Navigation Menu

Menjaring Wisatawan Dari Fenomena Gerhana Matahari Total


Sejak diberitakan di media tentang Gerhana Matahari Total, Pascal anak saya terus bertanya tentang fenomena terjadinya gerhana ini. Sebagai anak yang kritis dan banyak tanya tentu saja membuat dia penasaran ingin dijelaskan mengenai proses gerhana ini terjadi. Pascal malah merengek ingin melihat langsung gerhana di lokasi yang tepat pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang. Wah ini tanggalnya berdekatan sekali dengan hari ulang tahunnya.


Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. Seperti ini kira-kira yang saya jelaskan pada Pascal.

Selain menjelaskan mengenai Gerhana Matahari dengan bahasa yang mudah dimengerti, saya juga menunjukkan postingan blog teman-teman yang menulis tentang gerhana tersebut.

Beruntung sekali Indonesia akan dilewati fenomena alam ini. Yang saya ingat ketika tahun 1983, saat berumur 5 tahun ada peringatan dari pemerintah untuk melarang masyarakat keluar rumah. Namanya juga masih kecil jadi saya nurut-nurut saja. Gorden rumah di tutup semua karena ketakuan akan bahaya gerhana ini yang katanya bisa membuat kebutaan seumur hidup. Ih mengerikan sekali ya. Lucunya ada teman saya yang berjalan sambil memejamkan matanya saat di luar rumah, karena tidak punya kacamata hitam.




Berbagai Kegiatan diadakan terkait Gerhana Matahari yaitu kontes menulis, foto, dan video. Semua dilakukan karena ini fenomena yang jarang terjadi dan sayang untuk dilewatkan. Karena fenomena ini akan ada lagi pada tahun 2023 dan hanya  bisa disaksikan di NTT dan papua barat.

Terkait dengan jalur gerhana yang dipublish Kementerian Pariwisata sudah menyiapkan kedatangan wisatawan lokal dan mancanegara untuk menyaksikan secara langsung fenomena ini di 12 tempat yang dilalui oleh proses Gerhana Matahari Total. Tujuan Kemenpar ini tentu saja untuk menarik devisa negara juga mengenalkan tujuan wisata Indonesia agar lebih dikenal lagi dimasyarakat luar.

Belitung

Di Kabupateng Belitung pemesanan hotels udah mencapai 80% menurut kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung. Pantai Tanjung Kayang adalah lokasi untuk pengamatan gerhana. Akan ada pementasan seni budaya lokal. Yang paling seru ada seminar ilmiah dan pembahasan mitos soal gerhana dengan menghadirkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

Palembang

Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan akan menutup Jembatan Ampera untuk lokasi utama pengamatan gerhana matahari total di Palembang. Setelah proses pengamatan akan diadakan pementasan mitos cerita rakyat yaitu pertunjukkan naga sepanjang 18 meter memakan  matahari, juga ada festival kuliner yang bisa memanjakan lidah pengunjung. Sekaligus memperkenalkan kota ini sebagai tuan rumah Asian Games 2018 nanti.

Selain menyaksikan Gerhana Matahari Total, wisatawan juga bisa berkunjung ke berbagai objek wisata yang ada di sekitar lokasi GMT. Di Bangka / Belitung bisa menyusuri lokasi pembuatan film Laskar Pelangi yang terkenal. Di Palembang bisa melihat keindahan Sungai Musi dan Jambatan Ampera


Selain dua tempat di atas yang dijadikan tempat pengamatan dan penelitian Gerhana Matahari Total ada lokasi lainnya yaitu :
  • Pulau Bukulimau
  • Pantai Tambak (Kab. Belitung Timur)
  • Bukit Tangling 
  • Gumbos (45 km dari Palu)
  • Desa Kalora, Poso (83 km dari Palu)
  • Parigi Moutong
  • Esa Tomoli (55km dari Parigi Moutong)
  • Pulau Plum, Maba, Maluku Utara sebagai durasi gerhana terlama


Walaupun mitos-mitos yang saya dengar tidak sepenuhnya benar, bukan berarti kita mengabaikan perlindungan terhadap mata saat menyaksikan gerhana ini. Salah satu cara agar bisa menyaksikan fenomena ini ada dengan menggunakan kacamata khusus yang dilapisi dengan filter matahari untuk menyaring cahaya matahari agar tidak terkenal langsung pada retina.

Yang perlu diingat saat melihat gerhana adalah saat bulan menutupi seluruh matahari tidak perlu menggunakan filter. Tetapi harus segera menggenakan filter matahari saat totalitas berakhir, karena pupil mata tidak cukup cepat menutup dan akan menerima cahaya matahari. Di situlah letak bahayanya kalau melihat langsung gerhana dan akan merusak retina.

Pascal membuat simulasi Kacamata Matahari sebagai alat untuk melihat Gerhana Matahari Total. Dan saya pun membuat ilustrasi agar lebih mengerti proses terjadinya.





Siapa tahu saja saya terpilih sebagai Laskar Gerhana yang diadakan oleh Blogdetik untuk melihat gerhana dari Bangka Belitung atau Ternate. Jadi saya bisa menceritakan fenomena alam ini kepada anak secara real karena telah mengamati secara langsung proses terjadinya gerhana matahari total. Tentu saja sebagai blogger saya akan menuliskan peristiwa sejarah ini sebagai kenang-kenangan sejarah ilmu pengetahuan sebagai warisan anak-anak nantinya. Saya tidak akan menyia-nyiakan peristiwa penting ini dengan merekam detik-detik terjadinya Gerhana Matahari Total.

Mata dunia akan terfokus pada Indonesia sebagai negara yang menjadi bagian Gerhana Matahari Total. Waktu yang tepat untuk kembali meningkatkan pariwisata Indonesia melalui fenomena alam ini. Semoga setelahnya parisiwisata Indonesia makin maju dan dikenal lebih banyak lagi oleh wisatawan mancanegera dan domestik. Ini loh Indonesia juga tidak kalah indahnya dengan negara lain, sebagai putra bangsa harus bangga dengan pariwisata negeri sendiri.


Sumber tulisan :
http://news.detik.com/berita/3143917/penutupan-pertama-jembatan-ampera-sejak-diresmikan-sukarno
http://news.detik.com/berita/3143494/pemkab-belitung-bersiap-diserbu-7000-turis-gerhana
http://news.detik.com/infografis/3139267/9-lokasi-penelitian-gerhana-matahari-total-2016
http://pedas.blogdetik.com/2016/02/10/gerhana-matahari-antara-target-wisatawan-dan-mitos

18 comments:

  1. Simulasinya keren mbaaa, suka deeh

    ReplyDelete
  2. Tempat-tempat yang dilewati gerhananya kereeen yah :). Ngg ada yang lewat dekeeet NYC hehehe

    ReplyDelete
  3. Hihihiii lucu ada stop motionnya

    ReplyDelete
  4. Pascalnya juga diajak dong mak kalo menang hihihi

    ReplyDelete
  5. simulasinya sederhana tapi keren. Gutlak ya!

    ReplyDelete
  6. wahaha sama mbak, anak saya yg besar juga jadi nanyain soal gerhana itu. btw animasi nya keren. suka liatnya.

    ReplyDelete
  7. Oho, sempat mikir, kenapa gerhana matahari total kok pakai kaccamata khusus, padahal gak ada cahaya matahari...eh, ternyata di jawab di postingan ini..btw, gambar terakhir (y) hihi

    ReplyDelete
  8. Aku senang banget Palembang tempat tinggalku dilintasi fenomena gerhana matahari total.. Kalaupun aku tidak bisa masuk ke kawasan Jembatan Ampera gak apa2 deh.. Ntar aku standbya aja di halaman kantorku.. atau di plaza Benteng Kuto Besak yg berada di dekat kantorku.. Ayo Mba Lidya main2 ke Palembang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama bun, kotaku Balikpapan juga kebagian...
      aku harus cari tahu posisinya tepat di mana

      Delete
  9. keren itu yang gerak, gutlak ya, semoga ikut serta jalan-jalan berburu gerhana

    ReplyDelete
  10. Palembang...senang sekali karena wilayah kami kebetulan menjadi tempat yang dilalui GMT, benar sekali akan banyak festival pada acara tersebut, termasuk juga wisata kuliner...

    ReplyDelete
  11. Semoga Jeng Lidya terpilih sebagai salah satu pemenang shg Cal-Vin maupun saya dapat menikmati postingan GMT. Salam

    ReplyDelete
  12. saya ingat dulu waktu kecil ketika ada gerhana matahari disuruh di dalam rumah aja :)

    ReplyDelete
  13. pas baca ini "Gerhana Matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari", langsung aku berhenti, dan mencoret-coret dengan tangan di meja, mencoba merefleksikan.
    Ha...ha...
    Jadi ingat mapel di SMA ilmu bumi antarsiksa eh antariksa
    Balikpapan, kotaku kebagian
    Terima kasih infonya bunda... sp priceless!

    ReplyDelete
  14. Momen langka nih sayang bgt klo terlewat kan hehehe

    Watch box office

    ReplyDelete