Wednesday, February 10, 2016

# review

Tips Memilih AC Sesuai Kebutuhan

Kayanya saat ini hampir setiap rumah mempunyai alat pendingin ruangan atau AC ya. Sudah menjadi kebutuhan kebanyakan orang, apalagi cuaca yang panas membuat tidak nyaman. Memang sih ada pro kontra dalam penggunaan AC ini. Selain memerlukan listrik yang otomatis tagihan akan bertambah. Pemakaian AC juga bisa meningkatkan global warming.

Kalau urusan irit biasanya saya hanya menggunakan AC di malam hari saja agar tidur lebih nyaman. Siang hari bisa menggunakan kipas angis :). Ada rencana untuk mengganti AC yang sudah tua dimakan waktu. Jangan-jangan AC tua ini yang bikin tagihan listrik membengkak. 




Sebelum membeli AC saya sudah membandingkan AC dari berbagai merk yang sesuai dengan kebutuhan. Tips memilih AC sesuai kebutuhan saya antara lain :
  1. Merk terpercaya
  2. Harga yang sesuai
  3. Watt yang kecil sehingga pembayaran listrik tidak membengkak
  4. Memiliki kemampuan menghilangkan bakteri
  5. Ramah lingkungan

Berikut berbagai macam jenis spesifikasi dan harga AC yang ada di Indonesia.

Merk sanyo

Merk ini sudah saya kenal sejak kecil. Saat ini sanyo terus mengembangkan berbagai macam teknologi dan kemampuannya untuk ikut bersaing di dunia pasar air conditioner, beberapa referensi spesifikasi Sanyo yang ada
  • Sanyo SAP-K5AG, memiliki teknologi microprocessor control, dengan kecepatan 3kipas, dan memiliki tegangan listrik maksimal 560w, dibanderol dengan harga sekitar 2,5 juta sampai 3 juta.
  • Sanyo SAP-KC57GAX, teknologi ini sedikit lebih unggul, dengan kemampuan UVD nya membantu menghilangkan bakteri pada sekeliling ruangan Anda, mampu memancarkan udara yang baik dan menghilangkan debu-debu penyebab alergi pada manusia. Tegangan yang diperlukan sebesar 320-340watt, dibanderol dengan harga sekitar 3juta-an.


Merk sharp

Sharp adalah produk Jepang yang banyak diminati oleh sebagian orang, merk ini pun terus bersaing dalam produk AC nya dengan teknologi terbarunya, seperti:
  • Sharp AH-AP5MHL, disebut juga sebagai sayonara seri ketiga, memberikan ion-ion positif untuk membantu memaksimalkan kebersihan lingkungan ruangan , dengan teknologi jetstrea, ion plasma cluster nya membutuhkan tegangan hingga 330 watt, dibanderol dengan harga sekitar 2,5 juta-an.
  • Sharp AH-AP5MSL, teknologi ini diatas AP5MHL, dengan teknologi tingkat kelima, sehingga fasilitas digitalnya semakin lebih banyak dari seri sebelum-sebelumnya, membutuhkan watt 330 watt, dibanderol harga 3 juta-an.


Merk LG

Merk yang paling sering memberikan slogan ringan listrik, hemat listrik, dan bersahabat dengan lingkungan. Berikut spesifikasi teknologi yang dikeluarkan produk ini:
  • LG S05iCEX, harga AC yang termasuk tertinggi untuk produk LG. Merk ini disebut juga sebagai AC terminator, karena teknologi yang diberikan pada seri ini adalah “anti nyamuk”, wajar jika nama tersebut diberikan, karena memberikan keunggulan untuk membantu mengusir nyamuk pada sekeliling ruangan. Watt yang diberikan oleh produk ini sangat ringan hanya 300 watt, dibanderol dengan harga sekitar 3,5 juta-an.
  • LG LG So5LPBX-R, LG Hercules yang didesain bodi mini, tetapi segi kualitas menjadikan ruangan  terisi udara yang sejuk, serta barang ini awet dan kuat seperti namanya “Hercules”, untuk tegangannya paling rendah dari produk lain yaitu 260 watt, harganya dibanderol sekitar 2,5juta-an.
  • LG SO5LT, memiliki harga yang ringan sekitar 2juta-an, dari segi desain memang biasa, tetapi fasilitas yang diberikan adalah teknologi jet cool dan deodorizing filter, sehingga udara yang dihasilkan bisa memberikan ketahanan suhu yang stabil dan sejuk. Tegangan yang dibutuhkan sekitar 390 watt, cukup tinggi dari beberapa produk LG yang lain, tetapi dari segi tekanan, tidak akan mengecewakan.


Itulah beberapa informasi mengenai harga AC beserta dengan spesifikasi serta ulasan yang dapat membantu dalam mencari AC murah  atau paling tidak yang bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.


25 comments:

  1. aseg, dpet ilmu lg, makasih tips plus infonyabya mbak

    ReplyDelete
  2. kalo di rumah kayaknya aku belum butuh pasang AC deh.. Soalnya aku gak kuat dingin dan ruangan ber-AC.. Btw, kamasih sharringnya ya..

    ReplyDelete
  3. Aku pengin ganti AC. Acku sekarang jadul, listriknya boros banget.

    ReplyDelete
  4. sanyo itu udah lama ga pernah beli, dulu punya tv merek sanyo kayaknya keren banget :)
    kalo ga salah tahun 1995-an

    bagus nih mbak artikelnya, jadi referensi saya siapa tahun ntar mau beli ac...

    ReplyDelete
  5. Nah watt yang kecil juga aku pilih nich, luamayan lah AC di rumah kecil wattnya dan irit listrik. Maksih infonya ya Mbak lid

    ReplyDelete
  6. TFS infonya pilih AC yg cocok dgn kebutuhan dan budget ya MBak.

    ReplyDelete
  7. Salut,Mbak, malam-malam bisa tidur dengan pakai ac, kalau sya mungkin bisa beku..di Malang dinginnya poool soalnya :D

    ReplyDelete
  8. kalau cari barang elektronik saya juga lebih suka yang bermerk :)

    ReplyDelete
  9. Disini AC masih jadi barang mewah Mbak, Hanya orang kaya aja yang pakai. Maklum di kampung pakainya AC (Angin Cendela) jadi hemat listrik :)

    ReplyDelete
  10. Di Bandung kayaknya udah mulai butuh AC pas musim panas :)

    ReplyDelete
  11. aku pakai sam**ng alhamdulillah awet. dulu belinya murah karna diskon, sekitar 3 jtan. skrg makin banyak pilihan AC

    ReplyDelete
  12. Kebutuhan terhadap AC memang sudah semakin tinggi ya mba.
    Bogor saja yang katanya kota hujan, tetep saja panas, karena banyaknya bangunan

    ReplyDelete
  13. Perlu nih ac yg saving energy.. Aku pake yg terakhir hehe.tapi klo siang Kaina ku boboin di luar biar bisa kondisi panas dingin

    ReplyDelete
  14. AC paling bagus merk DAIKIN
    *sumber orang dalam LG*

    ReplyDelete
  15. Kalau milih AC biasanya tugas suamiku tuh. Pertimbangannya yang paling utama wattnya kecil.

    ReplyDelete
  16. Aku pilih AC yang irit listrik mbak

    ReplyDelete
  17. di rumah kami belum punya Ac Mbak Lidya, jadi masih memakai kipas angin :)

    tapi kalau nanti membeli AC maka yang menjadi pertimbangan saya adalah harga dan watt-nya :)

    ReplyDelete
  18. Jav lg seneng bgt nih nonton video tentang ac

    ReplyDelete
  19. haini, penting. mungkin di kantor di pabrik saya perlu ac baru yang sesuai dengan "saya" hihi

    ReplyDelete
  20. aku mau pasang, tapi...masih maju mundur jelek ihh

    ReplyDelete
  21. mencari AC harus pintar2 ya, nyari yang murah tapi hemat listrik hehe

    ReplyDelete
  22. perlu ac yang hemat listrik, bogor panash beud mbak.. hihi

    ReplyDelete
  23. Nice info :) sedikit menambahkan.. Selain tipe, mungkin perlu diperhatikan juga :
    1. Ukuran atau luas ruangan yang akan dipasang AC
    2. Kapasitas AC dan tegangan listrik sesuai dengan besarnya ruangan
    3. Jumlah orang di dalam ruangan yang akan dipasang AC
    Happy blogging

    ReplyDelete