Navigation Menu

3 Layanan Pegadaian Ini Membantu Mengatasi Masalah



Saya baru saja keluar dari Pegadaian dan bertemu teman di luar, dia langsung menuduh "habis gadai barang yaaa". Memang gak salah sih pendapat kebanyakan orang mengenai pegadaian karena dulunya identik dengan butuh uang dan menggadaikan barang. Padahal saat ini kita ke Pegadaian tidak hanya untuk menggadaikan barang saja loh, tapi bisa berinvestasi dan menabung.

Sebagaimana visi dari Pegadaian diantaranya adalah memberikan pembiayaan yang cepat dengan mudah dan aman, serta membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan menengah ke bawah untuk melaksanakan usaha lain.

Jadi awal mulanya saya ke Pegadaian adalah saat teman-teman menawarkan arisan uang, biasalah hitung-hitung menabung katanya. Iurannya pun bervariasi mulai 100 ribu sampai ada yang 1 juta. Awalnya sih saya tertarik untuk bayar uang masuk sekolah anak-anak nantinya. Tapi namanya juga arisan tentu saja harus dikocok, kita tidak bisa menentukan bulan apa bisa mendapatkan uangnya. Padahal saya maunya saat butuh bisa dengan cepat mendapatkan dana tersebut.

Cari-cari info lah  yang bisa mengatasi masalah saya tersebut, jawabannya ada di Pegadaian. Lalu saya mengenal kredit emas dan tabungan emas dari Pegadaian, saya pun tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ini.

Pertama ke pegadaian sempat bingung dan malu sejujurnya, padahal buat apa malu ya kalau ingin berinvestasi secara mudah dan dekat pula lokasinya dengan rumah. Berikut pengalaman saya saat melakukan transaksi di Pegadaian.

saya saat melakukan transaksi di Pegadaian

Ada tiga produk dari Pegadaian yang sudah saya gunakan dan sangat membantu dalam mengatasi masalah . Baik untuk mendapatkan dana jika sewaktu-waktu dibutuhkan maupun untuk berinvestasi. Jangan bayangkan investasi dengan nilai besar hingga jutaan atau ratusan juta ya. Di Pegadaian kita bisa berinvestasi mulai dari 500 rupiah.


Kredit Emas

Kredit emas dengan proses mudah dengan waktu fleksibel menjadi alternatif pilihan investasi yang aman untuk kebutuhan masa depan.



Nah dana arisan  yang saya keluarkan selama ini, saat ini dialihkan ke kredit emas saja deh. Jadi sewaktu-waktu ada kebutuhan yang mendesak bisa dengan mudah digunakan. Saya bebas menentukan besarnya logam mulia yang akan dikredit. Asyiknya bisa mulai dari 1 gram loh, wah ini sih hitung-hitung menabung dari sisa uang belanja sehari-hari ya.

Contohnya saya kredit LM sebesar 1gram selama 3 bulan. Untuk tiap kredit kita perlu membayar uang muka terlebih dahulu di bulan pertama, lalu selanjutnya dibulan selanjutnya membayar iuran sesuai dengan lamanya bulan yang ditentukan. Waktu itu harga L 1 gram sebesar Rp.539.241. Setiap bulannya saya harus menyetorkan iuran sebelum tanggal 12. Tapi jika dibulan berikutnya maumenlunasi semua, boleh kok. Tinggal bilang saja sama petugasnya, nanti LM bisa diberikan pada waktu yang sudah ditentukan.


Tabungan Emas - Cara Mudah Punya Emas


Ini adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga terjangkau dan memberikan kemudahan untuk masyarakat berinvestasi emas.




Ternyata di Pegadaian juga ada produk Tabungan Emas. Ini juga bisa dijadikan salah satu cara untuk berinvestasi. Asyiknya tuh kita disini tidak terikat melakukan setoran untuk menabung. Berapapun uang yang kita setorkan akan di konversi langsung dengan gram emas. Hanya dengan menabung kira-kira 5 ribu rupiah kita bisa mempunyai tabungan sebesar 0.01 gram. Untuk lebih jelasnya berikut harga emas per 0.01 gram per tanngal 30 Mei 2016 yaitu :
  • Harga Jual Rp. 5.520
  • Harga Beli Rp. 5.290
Hal baru buat saya menabung yang langsung di konversi dengan emas. Enaknya juga kita tidak perlu khawatir untuk penympanan emas yang dimiliki. Jika ingin mencetak emasnya bisa menghubungi kantor pegadaian. Untuk minimum emas sebesar 5 gram kita baru bisa mencetaknya dengan dua logo pilihan yaitu Antam dan Pegadaian.



Gadai Emas

Nah untuk membuktikan kemudahan gadai emas di Pegadaian saya pun sudah mencoba bertransaksi di sana. Saya menggadaikan satu keping logam mulia sebesar 1gram. Saat itu taksiran per gram sebesar Rp. 496.689. Uang pinjaman Rp. 470.000 dan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 2.000.




Mudah dan cepat transaksinya cukup membawa KTP saja ke pegadaian. Biaya sewa modal 0.75% per 15 hari.

Sahabat Pegadaian

Untuk memudahkan kita memperoleh informasi segala sesuatu yang ada di pegadaian bisa mendownload palikasi Sahabat Pegadaian di play store. Mulai dari harga jual dan beli emas tiap harinya akan terupdate di aplikasi ini.


Kita bisa mereferensikan teman atau saudara untuk menjadi sahabat pegadaian. Keuntungannya kita akan mendapatkan poin jika teman tersebut mendaftarkan dirinya di Pegadaian.

14 comments:

  1. Mau ah kapan kapan nabung emas
    Dulu mas kawin juga masih masuk investasi emas hihi

    ReplyDelete
  2. Saya pernah baca sebuah buku ...
    Pegadaian merupakan salah satu BUMN yang relatif mempunyai kinerja keuangan yang baik ... (bersaing dengan Bank Konvensional)

    salam saya

    ReplyDelete
  3. Aku kalo pas butuh duit segera dan urgen larinya ke PEGADAIAN.. Layanannya cepat dan mudah.. Isi form lalu kita menunggu giliran sebentar.. Setelah diproses maka uang gadai akan kita terima segera.. Memang sesuai dengan mottonya.. Mengatasi Masalah..

    ReplyDelete
  4. Saya ikutan yang program tabungan emas, Mbak. Itung2 buat tabung paksa, kalau ga gini ga kepaksa nabung gitu..

    Btw, sepertinya saya tau nih pegadaiannya...tampak familiar gitu mwehehehehehe


    Met puasa yaa Mba Lidya :)

    ReplyDelete
  5. aku ga sempet uy bikin tabungan emasnya Mbaa..

    ReplyDelete
  6. Sesuai motonya ya bun, mengatasi masalah tanpa masalah :D

    ReplyDelete
  7. Gadai Emas ini Bu yang sering saya gunakan layanannya.

    ReplyDelete
  8. jadi pingin ke pegadaian, secara senang beli LM dari pada emas bentuk. agak risih kalau pake emas kemana-mana. kalau LM kan di simpan aja buat tabungan

    ReplyDelete
  9. hehee dituduh gitu enggak salah ya Mbak, aku juga pernah kikuk sewaktu keluar dari pegadaian, tapi sekarang enggak boleh asal tuduh ya, karena pegadaian kan banyak sekali produk yang ditawarkan ya

    ReplyDelete
  10. Wah mudah ya. Jadi tertarik nih buat investasi. Makasih infonya, mbak Lidya :)

    ReplyDelete
  11. Nah betul sekali tuh buat yang mau lebaran, gadai emas sangat cocok manakala kebutuhan meningkat. Kalau udah lebaran baru diambil lagi.

    ReplyDelete
  12. saya juga ada arisan emas loh Mbak dengan teman2 kuliah. kemarin yg udh selesai 1gr, sekarang pada mulai lagi yg 5gr.
    kebetulan ada teman yg suaminya kerja di Pegadaian, jadi deh pada arisan emas. ada tabungan emas juga, kita nabung sesuai keinginan yg nantinya dikonfersikan ke emas. saya jg udah buat :)

    ReplyDelete
  13. pegadaian, mengatasi masalah tanpa masalah yah Mba Lidya :)

    ReplyDelete
  14. Ah iya ya, pegadaian identik dengan gadai barang, padahal sekarang udah banyak produk lainnya.

    ReplyDelete