Navigation Menu

Menikmati Wisata Candi di Yogyakarta

Menikmati wisata di kawasan Malioboro, Yogyakarta sudah biasa. Namun, jangan hanya ke Maliboro, ada banyak lokasi wisata yang harus kamu kunjungi ketika teman-teman datang ke Kota Yogyakarta, seperti kawasan candi kalasan, candi sari dan istana ratu boko.

Beberapa kalangan sudah banyak yang tahu tentang lokasi wisata atau tempat yang menarik ini. Namun, jika belum tahu, bisa mencobanya ketika berwisata ke kota gudeg ini. Meskipun Yogyakarta memiliki banyak destinasi wisata alam, budaya dan sejarah, Yogyakarta juga memiliki lokasi wisata peninggalan para kerajaan terdahulu, seperti candi kalasan, candi sari dan istana ratu boko.

Candi Kalasan

Candi Kalasan (sumber : www.candi.web.id)

Candi Kalasan merupakan salah satu candi yang ada di kawasan Prambanan, tepatnya jalan Yogya-Solo. Candi Kalasan juga dikenal dengan sebutan candi Tara. Candi ini menjadi salah satu candi tertua agama Budha yang ada di Yogyakarta.  Candi ini masih berada dalam satu kawasan dengan Candi Prambanan dan candi sewu. Menurut sejarah, candi ini dibangun oleh orang yang sama dengan candi Borobudur, yaitu Rakai Panangkaran. 

Candi Sari
Selain candi Kalasan, masih ada beberapa candi yang berada dalam satu kompleks dengan candi yang ada di Prambanan, yaitu  candi Sari. Lokasinya tidak jauh dari candi Kalasan, namun tidak terlalu dikenal karena letaknya memang cukup jauh dari area candi-candi lainnya. Selain itu candi ini juga langsung berbatasan dengan pemukiman penduduk.

Candi Sari (sumber : yogyakarta.panduanwisata.id)

Karena banyak candi-candi yang berada di kawasan Prambanan, membuat beberapa candi jarang dikunjungi, karena pengunjung harus berjalan kaki untuk melihat candi tersebut satu per satu. Namun, meskipun demikian, candi ini memiliki keindahan arsitektur bangunannya. Jika ada beberapa bangunan yang masih belum sepmurna, candi ini telah berdiri tegak dan dibangun sempurna.

Istana Ratu Boko

Satu lagi kawasan candi yang tidak boleh dilupakan ketika berkunjung ke Yogyakarta, yaitu Istana Ratu Boko. Istana ratu boko merupakan salah satu bangunan candi megah yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, tokoh yang berperan dalam pembangunan candi Borobudur, sekaligus keturunan dari Wangsa Syailendra. Istana ratu boko terletak atau dibangun di atas bukit dan sebelumnya bernama Abhayagiri Vihara atau bukit kedamaian.

Tempat ini dahulunya dijadikan sebagai tempat untuk menyendiri atau menyepi, ritual menjauhkan diri dari hingar bingar dunia dan memfokuskan pada sang pencipta. Jika dilihat dari suasana Istana Ratu Boko ini, kamu memang akan mendapatkan kedamaian dan ketenangan hati, karena lokasinya yang begitu sejuk dan jauh dari polusi kota. Selain itu, dari tempat ini kamu pun bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dan kawasan Candi Prambanan.


Istana Ratu Boko (sumber : www.yukpiknik.com)

Untuk menikmati wisata ini, kita bisa mendapatkan tiket yang sepaket dengan tiket masuk di kawasan candi Prambanan, ataupun membeli tiket secara terpisah. Sensasi yang ditawarkan adalah wisata sejarah, seolah melihat kembali kejayaan kerajaan-kerajaan terdahulu dan sedikit membayangkan jika kamu menjadi seorang ratu di istana ataupun seorang raja.

Lokasi wisata ini berada di area yang memiliki luas 250.000 m persegi yang dibagi menjadi beberapa tempat, yaitu kawasan barat, timur, tengah dan tenggara. kamu bisa menikmati perbukitan di kawasan barat, sedangkan kawasan timur, kamu bisa menikmati kolam, Stupa Budha dan kompleks gua. Di kawasan tengah, kamu bisa menikmati candi pembakaran, batu berumpak, lapangan, paseban dan kolam. Sedangkan di kawasan tenggara, kamu bisa menikmati Balai, Pendopo, Keputren dan kolam.

Akomodasi murah yang dekat dengan tempat wisata di atas
Tertarik untuk berwisata ke tempat-tempat seru di Jogja ini? Kalau iya, sebaiknya juga merencanakan untuk bermalam di hotel atau penginapan yang lokasinya strategis atau dekat dengan tempat-tempat tadi. Karena untuk memudahkan kamu dalam hal transportasi.

Kalau tidak berencana untuk bermalam di hotel berbintang yang mahal, sebaiknya kamu bermalam di hotel budget. Salah satu hotel budget yang murah, lokasinya strategis dan fasilitasnya memadai adalah hotel Airy Kalasan Sleman Yogyakarta yang terletak di Jl. Raya Yogya-Solo KM. 14, Kalasan, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571.


Kamar Hotel Airy Kalasan Sleman Yogyakarta (sumber : airyrooms.com)

Lokasinya sangat strategis, hanya berjarak 300 meter dari Candi Kalasan, 900 meter dari Candi Sari, dan 1,9 km dari Istana Ratu Boko. Kita bisa jalan kaki untuk mengunjungi tempat-tempat seru tadi, sembari berolahraga sedikit.

Selain lokasinya strategis, harganya juga murah. Hanya 353 ribu Rupiah saja, Tamu akan mendapatkan fasilitas AC, wifi, air minum gratis, TV layar datar, dan harga juga sudah termasuk sarapan. Bagaimana? Murah tapi fasilitasnya cukup memadai bukan? Cara pesannya bisa langsung hubungi nomor telepon atau whatsappnya Airy saja.


Sumber : airyrooms.com


Lumayan kan? Tinggal jalan kaki ke tempat candi-candi tadi dan bisa liburan murah bersama keluarga atau teman-teman.

14 comments:

  1. candi ratu boko kayanya perlu dicoba nih

    ReplyDelete
  2. di Sidoarjo juga ada candi Mbak, tapi ya bentuknya nggak sebagus ini, masih belum dipugar atau belum terawat gitu :((

    ReplyDelete
  3. Huaaa mau banget ke candi di Jogja. Meski beberapa kali ke Jogja tapi nggak pernah ke candinya hiks

    ReplyDelete
  4. candinya banyaaaak..apalagi hotelnya :)

    ReplyDelete
  5. Wah bisa ya mbak beli tiket untuk wisata candi sepaket. Aku pgn deh ke Yogya lagi jalan2nya sampai puas. Nanggung melulu biasanya.

    ReplyDelete
  6. candi kalasan udah pernah saya kunjungi 1996 lalu :)
    ini saya masih penasaran sama candi ratu boko yang konon bertuah gitu...

    *efek baca majalah misteri

    ReplyDelete
  7. Udah pernah ke Candi Kalasan. Yang lainnya belum :) Bisa jadi alternatif tempat nginap nih kalau ke sana lagi.

    ReplyDelete
  8. Tidak jauh dari ketiga tempat tersebut, ada candi yang kini sering dipake foto kekikinian, yaitu Candi Sambisari :)

    ReplyDelete
  9. Aku pernah ke Kalasannya, tapi ndak ke candinya Mbak,

    ReplyDelete
  10. kadang kalau sudah di kamar hotel yang enak jadi males kemana mana. ini alasan pakai hotel murah, biar mudah ninggalin hotel dna jalan2 hihi

    alasan ngga jelas mah kalau ini

    ReplyDelete
  11. Salah satu kota yg dari dulu ingin saya kunjungi dan ndak pernah kesampaian hingga sekarang adalah kota yogyakarta..

    ReplyDelete
  12. Dibawah 400, murah itu apalagi kalo lokasi strategis, dan sepertinya enak ya kamarnya.

    ReplyDelete
  13. Aku pemalas. Jadi kalau ke candi gak mau jalan kaki, naik kereta odong2 wkwkwkkk

    ReplyDelete
  14. wow keren ya! Indonesia memang penuh dengan keanekaragaman, cek disini Beautiful Indonesia untuk lihat keanekaragaman Indonesia lainnya ya

    ReplyDelete