Sunday, March 13, 2016

# reportase

Muda Kreatif Peduli - Sarasehan #3

Sabtu pagi, 12 Maret 2016 sekitar 1000 pelajar dari berbagai sekolah di Jakarta Timur berkumpul di Aula kantor Walikota Jakarta Timur. Event Sarasehan #3 ini terselenggara atas kerjasama antar TDB (Tau Dari Blogger) dan KOPI (Koalisi Online Pesona Indonesia) serta menggandeng Maxima Pictures dengan mengangkat tema Menjadi Teladan Adalah Ibadah - Muda Kreatif Peduli.



Melihat antusias pelajar perwakilan dari PMR masing-masing sekolah jadi ingat masa sekolah dulu. Walaupun saya tidak tergabung dalam ekskul PMR tapi rasanya ada banyak perubahan yang baik didalamnya. Apalagi saat ada kuis yang harus dijawab seputar PMI dan PMR mereka semua rebutan menjawab. Berarti bukan hanya tergabung sebagai PMT saja tetapi tahu sejarah dan latar belakangnya. Apalagi saat mereka melakukan yel-yel semangat sekali. PMR ...Jaya... PMI...Keren.

Marsha Idol membuka acara dengan menyanyikan lagi "Aku Pasti Bisa" dan "Butiran Debu" yang diikuti oleh semua pelajar. Pada kesempatan itu hadir pula Bapak HR Krisdianto, Pengurus PMI Jakarta Timur, Ibu Yeni perwakilan dari Walikota Jakarta Timur, Acha Septriasa, Adhitya Mulya, dan Mas Ody dari Maxima Pictures.

Ibu Yeni berharap dari adik-adik pelajar yang hadir di sana bisa menjadi duta PMI. Bisa menjadi volunteer dan menginformasikan pada orang terdekat. Menjadi volunteer bisa berkontribusi melalui keahlian masing-masing. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk mengkampanyekan tentang pengesahan RUU Kepalangmerahan. Juga diserahkan kartu relawan PMI kepada perwakilan yang ada di sana.

Salah satu yang mendapatkan kartu relawan adalh Acha Septriasa yang berperan di film Sabtu Bersama Bapak. Film yang diambil dari novel berjudul sama karya Adhitya Mulya ini bercerita tentang sebuah keluarga yang khilanagn bapakknya sebagai kepala keluarga. Agar tidak kehilangan sosok ayah, dibuatlah video untuk anak-anaknya. Video tersebut bisa disaksikan setiap sabtu ketika sang ayah sudah meninggal. Film yang bisa disaksikan di bioskop Agustus 2016 ini juga mengajak penonton untuk menonton film original bukan bajakan. Film yang menginspirasi untuk orang tua, seperti apa sih kita untuk anak-anak.

Ada pengalaman dari Acha sebelum menjadi aktris seperti sekarang. Dulunya Acha suka sekali berdeklamasi, hingga neneknya menyarankan untuk mengikuti lomba Bahasa Indonesia. Menurut Acha dari kecil harus punya cita-cita dan goal agar punya tujuan dan bisa tercapai cita-citanya. Acha juga berkeinginan mendirikan skolah Acting, untuk itulah dia terus belajar untuk mendapatkan sertifikasi. Just be Yourself itulah motto dari Acha. Di akhir acara ada sesi foto selfie bersama acha dan pelajar yang hadir.

Inti dari sarasehan ini adalah sebagai pemuda yuk untuk menjadi volunteer dai PMI sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Berbagai dengan sesama.




18 comments:

  1. Acara yang bagus untuk anak muda ya mba..

    ReplyDelete
  2. Jaman SMA aku dulu aktif di PMR mak, sekarang ilmunya ilang semua :(

    ReplyDelete
  3. Di Palembang sudah ada juga lho komunitas KOPI.. semoga deh bisa kerjasama kayak ini juga nantinya..

    ReplyDelete
  4. Senangnya ya Mba bisa ikut event seperti ini... menjalin silaturahmi dan menambah wawasan ya tentunya..

    ReplyDelete
  5. Anak muda jaman sekarang memang harus dipacu terus agar makin berkualitas ya. persaingan sudah demikian ketat saat ini.

    ReplyDelete
  6. Wah, keren banget acaranya. Aku kok tertarik dengan Sabtu Bersama Bapak nya, ya :))

    ReplyDelete
  7. Keren acaranya ini Mbak Lid. Pesertanya banyak banget dan bahagia ya Mbak lihat begitu banyak pemuda mau jadi relawan PMI dan menunjukkan kepedulian...

    ReplyDelete
  8. tag line nya keren, menjadi teladan adalah ibadah, nah ini saya tahu dari blogger, dari mbak lidya :)

    ReplyDelete
  9. Jadi teringat dulu waktu sekolah di Jombang pernah ikut PMR.

    ReplyDelete
  10. Wah beruntung ya blogger Jakarta ketemu artis terus.

    ReplyDelete
  11. Andai murid-muridku bisa berkesempatan seperti mereka...ngarep.com

    ReplyDelete
  12. PMI makin oke nih. kumpul sama anak2 sekolah ya, asyik berasa muda atau malah berasa tua ya mbak hehe

    ReplyDelete
  13. Saya jg dl ga ikut pmr hehe, tp seru nih acaranya...

    ReplyDelete
  14. kece. Muda dan berkarya, memang harusnya gitu :D

    ReplyDelete
  15. aku juga anak muda siyap jadi volunteer mbaa lid :v

    ReplyDelete
  16. dari dini mereka memang sudah harus dibuka wawasannya tentang pentingnya PMI ini. saya juga salah satu yg mendukung RUU ini.

    ReplyDelete
  17. Wah, Acha mau buka sekolah acting. Sukses buat Acha dan semoga impiannya tercapai.

    www.aloha-bebe.com

    ReplyDelete
  18. Hehe...jadi inget anak anak saya waktu mrk masih aktif. Kegiatan yg banyak berdampak positif di keseharian .

    ReplyDelete