Saturday, January 30, 2016

# reportase

Sun Life Edufair - Merencanakan Masa Depan Si Kecil

"Setiap anak punya bakat yang berbeda, tugas orangtua mengenali dan mengembangkan bakat tersebut"



Sun life Financial menghadirkan Sun Life Edufair di Main Atrium Senayan City Mall yang berlangsung sejak tanggal 28 - 31 Januari 2016. Jadi masih ada waktu nih mengunjungi Edufairnya besok hari Minggu. Jangan lupa ajak keluarga ya, karena pameran ini tidak ditujukan hanya untuk orang tua saja.

Kenapa saya bilang pameran ini bisa dinikmati oleh seluruh keluarga? Karena saat orang tua berkonsultasi mengenai pilihan sekolah yang tepat serta merencanakan keuangan untuk masa depan anak. Di tempat yang sama anak-anak bisa menikmati berbagai aktivitas untuk mengetahui bakat dan kemampuan mereka sesuai dengan keinginannya.

Ada apa saja sih di event Edufair hari ketiga ini?

Fashion Show dari Dream Dress Fashion Design Course

Murid-murid dari Dream Dress memperagakan design pakaian hasil karyanya di depan tamu-tamu, sambil membawa maniken kecil yang memakai design yang sama dalam versi mini. Usia mereka bervariasi mulai dari anak Sd hingga SMA. Wah keren-keren hasil karya mereka, saya sampai takjub. 



Senangnya bakat mereka dalam membuat design pakaian didukung oleh orang tuanya dengan memasukkan ke tempat kursus yang tepat. Tujuannya adalah agar bakat mereka bisa berkembang lebih baik lagi.

Wawancara Sekolah

Beberapa sekolah yang menguikuti Edufair dipanggil ke atas panggung untuk menjelaskan tentang visi dan misi masing-masing sekolah.

Dongen Anak

Kak Ryan mengajak anak-anak naik ke atas panggung untuk mendengarkan dongeng. Melalui dongeng anak bisa belajar kemampuan verbalnya. Biasanya dengan dongeng anak akan menyimak dan menerapkan apa yang mereka dengar.



Permainan Musik dari Sekolah Don Bosco

Bakat anak dibidang musik juga ditampilkan pada Edufair, kali ini pertunjukan dari anak-anak Sekolah Don Bosco. Mereka pintar-pintar sekali memainkan alat musik biola. Dengan belajar musik maka akan mengembangkan kecerdasan musikal pada anak. Selain itu mereka juga menampilkan Choir Performance dengan suara-suara yang indah.



Capoeira Performe

Persembahan dari Belo Horizonte dengan menampilkan gerakan Capoeira. Ini merupakan bela diri yang berasal dari Brazil. Mereka yang belajar capoeira dimulai dari usia 4 tahun hingga dewasa. Kecil-kecil sudah pandai melakukan gerakan capoeira, ini berkat semanga dan latihan yang tekun.




Talkshow Saatnya Ayah dan Bunda Menjadi Sahabat Terbaik Bagi Anak

Menghadirkan Erlinda Iswanto sebagai Sekjen KPAI, Norman Nugraha sebagai Chief Agency Officer Syariah dan Teuku Zaki dari Yayasan Sahabat Untuk Anak.


Ibu Erlinda Iswanto menjelaskan tentang kekerasan pada anak. Kekerasan tidak hanya fisik saja, ada juga kekerasan emosional, verbal, penelantaran, dan diskriminasi anak Perlalukan orang tua terhadap anak juga ini termasuk tindakan kekerasan. Akan diberikan hukuman penjara minimum 5 tahun kepada orang yang melakukan kekerasan. Jangan membandingkan anak satu dengan lainnya. Pembunuhan karakter bisa terjadi tanpa disadari.

Menurut Teuku Zaki agar orang tua bisa menjadi sahabat anak-anak maka harus mengetahui karakter anak terlebih dahulu. Cara berkomunikasi dengan tiap anak juga berbeda. Posisikan orang tua menjadi teman atau sahabat agar bisa berkomunikasi dengan anak.

Bapak Norman Nugraha bapak dari tiga orang anak ini masih muda loh. Ketiga anaknya sudah SMP dan SMA. Walaupun sudah mempunyai anak, beliau masih tetap belajar banyak agar menjadi orang tua yang baik. Berapa pun banyaknya komunikasi dengan anak, tapi yang lebi penting adalah kualitas. Dengan kata lain selalu luangkan waktu bermain bersama anak dan jadikan setiap pertemuan berkualitas.

Sun Life Edufair tidak hanya peduli tetapi juga memfasilitasi  setiap bakat anak untuk  edukasi anak. Melihat anak-anak menyelesaikan pendidikan setinggi mungkin adalah impian hampir setiap orang tua. Melalui Sun Life Edufair membantu orang tua bisa memilih sekolah yang tepat bagi putra putrinya. Memilih sekolah berarti harus sudah siap denga perencaan keuangan


Booth Peserta Sun Life Edufair

Ada beberapa booth yang memamerkan pendidikan mana yang terbaik untuk anaknya, yaitu  :
  • Sun Life Financial
  • dream dress fashion design course
  • Kinderland Pre-school
  • Sekolah Dasar Kupu-kupu dan Sekolah Menengah Garuda Cendekia
  • Belo Horizonte - capoeira
  • YPAC - Sekolah Master
  • Jakarta Multiculture School
  • Sekolah Pembangunan Jaya
  • Yayasan Pondok Indah - Don Bosco
  • High Scope
  • Binus School
  • Sun Life Store



Area Bermain dan Beraktivitas Anak 

Berbagai permainan bisa diikuti oleh anak-anak. Dari menyusun lego, bermainan perencanaan keuangan ini mirip dengan monopoli, paper clay, mewarnai, menggambar, mewarnai buku, dan lainnya.

Jangan lupa untuk meminta paspor di booth Registrasi untuk di stamp pada setiap booth permainan dan booth sekolah. Dengan mengumpulkan tiga stamp nantinya akan mendapatkan boneka Sun Son sebagai maskot Sun Life Indonesia.




Ini dia maskot yang bernama Sun Son


Mau tahu rundown acara Sun Life  Edufair hari terakhir yuk bisa dilihat pada banner di bawah ini.



Untuk berbagi seputar karier, keluarga, dan keuangan serta perencanaan keuangan bisa juga membuka web http://brighterlife.co.id

10 comments:

  1. Sekarang makin canggih yah mba, wadahnya buanyak bgt. Anak tinggal pilih sesuai bakat dan hobinya. Ketemu mba de dong,fayra ikutan dream dress kayanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ketemu sama De, lihat pertunjukkan yang dibawakan sama Fayra juga, Keren

      Delete
  2. Penting banget ya Mba sejak dini sdh merencanakan masa depan buat si kecil...

    ReplyDelete
  3. Seru banget ya mbk acaranya, penasaran pengen dapat ilmu juga. makasih sharingnya mbk, jadi dapat ilmu lagi.

    ReplyDelete
  4. Sekali lagi terbukti kualitas, bukan kuantitas

    ReplyDelete
  5. orangtua pasti senang dapat banyak ilmu di acara ini, btw surabaya ada nggak ya acara spt ini...

    ReplyDelete
  6. "Setiap anak punya bakat yang berbeda, tugas orangtua mengenali dan mengembangkan bakat tersebut" Saya setuju dg quote tersebut.
    Memang suatu kemudahan bagi para orangtua di kota untuk memilih sekolah terbaik bg anak2nya yg selaras dg bakatnya, atau mengikuti program2 yg mendukung orang tua untuk memberikan pndidikan yang terbaik kepada anak2nya.
    Berbeda halnya dg para orangtua yg hidup di kota kecil atau di desa. Tapi, itu tidak menjadi kendala sebenarnya. Karena sebenranya, dg menjadi orangtua yang dapat memahami anak2 adalah modal utama agar orang tua dapat mengarahkan, membimbing potensi dan bakat anak, walau dg keterbatasan sarana dan prasarana.
    Sebagai orang yg masih single, itu semua menjadi ilmu bagi saya untuk mempersiapkan menjadi orang tua yg baik dan memahami anak2.

    ReplyDelete
  7. Padahal aku pengen banget lihat fashion show dari Dream Dress. Unik banget, anak-anak pada pinter desain baju.

    ReplyDelete
  8. Aku ke acara ini jg, tp hr minggu. sayang ya gk bs ketemu kitaa, beda hari siih. but yeaah, acaranya keren!

    ReplyDelete
  9. Even semacam ini, selain seru, juga muatan edukasinya tinggi ya mba, jadi menyenangkan untuk semuanya, termasuk untuk anak

    ReplyDelete