Saturday, March 26, 2016

# aplikasi

Solusi Belajar dari Ruangguru

"Belajar apapun dari siapapun - Ruangguru"

Muhammad Iman Usman, usia boleh muda tapi prestasinya segudang. Beliau adalah co-founder dan CEO Ruangguru.com yang konsen sekali pada pendidikan di Indonesia. Saya bertemu dengan Iman Usman pada acara gathering launching aplikasi RuangGuru pada hari Rabu 23 Maret 2016 lalu di Resto Omah Sendok, Jakarta.


Kedatangan saya dan teman-teman dari KEB disambut langsung dengan ramah oleh tim dari Ruangguru. Bahkan foundernya pun tak segan untuk menyapa dan mengajak kami ngobrol. Hal seperti ini lah yang membuat tidak ada jarak antara kami. 

Selama ini saya suka membuat rangkuman atau soal-soal untuk digunakan oleh anak-anak saat belajar. Rangkuman tersebut saya simpan dalam sebuah blog, maksudnya sih supaya bisa belajar dimana pun berada saat dibutuhkan tanpa harus membawa banyak buku. Kendalanya adalah saya harus punya referensi dari beberapa buku untuk membuat soal-soal tersebut. Otomatis harus membeli buku ya :). 

Dari gathering ini saya tahu adanya ruangguru.com yang bisa membantu siswa maupun orang tua dengan memanfaatkan fasilitas bank soal yang ada disana. Wah ini mempermudah saya untuk mengajarkan anak-anak belajar di rumah. Tapi ada kalanya saya tidak menguasai semua mata pelajaran dengan baik. Salah satu solusinya adalah mencari guru private atau memasukkan ke lembaga kursus atau bimbingan belajar.

Banyak orang tua yang memberikan les tambahan pada anak-anaknya untuk meningkatkan kemampuan belajar si anak. Dalam mencari guru private biasanya berdasarkan referensi teman atau kerabat dari mulut ke mulut, atau dari iklan.

Waktu memilih kursus sebagai orang tua harus memperhatikan hal berikut ini :
  • Satu guru mengajar berapa banyak murid. Ini penting kalau terlalu banyak anak yang sedang diajarkan bisa tidak fokus.
  • Orang tua harus mengetahui kualifikasi dari guru tersebut.
  • Orang tua mau tahu progress belajar si anak sampai mana, otomatis harus ada monitoring. 
Tidak semua tempat kursus bisa memberikan hal penting diatas. Untuk itulah Ruangguru bisa memberikan semua pada orang tua yang mendaftarkan anaknya melalui guru private yang sudah disediakan. Semua guru private di Ruangguru sudah terverifikasi, tidak semua bisa mengajar di sini. Kentungannya orang tua juga bisa memilih apakah guru tersebut cocok untuk mengajarkan anaknya atau tidak. Jadi intinya Ruangguru.com memberikan fasilitas pendidikan alternatif untuk melengkapi pendidikan di sekolah melalui penyediaan guru private, tes online, dan kumpulan bank soal.

Tidak hanya mata pelajaran sekolah yang disediakan di sini ada pula pelajaran keterampilan seperti les piano, gitar, programming, Web Design, Mengaji dan lainnya.


Mengenal Ruangguru

Website ini tempat bertemunya guru dan murid untuk belajar mata pelajaran tambahan sesuai dengan kesulitan masing-masing. Seperti taglinenya belajar apapun dari siapa pun. Di sini kita memilih mata pelajaran yang diinginkan dan waktu yang lebih fleksible karena bisa diakses secara online.

Pertama kali dipublish pada bulan April 2014 sebagai layanan pendidikan berbasis teknologi di Indonesia.  Keuntungannya menggunakan Ruangguru adalah :
  • Bisa mengakses ribuan bank soal secara gratis
  • Mendapatkan data dan analtik pendidikan berbasis data dan teknologi
  • Bisa tahu fokus kelemahan dan kelebihan saat mengerjakan soal-soal
  • Mendapatkan laporan dalam segi waktu, peringkat atau poin.
Untuk siswa-siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional bisa mencoba test  di Ruangguru ada layanan tes online. Ada banyak soal yang disiapkan sesuai dengan jenjang pendidikan yaitu SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jangan lupa untuk melakukan registrasi dulu ya sebelum mengenrjakan soal-soal secara online.

Saya mengambil contoh untuk bank soal kelas 6 SD, disini ada mata pelajaran Matematika, IPA Gabungan, dan Bahasa Indonesia. Tiga mata pelajaran ini adalah yang diujikan saat Ujian Nasional nanti.


Selain bisa mengerjakan soal-soal secara online, siswa juga bisa melihat dan mereview hasil dari tes yang sudah dikerjakan. Bisa terlihat berapa banyak soal yang dikerjakan secara benar dan salah. Dari situ siswa bisa lebih fokus untuk belajar pada bagian yang kurang dikuasai.

Jadi intinya Ruangguru memberikan fasilitas pendidikan alternatif untuk melengkapi pendidikan di sekolah melalui guru private. 


Aplikasi Ruangguru

Saat ini Ruangguru sudah meluncurkan Aplikasi Ruangguru Versi Beta yang bisa di download pada Google Play. Aplikasi ini dibuat agar guru dan murid bisa terhubung secara instan. Pada Gathering tersebut kami berkemsempatan mencoba aplikasi tersebut dengan mengirimkan foto soal matematika untuk dipecahkan oleh guru yang akan terkoneksi dengan kita.

Kita bisa mengirimkan soal sesuai jenjang pendidikan dengan mengunggah foto soal yang dimaksudkan. Beri pesan tambahan dimana kesulitan kita saat menjawab pertanyannya.




Setelah mengirimkan soal kita bisa menunggu guru yang akan terkoneksi dengan kita untuk menjawab dan memaparkan cara mengerjakan soal-soal. Oh ya semua guru private yang ada di Ruangguru dilarang memberikan hanya jawaban soal saja, tetapi menjelaskan terlebih dahulu. Ini dimaksudkan agar siswanya tidak malas belajar dan mau terima jadi saja tanpa mau berfikir. Tujuan les private agar tahu dan bisa mengerjakan soal-soal, bukan meminta jawaban.



Pada box chat seperti ini lah guru dan siswa akan berkonsultasi tentang soal yang ditanyakan. Berhubung aplikasi ini masih Beta dan kita bisa menggunakan secara gratis hingga 15 April 2016. Selanjutnya aplikasi ini berbayar. Tapi tidak usah khawatir untuk bank soal masih bisa diakses secara gratis di web Ruangguru.

Guru-guru yang mengajar sudah melalui proses seleksi, dan mereka lulusan dari Universitas terkemuka yang ada di Indonesia juga luar negeri. Guru-guru di sini tidak harus berbasis pendidikan guru saja karena itulah perlu seleksi untuk melihat cara mengajar baik secara online maupun offline. Pintar saja tidak cukup kalau tidak bisa menyampaikan pelajaran kepada siswa. Saat ini sih aplikasi ini hanya bisa dilakukan di hari kerja jam 6 pagi hingga 10 malam, tetapi kedepannya akan bisa dihubungi kapan saja.


35 comments:

  1. Saya barusan dari sana mba Lidya, belum masuk banget sih tapi tampilannya udah nyaman.
    Dulu sewaktu ngajar cukup sering kami diminta mengakses web ajar, biasanya yang terjadi loadingnya yang kurang nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoag terus diperbarui dan user friendly ya mbak

      Delete
  2. wah asyik nih ada ruang guru, apalgi ada box chatnya, bs tanya2 langsungmah ini ya mbk lid.makin optimis daku mah, pendidikan di indonesia bakal melesat cepat, amin sip sip, tengkiu infonya yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mbak Dibantu dan di dukung orang tua juga ya di rumah

      Delete
  3. Jadi ruang guru ini memberikan kemudahan untuk pra siswa dan orangtua ya MBak, dengan hadirnya aplikasi ini, bisa nyoba soal dari bank soal pula. Kereen

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku udah coba-coba jawab soal di bank soal

      Delete
  4. wah keren sekarang, les aja ada aplikasinya. Tapi anak2 jaman sekarang apa gak stress ya sama sistem pengajarannya, kayaknya berat banget belajar terus. Jaman aku dulu sekolah perasaan buat main2 ketemu temen aja, abis itu pulang sekolah main lagi sama temen2 di rumah hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak juga sih mbak, sebenernya mainnay juga banyak :)

      Delete
  5. Untuk bank soal ngebantu banget soalnya ga perlu beli buku bank soal hehe 😆 .

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget gak usah beli buku, dan mikir bikin soal-soal

      Delete
  6. Infografis terakhirmu keren Lidya. Top markotop.

    ReplyDelete
  7. Ini bisa buat persiapan ujian ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak buat persiapan ujian, mempermudah kita sebagai orang tua juga untuk cari soal-soal

      Delete
  8. Cocok nih ya buat yang homeschooling. Coba intip ahh. (Mba Lid komen sebelumnya hapus aja, ada typo, terlanjur klik publish hihi).

    ReplyDelete
  9. kalau ngga salah baca tadi siang baca review Ruang Guru yang kekinian deh, langsung saya suruh anak gadisku download aplikasinya, bagus buat siswa berselancar cerdas di ruangguru.com teh nih kayanya mah

    ReplyDelete
  10. Lembaga pendidikan sebaiknya mempunyai situs. Demikian pula gurunya. Dengan situs atau blog maka guru bisa membuat pelajaran online yang bisa diakses oleh muridnya. Maklum, siswa kadang takut bertanya ketika di kelas.
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  11. Seruu saya mau nyoba buka bank soalnya ah buat anak latihan di rumah. Terima kasih infonya mbak Lidya :)

    ReplyDelete
  12. Klao guru nya cakep2 bikin betah yaaa hahaha

    ReplyDelete
  13. Ini canggih banget konsep nya. Kalau Naeema sudah sekolah bisa jadi bahan rekomendasi nih. Makasih share nya ya Mba Lid.

    ReplyDelete
  14. Foundernya masih muda ya, jadi kepengen nyoba bank soalnya juga nih, lumayan buat nyicil ujian nanti

    ReplyDelete
  15. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Lidya.... saya turut teruja mengetahui situs ini. Satu platform yang bagus dan berguna untuk mencapai informasi dunia pendidikan secara cepat. Satu dari bakti para guru untuk memudahkan pengajaran guru sebagai referensi dan juga anak-anak didik yang bakal menduduki ujian. Mudahan usaha ini menjadi contoh kepada guru lain yang mempunyai hasrat yang begitu tinggi dalam dunia keguruannya. Salut buat team Muhammad Iman Usman. Salam manis dari Sarikei, Sarawak.

    ReplyDelete
  16. asik ya jadi anak sekolahan sekarang, serba digital :)

    ReplyDelete
  17. Udah sering liat ruang guru ini di dunia maya. Tp blom smpt mampir.
    Btw itu infografisnya hasil belajar sm Uchan dah dipraktikin ya man Lid...
    Kereeen.
    Aku blom praktik.
    Trialnya sdh berakhir. Install dr cd-nya blom berhasil gak tahu kenapa nih. Bingung hehehe

    ReplyDelete
  18. wah, tetiba aku juga pengen jadi guru mbak, asik, seru dan bermanfaat ya profesi inj...

    ReplyDelete
  19. Wah baru tahu kalau ada web seperti ini
    Capcus ahh ke tkp biar greget
    Hehehe...

    ReplyDelete
  20. Salut bangeeet sama Mas Muhammad Iman Usman :)

    ReplyDelete
  21. ruang guru nih asyik yaaa..banyak pelajaran dan ilmunya pastinya

    ReplyDelete
  22. praktis banget ya aplikasi ruang guru ini, terus terang aku juga suka kebingungan kalo ditodong pelajaran jaman sekarang :)

    ReplyDelete
  23. Kalau di Jawa masih mudah dpt guru pembimbing. Tapi waktu di Pekanbaru sulit bgt, website ini pasti sangat berguna.

    ReplyDelete
  24. Aplikasi ini, jadi bikin tambah semangat belajar ya

    ReplyDelete
  25. Wah. Infografisnya membantu sekali. Jadi pengen daftar guru disini..tapi harus domisili Jabodetabek tyt...

    ReplyDelete
  26. Salam kenal dari Ruangguru.com
    Terima kasih telah menulis tentang kami dalam blog ini. Tulisannya sangat bagus, rapih dan berisi. Semoga layanan dari kami dapat membantu dan bermanfaat bagi pendidikan di Indonesia. :)

    ReplyDelete