Wednesday, May 4, 2016

Investasi Saham Untuk Masa Depan Anak

Saya pernah membaca tulisan teman di blognya yang menulis tentang reportase setelah mengikuti talk show parenting. Salah satu yang menjadi pembicara adalah seorang perencana keuangan dan materi yang disampaikan tentu saja soal pentingnya investasi untuk mendukung pendidikan anak di masa depan.

Ada yang membuat saya mengangguk setuju saat membaca pernyataan dari pembicara yang dikutip oleh teman saya di blognya. Oya, nama pembicaranya adalah Ligwina Hananto. Dalam tulisannya Ligwina bilang, menjadi ibu rumah tangga itu harus cerdas mengelola keuangan. Harus tau apa perbedaan menabung dan berinvestasi, serta berani berinvestasi.


Iya, investasi memang penting. Mengingat laju inflasi yang sangat cepat. Bahkan dari sekarang kita sudah bisa menghitung, kira-kira berapa biaya kuliah anak-anak 10 tahun lagi? 100 juta? 200 juta? Atau bisa jadi jauh lebih besar lagi? Jika menggunakan cara lama, kita bisa menabung setiap bulan untuk biaya pendidikan anak nantinya. Tapi untuk mencapai target tertentu, jumlah yang harus ditabungkan tentu relatif besar.

Misalkan saja, biaya kuliah untuk masuk jurusan kedokteran adalah 300 juta. Berarti mulai sekarang harus menabung sebanyak 2 juta 5 ratus ribu setiap bulannya, supaya 10 tahun lagi bisa sampai 300 juta. Nah, kalau anaknya ada 2, berarti nabungnya 5 juta dong? Berat euy!

Karena itulah investasi bisa jadi pilihan. Ada banyak jenis investasi yang bisa dipilih. Mulai dari investasi pada barang bergerak seperti emas, saham, atau obligasi, sampai dengan investasi pada barang tak bergerak seperti properti (rumah/ruko). Dan tentunya, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Investasi properti misalnya. Kalau dilihat dari harga, properti seperti rumah, apartemen, ruko atau rukan, memang terus menerus naik setiap tahunnya. Namun tetap saja memiliki beberapa kelemahan berupa biaya perawatan dan modal awal yang besar untuk membeli properti. Belum lagi biaya-biya yang harus dikeluarkan saat bertransaksi, seperti pajak dan notaris.



Kita mungkin bisa memilih investasi emas yang relatif kecil biayanya. Harganya juga selalu naik dari tahun ke tahun. Tapi tetap saja ada resikonya, terutama untuk yang suka gatel untuk menjual. Ya, mengingat kebutuhan rumah tangga yang seabreg hehehe.

Pilihan investasi lainnya adalah pada saham atau obligasi. Berbeda dengan emas dan properti, harga saham sangat fluktuatif. Untuk itu kita perlu jeli saat akan membeli saham dan harus memahami kondisi dan situasi apa saja yang mempengaruhi fluktuasi harga. Harus jeli melihat saham mana saja yang menguntungkan, dan mana yang kira-kira akan merugi ke depannya.

Memang sih, inveatasi saham tidak membuat kita harus repot keluar rumah saat bertransaksi. Tinggal nongkrong di depan laptop saja dan bertransaksi secara online. Namun dibutuhkan keahlian dalam melihat kondisi pasar saham. Sedangkan kadang yang namanya ibu rumah tangga suka riweuh duluan. Sudah terlalu crowded ngurusin banyak hal.

Solusinya, jika ingin tetap berinvestasi pada saham, kita bisa membeli polis asuransi. Karena biasanya tim management asuransi akan menginvestasikan dana nasabah ke saham.  Ini jadi keuntungan tersendiri buat kita yang ngga mau repot mengelola sendiri investasi saham. Lagi pula, dengan membeli polis asuransi, kita bisa mendapat manfaat tambahan. Kita bisa memilih jenis asuransi seperti asuransi pendidikan, atau asuransi kesehatan dengan unit link.

Soal resiko, asuransi juga tentu memiliki resikonya sendiri. Misal, perusahaan asuransinya bangkrut, dll. Untuk itu kita harus mempertimbangkan kredibilitas perusahaan asuransi yang akan kita jadikan tempat berinvestasi. di www.futuready.com kita bisa membandingkan semua produk dari berbagai perusahaan Asuransi, dan memilih produk yang terbaik sesuai kebutuhan kita.



ini adalah website broker asuransi online yang memegang licensi resmi dari OJK, juga merupakan salah satu perusahaan asuransi terbaik yang berbasis di Den Haag , Belanda. Semua informasi yang diberikan tidak dipungut bayaran. Selain itu pembaca juga bisa membaca artikel-artikel menarik yang berkaitan dengan asuransi dan keuangan. Membantu masyarakat mengerti tentang asuransi dan memberikan akses yang mudah ke produk-produk asuransi yang ada. Untuk info lebih jelas bisa membuka wesitenya atau melalui Halo Futuready di nomortelpon 021-21884988


12 comments:

  1. Aku juga oenasaran nih soal investasi saham, cuma ya gitu, pusing duluan mau belajarnya. Haha. Emang sih ya, lbh enak ke asuransi aja

    ReplyDelete
  2. Bener banget tuh, perusahaan asuransi kan banyaak, hrs pilih yg management nya bagus

    ReplyDelete
  3. Bener tuh, perusahaan asuransi kan banyak. Harus pikih yg kredibilitas bagus

    ReplyDelete
  4. Aku blm pernah nyoba saham,nih. Buat masa depan Jasmine cucoook yaa, Mbak. :D

    ReplyDelete
  5. Aku pingin nih investas saham tapi gak ngerti-ngerti euy. Butuh penasehat kayaknya.

    ReplyDelete
  6. Sekarang investasi yg lain naik daun memang saham.

    ReplyDelete
  7. Aku sedikit banyak, paham investasi di saham. Suamiku beberapa lembar saham meskipun jumlahnya sedikit, doakan ya semoga bs nambah saham lg :)

    ReplyDelete
  8. Aku belum punya asuransi mbak

    ReplyDelete
  9. Aku klo yg gini2 awam banget Lia, udah sering dijelasin dari mana2 tetep aja ga paham2 :(

    ReplyDelete
  10. Urusan yg ini, biasanya pak suami mba yg ngajarin dikit2 hehee. Mau nyoba liat tkp webnyaaa

    ReplyDelete
  11. wow.. asik nih kayaknya coba futuready!
    iy ya, nabung aja ga cukup buat masa depan anak.. huhu

    ReplyDelete
  12. hmm penasaran jadinya, besok mau cek websitenya deh. makasih ya

    ReplyDelete