal di pesisir pantai. Warna-warna batik Pekalongan yang cerah dan atraktif membuat saya juga menyukainya. Tidak salah kalau batik pekalongan ini didominasi oleh warna-warna batik pesisir.


Sumber : bajubatikmodernpekalongan.com 

Batik pekolangan saat ini sudah berkembang sangat pesat sehingga banyak diminati oleh masyarakat baik di Indonesia maupun turis mancanegara. Perjumpaan masyarakat dengan berbagai bangsa pada zaman dahulu dan saat ini, menjadi penambah kreativitas seni masyarakat dalam membuat desain, motif dan tata warna batik di Pekalongan. Akulturasi budaya yang ada tersebut menghasilkan produk batik beragam.

Tiap kota memiliki motif dan nama batiknya sendiri, begitu pula dengan batik Pekalongan yang memiliki desain khas. Untuk batik Jlampang yang berciri masyarakat Arab, batik Encim dan Klengenan berciri Tiongkok, batik Liong khas Cina dan batik Pagi dan Hokokai dari Jepang. Kalau teman-teman suka motif yang mana nihi?

Penduduk kota Pekalongan mayoritas sebagai pengrajin batik dan memproses produksinya di rumah. Yang menunjukkan pembuatan batik ini sangat erat dan menyatu dengan kehidupan masyarakat kota Pekalongan. Karena itulah Kota Pekaongan saat inimenjadi salah satu ikon batik yang ikut dalam memajukan perkembangan batik di Indonesia.

Pekalongan juga menjadi salah satu kota kreatif UNESCO dalam kategori crafts & folk art pada Desember 2014 dan memiliki City Branding World's City of Batik.

Jika kita berkunjung ke Pekalongan dan ingin  mengetahui tentang batik, ada beberapa tempat wisata budaya yang bisa kunjungi. Tidak hanya untuk berbelanja saja bukan, tetapi bisa mengenal lebih jauh tentang batik Pekalongan. Tidak perlu khawatir saat berkunjung ke sana ada beberapa hotel pilihan yang bisa digunakan untuk menginap. Untuk mempermudah mencari penginapan bisa melihat melalui situs booking online seperti traveloka.

Hotel yang tersedia dan juga memiliki fasilitas yang beragam serta yang terpenting adalah dekat dengan objek wisata.

Objek wisata yang ada adalah :

1.     Museum  Batik Nasional
Museum yang mempunyai koleksi batik yang lengkap, mulai dari zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Letaknya di Jalan Jetayu yang tidak jauh dari pusat kota dan merupakan gedung kuno bekas balai kota. Cocok nih untuk pengunjung yang ingin mengenal lebih jauh tentang batik Pekalongan.

Gedung megah yang memiliki pintu dan jendela khas Belanda ini sangat banyak dikunjungi wisatawan. Museum ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal saja tetapi juga dari mancanegara. Terbukti bukan kalau batik sudah sanagt terkenal hingga ke luar negeri karena di museum ini ditampilkan prouk batik yang menjadi rujukan Nasional dan Internasional.


Sumber : katawarta.com
Tiket masuk di  museum ini adalah Rp5.000,00/orang. Di museum ini juga disediakan beberapa papan informasi yang bisa menambah pengetahuan kita tentang batik, atau bisa menyewa jasa tour guide untuk menjelaskan mengenaik batik yang ada di sana.

Terdapat juga ruangan yang bisa dilihat mulai dari  koleksi batik, perpustakaan, audio visual, kedai batik dan tempat pembuatannya. Nah kalau mau belajar membuat batik secara langsung bisa mengunjungi tempat pembuatannya, nantinya kita bisa melihat alat dan bahan yang biasa digunakan baik secara manual maupun modern.

2.   Kampung Batik Kauman

Di dekat alun-alun Kota Pekalongan dan Masjid Jami Kauman terdapat Kampung Batik Kauman. Kampung ini ditetapkan sebagai Desa Wisata Nasional oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomo Kratif.

Di sana terdapat pemukiman warga sekitar yang juga menawarkan produk-produk berbahan batik yang lengkap seperti kain, kemeja, tas, sandal dan lainnya. Karena desa ini dapat menjadi tujuan wisata budaya dan belanja, banyaknya wisatawan yang berkunjung menjadikan desa ini memiliki fasilitas umum yang lengkap sepeti hotel dan beberapa rumah makan.

3.   Kampung Batik Pesidon
Lokasi kampung ini berada di Jalan Hayam Wuruk, dekat dengan Pasar Anyar, Kelurahan Pesidon, Pekalongan. Jika Anda dari Jakarta, kampung ini dekat dengan jalur pantura.

Pada jalan utama kampung terdapat tembok yang dihiasi oleh hiasan batik, selain itu di sini terdapat banyak rumah warga yang menjadi butik. Buti tersebut diisi oleh batik-batik khas Pekalongan, Anda dapat melihat langsung proses pembuatan batik dan belajar membuatnya.


Sumber : kompasiana.com
Pengrajin di kelurahan ini memiliki sebuah Paguyuban Pecinta Batik yang diberdayakan oleh Pemerinth Kota setempat. Batik yang dijual para pengraji beragam, baik yang tradisional hingga modern. Harga yang ditawarkan memang agak tinggi dan yang termahal adalah batik tulis. Melihat kualitas batik di kampung ini, harga tersebut sudah tergolong wajar.  

Selain kaya akan batiknya, kota ini pun memiliki beragam kuliner yang dapat Anda coba.  Berbagai macam kuliner khas Kota Pekalongan dapat Anda temui di alun-alun kota.


11 comments:

  1. Pekalongan... Kalo kesana kayaknya kudu kekep dompet takut kegoda borong batik. Haha

    ReplyDelete
  2. Wahhh..aku pecinta batik. Selalu suka batik krn bahannya adem dan nyerep keringat.

    ReplyDelete
  3. Yang paling aku suka dari batik Pekalongan adalah disainnya dan warna yang cerah. Warna-warna hangat itu mungkin karena datang dari fakta bahwa mereka tinggal di sekitar pesisir ya

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah singgah ke tiga tempat di atas, dong. Padahal dekat dari Banjar. 😂😂😂

    ReplyDelete
  5. belon pernah ke Pekalongan tapi batiknya emang cakep2 ya

    ReplyDelete
  6. sejak dulu, kalo dengar nama kota Pekalongan yang ada di pikiran saya pastilah batiknya yang cantik-cantik :)

    ReplyDelete
  7. Kotaku ini...mampir mba...kita belanja batik

    ReplyDelete
  8. Aku pecinta batik, sayang belum pernah ke pekalongan. Kayaknya kalo ke sana bakalan kalap belanja nihh

    ReplyDelete
  9. Waah aku belum pernah ke Pekalongan. Titip satu kalau ke sana ya...hihihi

    ReplyDelete
  10. Batik Pekalongannya cerah2 ya Mba warnanya.. Corak dan desainnya elihatan modis dan gak jadul..

    ReplyDelete
  11. jadi pengen ke museum batik. kayanya seru buat belajar sejarah batik.

    ReplyDelete