Wednesday, October 14, 2015

# jelajah gizi # lomba

Kelezatan Pempek Yang Tersohor hingga ke New York City



Nenek moyangku orang pelaut
Gemar mengarung luas samudra
Menerjang ombak tiada takut
Menempuh badai sudah biasa

Petikan lirik lagu Nenek Moyangku ini sudah dikenal sejak saya kecil. Lagu ini terinspirasi dari wilayah Indonesia yang dua pertiganya adalah lautan. Ironisnya jumlah ikan yang dikonsumsi masyarakat masih rendah. Salah satu faktor penyebab rendahnya konsumsi ikan karena mahalnya harga ikan di beberapa daerah tertentu karena kecilnya budidaya perikanan di sana. Untuk itulah Ibu Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pernah mengkampanyekan untuk mengkonsumsi ikan pada hari Ikan Nasional 21 November 2014. Ikan merupakan sumber ketahanan pangan dan gizi nasional.

Untuk saya dan keluarga sebagai pecinta ikan tentu saja mendukung kampanye Ibu Menteri tersebut. Ikan tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk ikan saja tetapi banyak makanan dengan olahan ikan lainnya. Salah satu yang paling kami gemari adalah pempek. Dalam seminggu saya bisa sering menyantap pempek.


Pempek yang di kenal berasal dari wilayah Sumatera Selatan, tidak hanya di Palembang saja namun di berbagai kota di Sumatera Selatan bisa ditemui pempek. Jenis pempek yang biasa saya makan ada beberapa macam diantaranya adalah :
  • Pempek kapal selam
  • Lenjer
  • Adaan
  • Kulit
  • Keriting, dan lain-lain.


pempek sebelum ditambah kuah cuko

pempek setelah ditambah kuah cuko

Cara Membuat Pempek

Pempek dibuat dari ikan tenggiri, belida atau gabus. Yang biasa saya makan terbuat dari ikan tenggiri. Ikan yang sudah dihaluskan ditambah tepung sagu lalu bentuk sesuai pempek apa yang akan dibuat. Lalu rebus pempek hingga adonan mengapung. Untuk pempek kapal selam di dalamnya diisi dengan telur terlebih dahulu sebelum di rebus. Dari satu adonan pempek ini juga bisa di buat tekwan dan model.

Untuk kuah cuko pempek yang berwarna coklat pekat terbuat dari gula aren yang dididihkan dalam air yang sudah mendidih. Jika menyukai rasa pedas ditambah cabe rawit hijau yang sudah dihaluskan, bawang putih dan garam. Biasanya pempek disajikan dengan mie kuning, irisan mentimun dan ebi membuat rasa pempek lebih enak dan saya jadi ketagihan memakannya :).

Kandungan Nutrisi Pempek

Kandungan nutrisi yang utama dari pempek adalah protein, lemak, dan karbohidrat yang diperoleh dari ikan dan tepung tapioka. Untuk pempek kapal selam mempunyai protein, lemak, dan vitamin A lebih tinggi dibandingkan jenis pempek lainnya karena ada telur di dalamnya. 

Walaupun memiliki kandungan gizi yang baik tidak ada salahnya kalau memakan pempek tidak berlebihan apalagi jika memakan kuoh cuko yang banyak. untuk anak-anak bisa mengakibatkan karies gigi.

Kalau kita rincikan masing-masing kandungan gizi dari bahan yang ada untuk pembuatan pempek sebagai berikut :



Pempek di New York City

Kelezatan pempek disukai juga oleh wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia. Mereka bahkan rela membeli dalam bentuk beku dan porsi banyak untuk dibawa ke negaranya. Di berbagai negara juga sudah ada resturant yang menyajikan pempek baik untuk masyarakat Indonesia yang tinggal di negara tersebut maupun penduduk lokal di negara itu.


Java Village - Elmhurst Restaurant merupakan salah satu restaurant di Amerika yang menjual pempek. Tepatnya ada di 86-10 Justice Ave, Queens New York City USA. Berdasarkan informasi dari salah seorang kawan banyak sekali wisatawan asing yang berkunjung ke restauran ini untuk menikmati pempek.

Tidak salah lagi bukan kalau Pempek merupakan makanan daerah yang mendunia, sebagai warga Indonesia tentu saja kita harus bangga. Yuk makan pempek, karena pempek terbuat dari ikan sekaligus mendukung kampanye pemerintah juga.



Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Jelajah Gizi 3 : Makanan Daerah Yang Mendunia


Informasi kandungan gizi diperoleh dari :
http://www.kesehatanpedia.com
http://www.organisasi.org/
http://jendelauntukkita.blogspot.co.id/2013/04/kandungan-gizi-dan-manfaat-ketimun-bagi.html

8 comments:

  1. Saya suka pempek juga lho, Mbak
    Makin suka setelah membaca kandungan gizinya di sini ^_^

    ReplyDelete
  2. empek-empek memang enak, rasa kuahnya pedas asam dan segar...
    kalau ada penjual lewat di gang pasti banyak yang beli...jadi antri... :)

    ReplyDelete
  3. Wiihhh jd laper liatin pempek nih mak.. aq punya langganan pempek di komplek rumah hihi
    Semoga menang ya mak :)

    ReplyDelete
  4. aku suka sekali pempek mbaa, hanya sekarang mengurangi pedes cukanya hehehe, sudah ngga kuku

    ReplyDelete
  5. Mantap. Aku jadi ngiler. Ini salah satu cemilan kesukaanku.

    ReplyDelete
  6. wah...pempek terkenal sampe ke luar negeri ya...keren....

    sedikit tambahan mbak, lebih enak lagi kalau adonan pempeknya dicampur dengan bawang putih...hehehe

    ReplyDelete
  7. Pempek aku juga suka, asem seger, ditambah sedikit sambal :)

    ReplyDelete
  8. Saya tertarik dengan tulisan anda,
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete