Tuesday, October 13, 2015

# lomba

SADARI - Deteksi Sejak Dini

Cancer. 6-lettter world that has changes so many lives. Including mine - Indah Nuria

Enam huruf tersebut sangat ditakutkan oleh banyak orang termasuk juga saya. Parno deh kalau mendnegar kata ini. Tapi namanya penyakit kita tidak tahu bisa menyerang siapa pun. Berkat cerita dari teman-teman survivor kanker jadi saya makin tahu banyak mengenai penanggulangan juga deteksi sejak dini.

Seperti yang saya kutip dari web yayasankangkerindonesia.org bahwa kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker yang bisa menyebar ke bagian tubuh lain dan bisa menyebabkan kematian.


Tujuh gejala yang harus diperhatikan ada tidaknya kanker :

  1. Waktu buang air ad perubahan
  2. Alat pencernaan terganggu
  3. Suara serak atau batuk tak sembuh-sembuh
  4. Payudara ada benjolan
  5. Andeng-andeng (tahi lalat) berubah sifatnya menjadi besar dan gatal
  6. Darahyang abnormal keluar dari tubuh
  7. Adanya koreng yang tak mau sembuh


Tapi jangan terlalu takut karena bisa dideteksi sejak dini, khusunya kanker payudara ada yang dinamakan SADARI yaitu Periksa Payudara Sendiri. Selalu perhatian dengan adanya benjolan. Saya pernah dulu isneg ngecek dan merasakan kok ada yang berbeda.Karena takut ada apa-apa saya langsung pergi ke Rumah Sakit Darmais, Allhamdulillah menurut dokternya itu bukan apa-apa.

Dan saya baru tahu bahwa kaker payudara juga bisa bawaan atau genetik dari orang tua ya. Kebetulan sekali tetangga ada yang menderita kanker ini, awalnya yang terdeteksi anaknya,lalu tidak lama ternyata ibunya pun menderita hal yang sama. Sayang sekali beliau-beliau ini sudah berpulang saat ini.

Yang disayangkan waktu itu tidak ada program BPJS yang bisa membantu pasien kanker untuk melakukan pengobatan. Beliau kesulitan untuk melakukan berbagai pengobatan dengan biaya yang besar. Menurut dari cerita teman-teman sekarang sangat terbantu sekali ya dengan adanya BPJS. Kalau yang namanya antri dan sabar itu wajar saja ya namanya juga gratis. Sambil berikhtiar, berusaha dan berdoa mudah-mudahan semua pengobatan bisa dilalui dengan baik.

Untuk Mbak Indah dan teman-teman lain yang sedang mendapatkan ujian Breastcancer semangat terus ya. Jangan lupa SADARI ya.




5 comments:

  1. Duhhh mg2 semua sehatt, aihh aku takut malah mb klo cek cek gitu knapa y

    ReplyDelete
  2. Terima kasih infonya, Mbak...
    Semoga sehat-sehat aja deh ya
    *takut saya*

    ReplyDelete
  3. Semoga gerakan kampanye peningkatan kesadaran terhadap kanker payudara bisa semakin menyadarkan wanita tentang pentingnya sadari dan deteksi dini ya Dek Lia.

    ReplyDelete
  4. saya juga sering ngecek dan raba2 PD sendiri, apalagi kan dulu pernah operasi gegara ada kelenjar di bagian ketiak takutnya kenapa2 si PD juga ikut atau apalah.. pokoknya parno juga, tapi takut klo mau ngecek langsung ke dokter, takut dengar diagnosa dokter xixiix

    ReplyDelete
  5. bagus jugaa tuh WASPADAnya mak :)..terima kasih sudah ikutan GAku #finishthefight #gopink #breastcancerawareness yaaa..

    ReplyDelete