Sunday, November 15, 2015

# lomba # reportase

Ada Ayah Hebat di The Biggest Beach Playground in Town


Berikan kepercayaan yang lebih pada Ayah untuk mengasuh anak agar membentuk ikatan emosi ayah dan anak juga dengan pasangan.


Happy Date With Legendaddy hadir lagi untuk yang kedua kalinya di Jakarta pada tanggal 3-4 Oktober 2015 lalu yang bertempat di Kota Kasablanka. Kali ini tidak hanya diselenggarakan di Jakarta tapi di tiga kota lainnya yaitu Medan (10-11 Oktober / Plaza Medan Fair), Surabaya (24-25 Oktober / Tunjungan Plaza 3), dan Makassar (31 Oktober - 1 November  Trans Studio Mall).



Senang sekali kami bisa ikut merasakan kemeriahan event ini lagi sekaligus mempererat bonding si ayah dengan anak-anak. Beberapa hari sebelumnya saya sudah menginformasikan event ini pada suami dan anak-anak, mereka antusias sekali untuk datang lagi ke acara ini. Asyik katanya bisa main pasir lagi. Sejak pagi-pagi anak-anak sudah bersiap untuk menuju ke Kota Kasablanka. .

Ternyata banyak ayah hebat yang rela pagi-pagi datang menemani anak dan istrinya ke Munchies Restaurant, Level GF – FG 28 – 29 Jl. Casablanca Raya Kav. 88, Jakarta untuk mengikuti talk show bertema "Melihat Ayah Hebat dari Kacamata Si Kecil dan Sang Ibu” bersama psikolog Rini Hildayani, M.Si. dan legendaddy Choky Sitohang.

Talk Show

Setelah menikmati menu sarapan di resto acara talk show pun segera di mulai. Tidak hanya ibu tapi ayah pun ikut serta dalam perbincangan menarik ini. Cuaca tidak mempengaruhi suatu kegiatan untuk keluarga apalagi ada sarana bermain dan belajar di dalamnya. Seperti event hari itu walau harus pagi sekali kami berangkat ini merupakan bentuk tanggung jawab suami untuk menepati janji mengikuti event Legendaddy. Tugas saya disini adalah mengumpulkan keluarga dan memberikan waktu untuk ayah dan anak-anak bermain dan belajar bersama.




Menurut Choky Sitohang apapun kegiatan keluarga ayah harus harus mensupport dan ikut serta. Setiap event keluarga Choky akan datang sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan. Ada satu cerita dari Choki saat anaknya masih takut dan malu-malu di sekolah, beliau mengantar dan menunggui putrinya dan memberikan support hingga akhirnya mau ditinggal untuk sekolah. Bukan hanya tugas seorang ibu untuk mengantar anak terlebih jika si anak mempunyai sedikit masalah. Di sini peran ayah sangat besar, luangkan waktu beberapa hari atau ambillah cuti untuk sekedar mengantar anak ke sekolah. Si anak akan merasa senang dan diperhatikan, maka akan terbentuk kepercayaan diri dan bisa bersosialisasi dengan orang banyak.

Jka ayah kurang terlibat dalam pengasuhan anak maka ada dua perilaku yang akan muncul yaitu :

  • Perilaku yang dipendam anak,si anak akan mudah cemas dan menarik diri dari lingungan sehingga kurang bisa berinteraksi dengan orang lain.
  • Perilaku yang dikeluarkan anak, anak akan menjadi agresif, susah diatur atau nakal

Ibu Rini Hildayani, M. Si. seorang dosen dan psikolog juga menjelaskan beberapa faktor yang dapat mendukung peran serta ayah dalam pengasuhan yaitu dukungan lingkungan sekitar serta pengetahuan dan keterampilan ayah dalam pengasuhan anak. Keterlibatan ayah dalam pengasuhan akan membangun ikatan emosi ayah dan anak juga dengan pasangan.

Keterlibatan ayah secara langsung saat ikut serta pengasuhan anak makan akan membentuk :
  • Perkembangan kognitif dan IQ lebih tinggi.
  • Anak terbiasa mengendalikan emosi dengan baik.
  • Keyakinan diri yang lebih.
  • Saat si kakak mempunyai adik, peran ayah penting karena si kakak akan mengembangkan sikap pro sosial. Libatkan si kakak sejak ibu hamil. Otomatis nantinya si kakak akan lebih dekat dnegan ayah
Tiga hal penting agar ayah dan ibu bisa berbagi peran yang seimbang dalam mengasuh anak :
  1. Komunikasi, harus memiliki kesepakatan bersama dalam pola pengasuhan yang seimbang.
  2. Saling mendukung agar anak-anak memiliki perasaan nyaman dan aman.
  3. Komitmen yang dibuat harus konsisten.
Ikatan emosional yang dibentuk oleh orang tua juga harus diperhatian asupan gizi yang baik untuk menjaga imunitas dan berperan penting dalam tumbuh kembang optimal anak. Sistem imun tubuh berada dalam saluran cerna yang akan meningkatkan penyerapan nutrisi. Setelah semua faktor terpenuhi maka bisa mendukung si kecil untuk tumbuh dan berkembang secara optimal menurut Nur Shilla Christianto. Happy Tummy, Happy Kids.

Event Happy Date with Legendaddy yang digelar lagi ini mempunyai tujuan mendorong para ayah menghabiskan lebih banyak waktu yang berkualitas bersama si kecil dan membantu mengedukasi masyarakat untuk memberikan kepercayaan lebih kepada ayah dalam mengasuh anak.


The Biggest Beach Playground in Town



Anak-anak sudah tidak sabar untuk bermain di Beach playground. Uniknya event kali ini diadakan di dalam sebuah Mal atau pusat perbelanjaan yang terbilang bagus dan elit. Tidak terbayangkan sebelumnya di dalam sebuah mal kita bisa bermain pasir layaknya di pantai. Saya sampai takjub bagaimana mereka membawa pasir-pasir tersebut ke dalam sebuah mal. Apapun caranya saya acungkan jempol ini merupakan kegiatan edukatif yang bisa mendekatkan ikatan sebuah keluarga. Apalagi buat kami yang jarang ke pantai, dengan datang ke sini kami bisa merasakan suasana pantai. 

Untuk bermain dan beraktivitas di beach playground harus mempunyai tiket terlebih dahulu. Tiket dapat dibeli di booth sisi kiri arena playground. Setiap pembelian 2x750gr minimal Rp 150.000 akan mendapatkan dua tiket untuk anak dan satu buah tshirt.


Aa dan Ade masing-masing mendapatkan satu buah pasport yang berisi 5 aktivitas yang harus di stamp. Plus satu gimmick menarik saat pembelian tiket. Setiap stamp bisa didapatkan di booth yang berada di area beach playground. Di sini anak-anak dilatih keberaniannya untuk bermain dan meminta stamp tentu saja dengan support ayahnya.

Product dan Gimmick

Kami mendapatkan 1 set gimmick yang berisi tas berbentuk pinguin, tas kanvas dan satu set peralatan makan. Wah senang sekali bisa dipakai untuk sekolah si kecil nih. Apalagi warna biru yang cerah seperti warna langit. Katanya warna biru ini memiliki arti ketenangan, stabil, kepercayaan diri dan keharmonisan. Berharap keluarga kami harmonis dengan peran serta ayah mendidik dan mengasuk anak-anak tentunya.



Happy Beach

Bermain pasir di Panti yang ada di Jakarta rasanya sulit ya apalagi kualitas pasir yang agak kotor. Untunglah kami bisa datang dan bermain pasir di Kota Kasablanka. Pasir yang digunakan untuk bermain baguss sehingga orang tua tidak khawatir. Walaupun aman bermain di sini orang tua wajib mendampingi ya. Apalagi ini event Legendaddy tentu saja ayah harus ikut serta bermain bersama anak-anak.

Sebelum bermain kita bisa menyewa peralatan untuk bermain pasir dengan menyimpan jaminan uang sebesar Rp 100.000. Kami diberikan nomor untuk mengembalikan peralatan dan mengambil uang jaminan. Dengan arti lain menyewa peralatan ini gratis ya, hanya saja untuk memastikan peralatan dikembalikan maka ada uang jaminan. Tidak rugi kok menyewa peralatan bermain pasir ini karena anak-anak bisa berkreasi dan bermain pasir.



 Bermain pasir ternyata mempunyai manfaat yang bagus untuk anak-anak. Di antaranya yaitu :
  • Bisa mengasah kreativitas dengan membentuk bangunan, menggali pasir dan menimbun pasir. 
  • Mengasah motorik kasar melalui saat mengambil pasir menggunakan sekop dengan tangan. Menyentuh pasir dengan telapak tangan semuanya menyenangkan dan bermanfaat.
  • Belajar bekerja secara berkelompok, di sini ade dan Aa belajar berkomunikasi saat mereka akan membentuk sebuah bangunan dari pasir. Mereka juga bisa menentukan apakah butuh air atau tidak untuk membangun sebuah bentuk.

Selain bermain pasir, membentuk aneka bentuk dari pasir, anak-anak juga bisa bermain bola raksaksa dan permainan lainnya yang sudah disediakan di area beach playground. Bermain perosotan membuat mereka senang.



Peran ayah di Happy Beach selain mensupport juga membantu saat anak-anak kesulitan mengambil pasir dan menggali pasir. Serta melatih motorik kasar anak-anak



Happy Zoo & Mini Sea

Anak-anak bisa belajar mengenal hewan laut yang ada di area mini sea. Ada pillow starfish, baby hiu, dan ikan pari. Anak-anak diperkenankan untuk memegang hewan laut ini sambil belajar mengenal nama ikan. Mengenalkan jenis keanekaragaman hayati pada anak.




Di area Happy Zoo anak-anak bisa menyentuh langsung hewan-hewan yang ada sepeti domba, kura-kura dan kelinci. Kalau biasanya domba hanya bisa dilihat melalui gambar dan televisi kali ini anak-anak senang bisa melihat dan menyentuh langsung domba. Sebelum memasuki area ini pengunjung diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun untuk menjaga hewan-hewan dari kuman penyakit.



Peran ayah di Mini Sea mengenalkan nama hewan laut dan memberitahukan alat pernafasan hewan tersebut. Di Area Happy Zoo peran ayah bisa menjelaskan makanan apa saja yang bisa dimakan oleh hewan yang ada di sana.


Happy Creation

Di Booth Happy Creation anak-anak bisa menghias layang-layang sesuai dengan kreasi mereka. Sudah disediakan lem serta bentuk-bentuk untuk ditempel. Mengasah kreativitas anak dan meningkatkan daya imajinasi mereka saat menentukan bentuk hiasan seperti apa yang akan di tempet pada layang-layang. Layang-layang yang sudah dihias boleh dibawa pulang untuk dimainkan di rumah. Tiap anak hanya boleh menempel 5 bentuk saja pada layang-layang Saat sudah menempel 5 maka si anak harus berhenti menghias dan keluar dari area ini dan bergantian dengan anak lain yang sedang mengantri.


Peran ayah di happy creation mengingatkan anak pentingnya memiliki rasa disiplin dan kejujuran, disaat sudah menempel 5 hiasan pada layang-layang maka harus berhenti. Mengajarkan budaya antri saat masuk ke booth ini karena tempat yang terbatas.


Happy Snap!

Di booth ini kami bisa mengabadikan foto dan langsung dicetak untuk kenang-kenangan. Kami bisa difoto dengan gaya apapun dan menggunakan properti yang sudah disiapkan. Pengunjung juga bisa mengupload foto selama event melalui twitter atau instagram dengan hastag #HappyDateWithLegendDaddy. Selain foto bisa dicetak juga berkesempatan memenangkan hadiah.



Ade dan Aa memilih difoto menggunakan properti mainan pistol-pistolan



Peran ayah di happy snap bisa memberikan support dan rasa kepercayaan diri pada anak saat akan di foto. Mereka bisa bergaya tanpa harus malu dilihat orang lain. Mereka jadi memiliki rasa aman tanpa paksaan.


Happy Brick

Nah ini adalah salah satu booth kesukaan Aa dan Ade, karena di rumah mereka suka bermain brick juga. Saat masih kecil bantuan suami saat mengajarkan membuat suatu bentuk dari brick sangat berbekas hingga sekarang. Ade sudah bisa membuat suatu bangun dari brick sendiri. Tugas orang tua menyediakan brick maka anak-anak bisa mengembangkan kreativitasnya untuk membuat hasil karyanya sendiri.

Anak-anak diberikan kebebasan untuk menentukan banguan apa yang akan dibuatnya. Walaupun brick yang disediakan tidak sebanyak yang mereka miliki di rumah tapi anak-anak harus diajarkan dengan keadan yang berbeda. Tidak selamanya keadaan sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Buktinya mereka senang saja kok bisa membuat bentuk yang mereka ingin dengan brick yang sudah disediakan. Mereka membuat kereta api.


Peran ayah di happy brick membantu anak-anak saat membuat bentuk. Memberikan support saat mereka mengeluh bricknya sedikit. Sebagai gantinya mereka bermain brick lagi di rumah.

Selesai bermain jangan lupa untuk membersihkan kaki dan tangan. Untunglah di sana sudah disipakan petugas yang membersihkan kaki dan tangan dari pasir menggunakan vacum cleaner. Tangan di cuci menggunakan gel pembersih dan tisu basah. Ada baiknya setelahnya ke rest romm untuk membersihkannya lagi.



Setelah lelah bermain anak-anak bisa minum susu yang sudah disediakan di booth Lactogen. Hmm segar lagi bisa bermain kembali dengan tenaga yang sudah di charge dengan minuman yang baik untuk saluran cerna dan meningkatkan imun pada tubuh. Nutrisi yang sudah masuk ke dalam tubuh anak-anak bisa diserap dengan baik. Sehat selalu ya Nak.



Ayah yang hebat menurut saya dan anak-anak adalah yang mau meluangkan waktunya untuk keluarga. Seharian kami menghabiskan waktu di acara The Biggest Beach Playground in Town. Dalam event lain ini suami tidak keberatan untuk menjaga anak-anak dan mendampinginya. Saya memberikan kepercayaan bahwa seorang ayah pun bisa mengasuh anak-anak sehingga hubungan antara ayah dan anak makin erat.


4 comments:

  1. Mbak Lia, seru ya main di Happy Beach ini... Salfa juga nggak mau move on dari main pasir, hahaha

    ReplyDelete
  2. Aduuh, mupeng aah... Pingin jg ajak maska ke acara ky giniih

    ReplyDelete
  3. Aaaah seruuuu bangeeet acaranyaaaa.. Jadi kangen pantaiii #eeeh.. Bo et Obi juga deket bangeet ama Bapak Udi, soalnya mamanya kerja meluluuu hiks.. Bon courage ya maaak

    ReplyDelete
  4. Waaaa Calvin dpt event yg ada mainannya terus ya. Seneng banget :D

    ReplyDelete