Thursday, February 25, 2016

# sharing

Membandingan Asuransi Sebelum Memilih

Siapa sih yang mau kena musibah, seperti sakit, kecelakaan, atau di PHK misalnya. Setiap orang pasti gak mau bukan. Maunya sih semua berjalan di relnya, hidup aman, nyaman, bekerja setiap hari untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Tapi namanya musibah kadang tidak bisa ditebak kapan akan terjadi. Takut? ya jelas saja saya takut. Lalu cari solusinya dengan cara proteksi atau perlindungan.


Takut kehujanan, pakai payung atau jas hujan. Takut kedinginan, pakai jaket dong. Ya semacam itulah contoh kecilnya. Saat seseorang sakit, tentu saja butuh obat dan penangan dokter. Ini butuh biaya, mana ada sih yang gratis sekarang. Iya kalau biaya rumah sakit sudah dicover oleh tempat bekerja kita, Allhamdulillah. Tapi kalau tidak dicover bagaimana dong? Ikutan asuransi jawabannya. Memang sih buat sebagian orang ada yang masih menganggap tidak penting. Apalagi saat ini banyak sekali tawaran asuransi yang membuat bingung. 

Asuransi bisa diibaratkan sebagai payung kehidupan seseorang. Bukan hanya untuk suami sebagai kepala keluarga, tetapi penting juga untuk istri dan anak-anak. Beberapa asuransi yang menurut saya penting adalah :
  • Asuransi kesehatan untuk masing-masing anggota keluarga
  • Asuransi jiwa untuk kepala keluarga sebagai pencari nafkah utama
  • Asuransi kecelakaan
  • Asuransi pendidikan
  • Asuransi hari tua
Masih banyak sih jenis asuransi lainnya, semua tergantung kebutuhan kita dimana. Premi juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saya pernah merasakan manfaat dari adanya asuransi tersebut. Misalnya saat sakit, tiba-tiba harus di opname, bisa langsung masuk rumah sakit tanpa dimina uang jaminan terlebih dahulu. Namanya manusia ya, ga selamanya uang selalu tersedia.

Begitu pula saat suami kecelakaan, wah rasanya dunia sudah berhenti berputar apalagi saya tidak bekerja. Saya lupa kalau suami punya asuransi jiwa yang juga mengcover asuransi kesehatan. Sehingga seketika bisa langsung ditangani dimanapun berada. Walaupun misanya tidak semua jenis layanan rumah sakit bisa diberikan, setidaknya pertolongan awal sangat penting saat kecelakaan. Biaya tak terduga selanjutnya masih bisa di cari dan dipikirkan kemudian.

Bingung memang saat memilih asuransi mana yang akan digunakan. Untungnya sih sekarang ada pasarpolis yang bisa membantu kita membandingkan beberapa jenis asuransi sekaligus. Misalnya membutuhkan perbandingan asuransi kecelakaan diri ada simulasinya untuk dibandingkan dan dipelajari terlebih dahulu sebelum memilih asuransi mana yag akan digunakan.





25 comments:

  1. Iya asuransi itu memang penting banget. Buat jaga- jaga kalau misal ada hal yang gak diinginkan.

    ReplyDelete
  2. Asuransi itu sebagai perumpamaan sedia payung sebelum hujan ya bun, memang penting untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan kemudian hari.

    ReplyDelete
  3. Program asuransi seperti ini memberikan perlindungan bagi kita ya Mba..

    ReplyDelete
  4. iya ya, perusahaan asuransi kan sekarang banyak, jadi sebelum milih ya kudu banding2in dulu mana yang paling tepat

    ReplyDelete
  5. Asuransi ku dari zaman barukerja ampe sekarang ngak ganti2 hahaha. Eh nambah kmrn daftar BPJS

    ReplyDelete
  6. Asuransi memang sangat penting, tinggal pilih saja yang sesuai budget dan kebutuhan kita ya.

    ReplyDelete
  7. Aku pernah ikut asuransi axa mandiri, tapi karena aku salah milih premi jadi kebesaran nilainya haha. Trus karna harus kuliah aku berhentikan itu asuransi, so far ada bpjs. Semoga sehat sehat sajaa ^^ amiin.

    ReplyDelete
  8. iya yah musibah kan siapa yang tau kapan bakalan datang.
    baca ini aku jadi keingetan sama iklan iklan asuransi di Thailand yang sering aku tonton di youtube, selaluuu ajah iklan iklan tsb berhasil bikin aku mewek :(

    ReplyDelete
  9. Cuma punya asuransi pendidikan doang nih....

    ReplyDelete
  10. Nahh ini sebenernya penting banget ya mak.. Cuma emang harus bener2 cermat memilih asuransinya. Kesehatan, pendidikan, atau barang2 pribadi, memang penting banget nih mak Lidya buat diasuransikan. Tapi sampai sekarang pun aku masih agak bingung pilih asuransi yang bagus mak..

    ReplyDelete
  11. untuk pendidikan dan rawat inap, kami pakai asuransi. Tapi, suami yang saya serahkan untuk memutuskan pakai asuransi mana :D

    ReplyDelete
  12. Aku pengen banget ansuransi pendidikan.

    ReplyDelete
  13. Asuransi memang penting, apalagi biaya kesehatan dan pendidikan makin mahal

    ReplyDelete
  14. Perlu sih asuransi itu. Btw, itu judulnya kurang "k", Mbak Lid.

    ReplyDelete
  15. Saya dulu termasuk peserta asuransi
    Sekarang sudah tidak lagi
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  16. Asuransi penting ya, Mbak. Coba cek ach ke pasarpolis,

    ReplyDelete
  17. wuih... enak nih ada pasarpolis.com
    jadi carinya bisa langsung sekalian yaa

    ReplyDelete
  18. Saat ini sih yang lagi in, pake BPJS mak lid.
    Enaknya ga pake masa tunggu untuk Hamil. Hihihi

    ReplyDelete
  19. betul-betul itu mbak, kudu pilih-pilih, supaya gak kecewa..:))

    ReplyDelete
  20. Kami belum punya asuransi, rencana mau cari asuransi pendidikan buat alfi. Tapi masih bingung pilih yang mana.

    Terima kasih infonya Mbak :)

    ReplyDelete
  21. asuransi yang saya punya apa ya? kayanya belum deh. baru ikutan tabungan2 aja mbak

    ReplyDelete
  22. hitung2an asuransi itu sangat rumit ya, kita harus sangat cermat dan jeli untuk memahaminya :)

    ReplyDelete
  23. Thanks share nya, harus lebih selektif milih nya nih :D

    Watch movie HD

    ReplyDelete
  24. Asuransi baru suami aja, tapi sama kantornya udah dipecah2 lagi utk 2 asuransi.. Milih asuransi hrs betul2 harus yg jelas kredibilitasnya ya mba

    ReplyDelete
  25. Aku alhamdulillah sudah memakai asuransi pendidikan seperti investasi yang mendapat manfaat kesehatan.. Banyak baca, bandingkan dan dapat manfaat maksimal

    ReplyDelete