Navigation Menu

Pentingnya Tim Pelayanan Kesehatan di Nusantara Sehat



Setiap tanggal 7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan Sedunia. Pada Hari ini Ibu Nila Moeleok sebagai Menteri Kesehatan juga sedang mengadakan Dialog Interaktif kesehatan dengan tema Cegah, Obati, Lawan Diabetes. Ini sih baru salah satu program yang berkaitan dengan kesehatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Masih banyak lagi program kesehatan yang diselenggarakan untuk masyarakat di Indonesia. Baik yang bersifat informasi atau pengobatan secara langsung.


Program lain yang sedang berjalan saat ini adalah Nusantara Sehat yang difokuskan pada pelayanan kesehatan primer dimana akan ditempatkan tenaga kesehatan berbasis tim yang terdiri dari :
  • Dokter Umum
  • Dokter Gigi
  • Perawat
  • Bidan
  • Tenaga Kesehatan Masyarakat
  • Tenaga Farmasi
  • Tenaga Kesehatan Lingkungan 
  • Tenaga Gizi
  • Tenaga Teknologi Laboratorium Medik

Tim Nusantara Sehat ini akan ditempatkan dipelosok Nusantara yang akan disebar diberbagai Puskesmas terpencil di Kabupaten DTPK (Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan) dan DBK. Menurut Ibu Nila Moeleok program ini diharapkan bisa membawa perubahan perilaku masyarakat ke arah yang lebih sehat. Saya jadi ingat isi Undang-undang Dasar Pasal 34 bahwa "Negara bertanggungjawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak".







Jika Aku Tim Nusantara Sehat

Bisa gitu kalau seorang blogger jadi Tim Nusantara Sehat? Bisa banget kalau menurut saya. Ikut bersama Tim Nusantara Sehat ke Pulau Belakang Padang yang terletak di Batam. Seperti dalam postingan Eyang Anjari yang akan mengajak Blogger ke sana.

Sesuai dengan profesi saya sebagai blogger tentu saja ingin menyampaikan informasi pendaftaran Nusantara Sehat. Mengimbau pada para dokter dan tenaga lainnya yang diperlukan di Puskesmas daerah terpencil yang ingin berpartisipasi dalam program ini untuk mendaftar.

Saya ingin melihat betapa besar andil tenaga ahli ini untuk mewujudkan Masyarakat yang sehat. Pekerjaan mereka yang begitu mulia jauh dari keramaian ibu kota. Yang saya tahu menuju ke Pulau Belakang Padang itu dari Batam kita harus menaiki Perahu Pancung kurang lebih 15 menit.

Pelayanan kesehatan di saat darurat juga sangat penting sekali perannya, karena erat hubungannya dengan pertolongan pertama pada pasien. Apalagi fokus Tim Nusantara Sehat ini punya empat prioritas yaitu :

  1. Penurunan angka kematian ibu dan bayi
  2. Perbaikan Gizi masyarakat
  3. Pengendalian penyakit menular
  4. Pengendalian penyakit tidak menular seperti Hipertensi, Diabetes melitus, Obesitas, dan kanker

Hanya ada satu puskesmas di pulau kecil tersebut, jika membutuhkan bantuan lebih lanjut masyarakatnya harus ke Rumah Sakit di Batam. Untuk itulah dibutuhkan Tim Nusantara Sehat agar bisa meningkatkan pelayanan Puskesmas dan memiliki tenaga kesehatan yang standar. Juga mengedukasi masyarakatnya agar bisa hidup lebih sehat lagi. 

Mudah-mudahan Tim Nusantara Sehat yang sedang bertugas di sana selama dua tahun akan senang dengan kunjungan kami. Kami tidak segan untuk turun serta membantu mereka untuk memberikan informasi terkait kesehatan. Karena saya tahu ini bukan perjalanan untuk bersenang-senang sudah waktunya saya ikut serta di dalam kegiatan sosial secara nyata.

Apapun Keahlian kita bisa kok membantu siapa pun dalam urusan kesehatan dari contoh yang termudah saja. Misalnya cara mencuci tangan yang benar, lalu kapan sih seharusnya kita wajib mencuci tangan. Dari hal-hal macam ini saja masih banyak masyarakat yang kurang informasi. Walau sedikit yang kita berikan tapi bisa berdampak besar untuk kesehatan masyarakat. Dari kesehatan masyarakat ini tentu saja sebuah negara akan berkembang dengan baik.

Semoga silaturahmi kami para Blogger dengan Tim Nusantara Sehat dan masyarakat Pulau Belakang Padang bisa menghasilkan suatu hal yang berguna.

Untuk informasi mengenai pendaftaran Tim Nusantara Sehat bisa melalui  :


16 comments:

  1. Semoga mba Lid bisa jadi perwakilan Blogger jadi Tim Nusantara Sehat

    ReplyDelete
  2. Mbak lid, semoga kita bisa bareng kesana yaa *ngarep* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah seru anget kalo kita kepilih ya mbak. Aku sih pasrah aja apapun hasilnya

      Delete
  3. Skrg dokter PTT gak ada lagi ya, digantikan dengan program tim nusantara sehat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkn masih ada pak, saya kurang paham kalau dokter PTT

      Delete
  4. Mbak Lidya, semoga ada rejeki bisa ke Belakangpadang ya...
    Saya kok bacanya Belakangsingapura ya? Hahaha

    ReplyDelete
  5. Mbak Lidya daftar juga untuk tim nusantara sehat? Waaah...keren2! Semoga berhasil ya Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama daftar ya mbak? good luck ya

      Delete
  6. Mauuuu daftaaaarrrrr..
    Tapi gimana resign dri kerjaan ya...
    :D

    ReplyDelete
  7. saya langsung deg2 seeerrr baca pengumumannya eyang anjari (sok kenal hihihi), pingin ikut daftar juga :D sayang waktunya mepet banget :(
    smoga kepilih ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapapun yg terpilih sudah rezekinya ya mbak

      Delete
  8. Aamiin...

    semoga mbak lid bisa turut jadi tim nusantara sehat
    *btw, sebagai sesama blogger, saya salut dengan dedikasi n semangat dari mbak lid untuk menyebarkan kesehatan melalui blog

    ReplyDelete