Navigation Menu

5 Hal Baik dari Aplikasi Kids Center Acer Liquid Z320

Twinkle, twinkle, little star
How I wonder what you are
Up above the world so high
Like a diamond in the sky
Twinkle, twinkle little star
How I wonder what you are


Bernyanyi dengan menggunakan aplikasi KIDOZ Search ACER Kids Centers


Kalau melihat video di atas, begitu mudahnya Alvin bungsu saya mengakses video lagu anak-anak sendiri. Tinggal menyebutkan kata kunci saja maka semua video yang berhubungan akan tampil pada layar ponsel.

Kebanyakan anak jaman sekarang yang melek teknologi sudah terbiasa menggunakan gadget canggih. Sebagai orang tua tentu saja saya senang dengan kemampuan yang dimilikinya. Tetapi di lain sisi saya juga takut dengan bahaya yang mengancam anak-anak saat menggunakan gadget yang terhubung dengan Internet.

Untung saja Acer Liquid Z320 memiliki fitur khusus yaitu Kids Center. Untuk penjelasan lebih lengkap setelah saya menjelaskan mengenai Acer Liquid Z320 di bawah ini.



Sebetulnya ponsel ini saya berikan pada Pascal si sulung untuk berkomunikasi ketika saya  tidak ada di rumah. Baik melalui telpon atau aplikasi chat What's App.  Di luar itu mereka harus meminta izin pada kami saat menggunakannya untuk bermain. Itu pun diperbolehkan hanya untuk hari libur sekolah saja, kecuali untuk mencari bahan pelajaran yang dibutuhkan saat mengerjakan pekerjaan rumah atau PR.


Acer Liquid Z320

Di launching pada bulan September 2015 sebagai smartphone orang Indonesia dengan harga yang ramah di kantong yaitu Rp 999.000. Memiliki berat 142g cukup ringan dan mudah dibawa baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Di tambah dengan fasilitas voice camera memudahkan kita saat akan melakukan selfie.

Ponsel yang memiliki dual Micro SIM ini sudah didukung oleh OS Android 5.1 Lollipop. Mempunyai dua pilihan warna yaitu hitam dan putih. Punya saya berwarna hitam, sengaja supaya tidak cepat kotor saat digunakan oleh anak-anak. Dengan Memori 1GB cukuplah saat digunakan bermain dan belajar bersama anak apalagi didukung oleh kapasistas baterai sebesar 2000mAh.




Yuk Mengexplore Kids Center pada Acer Liquid Z320


Pada tahun 2014 lalu Acer sudah meluncurkan Aplikasi Anak Cerdas pada OS Android untuk membantu anak-anak belajar dan bermain. Untuk membantu orangtua dalam menjaga keamanan anak-anak saat menggunakan smartphone, di akhir tahun 2015 lalu Acer Liquid Z320 menyediakan aplikasi Kids Center yang sudah pre-install pada smartphonenya. Anak-anak akan berada di zona yang aman.

Sign up

Untuk mengaktifkan semua fitur yang ada pada Kids Center diperlukan sign up terlebih dahulu dengan menggunakan email orang tua. Isi profile anak denegan nama, foto serta bulan lahir. Ini untuk membedakan jika mempunyai anak lebih dari satu. Masing-masing anak bisa menggunakan aplikasi sesuai dengan profile namanya.





Beberapa keuntungan setelah melakukan registrasi adalah :
  • Mengaktifkan zona aman bagi anak
  • Mengatur parental controls
  • Mengatur konten personal saat akan digunakan oleh anak.

Parental Control



Pada menu ini kita bisa mengontrol :
  1. Apps untuk anak. Aplikasi mana saja yang boleh diakses dan tidak.
  2. Video Channels. Orang tua bisa menentukan video mana yang disetujui atau tidak untuk ditonton oleh anak.
  3. Online Games. Menentukan games yang sesuai dengan usia anak.
  4. Websites. Menyimpan website mana saja yang boleh diakses oleh si kecil. Bisa ditambahkan sendiri urlnya oleh orang tua.
  5. Time Limit. Penting sekali berapa lama anak-anak boleh menggunakan smartphone. Setelah waktunya habis otomatis tidak bisa digunakan lagi kecuali dengan memasukkan password. Ini hanya bisa dilakukan oleh orang tua.



Fitur-fitur pada Acer Liquid Z320 Kids Center






My Apps Milik Alvin

Pada bagian bawah ada foto Alvin

KIDOZ Search

Bisa diunduh pada menu More Apps. Aplikasi yang tampil ada yang berbayar ada pula yang free. Jangan khawatir apabila si kecil tidak sengaja memilih aplikasi berbayar, karena nantinya akan diminta verifikasi pembayaran melalui kartu kredit. Secara otomatis tidak akan terjadi proses pembayaran.  Jadi sejauh ini aman buat anak-anak dan tagihan orang tuapun tidak ada.


Pada aplikasi ini anak bisa mencari video lagu-lagu kesukaannya hanya dengan menekan mikrofon lalu mengucapkan kata kunci saja. Misalnya "Twingke-twingkle", selanjutnya semua video yang berjudul twinkle-twinkle akan muncul. Si kecil bisa memilih sesuka hati dan belajar bernyanyi bersama.

video Twinkle-Twinkle yang muncul


Websites

Berisi website yang sudah dimanage oleh orang tua. Pascal dan Alvin paling melihat National Geographic Kids. Dari sini mereka banyak memperoleh ilmu pengetahuan baru. 








Paintbox

Pada aplikasi ini anak-anak bisa belajar mewarnai pada Coloring Page yang sudah disediakan. Atau membuat gambar yang disukai pada Blank Page. Hasil mewarnai dan menggambarnya bisa dijadikan wallpaper.  Ini dia hasil mewarnai dan menggambar anak-anak.






Wallpaper

Pada Fitur Kids Center juga anak-anak bisa memilih dan mengganti wallpaper sendiri melalui Gallery dan Camera. Uniknya gallery yan ditampilkan terpisah dari galerry utama ponsel. Biasanya gambar-gambar yang sudah anak-anak buat atau warnai, juga foto yang mereka ambil dari kamera yang ada di Kids Center.




Camera

Anak-anak juga ikutan membuat foto selfie, nanti hasilnya bisa langsung terlihat pada kotak bagian atas ponsel.



5 Hal baik yang di dapat dari Kids Center adalah :
  1. Disiplin. Saat waktu sudah habis ketika menggunakan smartphone, anak-anak akan mengembalikan pada orang tua. Lebih disiplin dalam menjalankan aktivitas lainnya.
  2. Bonding atau ikatan yang kuat antara orang tua dan anak makin baik. Di sini peran serta orang tua sangat penting dalam mengawasi dan mendampingi anak ketika sedang menggunakan smartphone. Walapun sudah ada fitur parental control, alangkah baiknya jika tetap dalam pengawasan orang tua.
  3. Makin mahir menggambar, hanya dengan melihat contoh anak-anak sudah bisa mengembangkan gambar yang ada. Menu Painbox bisa mengasah anak-anak untuk berkreasi dalam menggambar. Dan untuk anak yang lebih kecil bisa sambil mengenal warna.
  4. Lebih ekspresif saat mendengarkan sebuah lagu. Sehingga kecerdasan musikal anak bisa berkembang.
  5. Ilmu yang mereka dapatkan bertambah melalui proses belajar sambil bermain pada aplikasi Kids Center. Melalui beberapa kategori anak-anak bisa belajar berhitung, membaca, berbagai skill, olah raga, lebih menyayangi hewan dan lain-lain. Walaupun Kids Center berupa aplikasi tapi dalam kehidupan sehari-hari bisa diterapkan dalam hal yang lebih ril.
Jadi penggunaan ponsel pada anak banyak manfaatnya asalkan bisa membatasi konten yang berguna dengan dukungan perangkat yang mengerti keinginan orang tua. Anak senang bermain sambil belajar dan orang tua pun tenang.





22 comments:

  1. Bikin anak-anak jadi bisa berinteraksi dengan aman serta kreatif ya mba...asyiik :) sukses untuk kontesnya ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. smartphone ramah anak
    bikin ortunya gak was-was
    salam :)

    ReplyDelete
  3. Gadget dan internet sudah jadi kebutuhan sekarang ya. Dengan kids center orangtua nggak perlu cemas lagi kalo anak pegang gadget krn ada parental controlnya.

    ReplyDelete
  4. User experience-nya mantap Mbak Lia ^_^
    Saya mau juga beli Acer ini

    ReplyDelete
  5. bener2 ramah anak ya acer ini, orangtua nggak perlu khawatir lagi kalo udah spt ini

    ReplyDelete
  6. Wah mangstaaab. Sudah pake dan jadi pengguna ya Mbak Lid. Jadi udah paham banget nih kelebihannya. Kereeeennn!!

    ReplyDelete
  7. wiihh keren ini acer liquid z320...

    ReplyDelete
  8. Aku jadi mempertimbangkan buat beli acer liquid ini deh buat abhi

    ReplyDelete
  9. waah... Pascal udah punya HP nya, asyik doong.. :)

    ReplyDelete
  10. waaah.. keren! langsung dipraktekin pake hapenya :D

    ReplyDelete
  11. waaah sudah punya ya... :D kayaknya ini must have item buat ponakan

    ReplyDelete
  12. Based on experience ya mba, jadi lebih paham banget kelebihannya. Kids center bikin orangtua ngga khawatir lagi kalau anak-anak main gadget.

    ReplyDelete
  13. Acer mengerti benar kebutuhan orang tua, dalam hal pemberian ponsel ya MBak,

    ReplyDelete
  14. Bwahahah. Itu gambar bikinan Alvin? Keren da Alvin ama Kakak mah, paham teknologi tapi nggak kebablasan.

    ReplyDelete
  15. saya belom punya anak
    *yaiyalah kawin aja belom he he he

    tapi baca artikel ini jadi tertarik
    kelak, suatu saat nanti saya pengen punya acer liquid ini deh buat ngedukasi anak...

    ReplyDelete
  16. banyaak kelebihannya ya mba lidya, keren deh hp nya :) namanya teknologi klo kita pinter dan bijak dlm memanfaatkan, pasti bs bermanfaat

    ReplyDelete
  17. Lengkap reviewnya. Ini yg dulu dimauin sama Hawna nih

    ReplyDelete
  18. kalau android lolipop sudah bisa multi user, kita bisa atur hak akses masing masing user, dan mungkin juga membuat kid mode

    ReplyDelete
  19. Asyik ya, bernyanyi, bersenang-senang sambil belajar, ideal untuk media belajar anak.

    ReplyDelete
  20. Wow, asyik banget ada parental controlnya.

    ReplyDelete
  21. Cocok banget jadi anak blogger, suka eksplor aplikasi

    ReplyDelete