Wednesday, October 7, 2015

# lomba

Cerita di Balik Blogpost Sebuah Lomba


Mengikuti sebuah lomba blog yang diselenggarakan oleh teman blog maupun brand besar itu tantangan banget loh. Buat saya yang lebih suka mepet deadline apalagi ada saja kendala yang dihadapi. Siapa suruh bikin postingan mepet deadline hehehe. Ya gimana namanya juga sibuk di dunia nyata  eh tepatnya sih sok sibuk dan kurang bisa membagi waktu ya.

Contohnya mau ikutan Giveaway Cerita di Balik Blog yang diselenggarakan oleh Mbak Uniek Kaswarganti yang baik hati dan tidak sombong ini. (Modus biar dimenangin GA-nya nih ceritanya). Ya tidak bisa dipungkiri bukan, ikutan kontes pasti dengan harapan bisa memenangkan hadiah yang disediakan, wajarlah itu. 

Alasan kenapa saya suka mepet deadline saat menuliskan blogpost baik tulisan kontes, review maupun postingan lainnya adalah sebagai berikut :

1. Mencari Ide.

Kadang ide datangnya mepet, salah siapa nih? lirik seseorang disana hehehe. Siapa suruh mikirnya mepet ini sih salah saya sendiri tentunya. Tempat saya mencari ide banyak sih sebetulnya seperti di jalan, saat mengerjakan pekerjaan rumah (nah kalau ini multitasking kan), atau di tempat favorit saya (teman-teman dekat pasti tau deh di mana tempat favorit saya :-D pede aja ya ).

Kalau ide datang lebih awal, saya juga suka menunda dengan alasan macam-macam. Anak-anak belum makan, belum belajar atau harus pergi dulu ke suatu tempat. Alhasil tertundalah menuliskan ide tersebut pada sebuah blogpost.

Remider buat saya, jangan menunda pekerjaan, dan postingan. Apalagi postingan giveaway teman-teman blog. Nyesel juga sih banyak yang terlewat akibat kesalahan sendiri. Nah kalau ini bukan hadiah utamanya ya tapi hubungan baik dengan teman blog. Hadiah itu bonus Allhamdulillah.

2. Mencari bahan

Mencari bahan tulisan yang dikembangkan dari ide yang sudah ada. Bisa berupa foto maupun artikel yang berhubungan. Bahan yang dicari biasanya berasal dari internet atau dari luar rumah seperti Mall. Contohnya berapa waktu lalu mengikuti lomba blog review salah satu merk ponsel terkenal. Saya yang pemalu ini (jangan protes loh ya mbak Uniek) dengan pedenya ke salah satu toko ponsel dan minta di foto dengan ponsel tersebut. Tentu saja saya harus membawa suami buat memotret, tapi sebetulnya sih supaya gak malu waktu di foto.

Bahan dan foto yang saya dapatkan tidak selalu maksimal kok. Ada foto yang tidak sesuai dengan harapan saya. Ya harus terima saja sih wong namanya buru-buru dan minta tolong. Nanti tinggal dikembangkan saja menjadi tulisan.

Catatan untuk saya adalah belajar membuat foto dan cara memoto yang bagus. PR banget ini harus segera dilaksakan.

3. Membuat Infografik

Biar kekinian ceritanya, padahal ya saya belum ahli. Hasil yang saya buat kasar, tapi pede ajalah. Bismillah niatnya baik hasilnya serahkan pada yang berwenang menilai sebuah tulisan. Kalau rezeki tidak kemana kok.

Untunglah saya punya teman-teman yang baik, mau menginformasikan cara bikin ini , bikin itu jadilah ilmu saya semakin banyak. Tinggal lebih kreatif dan belajar lebih banyak lagi.

Note untuk diri sendiri adalah belajar lebih giat dan rajin jangan banyak alasan.


4. Waktu yang Tepat Untuk Menuliskan Postingan

Harusnya ya kalau ide, bahan dan faktor pendukung lainnya sudah ada mudah untuk menulis. Nyatanya masih ada kendala lain loh. Misalnya pekerjaan rumah ini yang paling utama loh. Ponsel kendala nomor selanjutnya, baru mau menulis blogpost tergoda melihat ponsel akhirnya chat di group hehehe.

Waktu yang tepat sih gak bisa saya jadwalkan untuk menuliskan postingan. Kadang pagi hingga siang hari saat anak-anak sekolah dengan catatan rumah harus sudah rapi. Saya agak terganggu kalau bekerja di depan laptop tapi rumah masih berantakan. Bisa juga malam hari setelah anak-anak tidur jam 9 malam. Ini tantangannya suami pastinya :). Biasanya sih sudah bilang terlebih dahulu, nanti saya mau menulis postingan A, B atau C ya. Maksudnya sih biar gak di ganggu. Allhamdulillah suami mendukung asal gak ngomel-ngomel katanya :-D.

Ada lagi sih salah satu kendala lain yaitu koneksi internet, biasanya kencang tapi saat dibutuhkan kok malah lemot. Melatih kesabaran nih namanya.

Rekor saya saat menulis tiga buat blogpost untuk lomba sekaligus. Hasilnya sih kurang maksimal dan kurang puas.

Pesan : lebih teratur dalam menjalankan aktivitas harian supaya urusan ngeblog lancar

5. Publish blogpost

Allhamdulillah sudah jadi satu postingan. "Jangan lupa cek typo" kata suami. Karena terlalu sering typo sampai suami hafal hehehe. Yang paling penting cek syarat yang berlaku saat mengikuti sebuah kontes atau menulis review.

Sambil berharap menang tapi kadang saya lupa kapan pengumumannya. Ternyata harus jumpalitan ya menulis sebuah blogpost, tapi saya happy-happy saja kok

Note : makanya buat catatan dong biar gak lupa DL atau tanggal pengumuman (ini pesan untuk saya loh)

Allhamdulillah sudah selesai ya blogpost saya untuk Giveaway Cerita di Balik Lomba, sudah cek list sesuai persyaratan.



Dari sebuah postingan kontes semacam ini yuk Ciptakan Peluangmu, menang Allhamdulillah, kalah berusaha lagi jangan putus asa


26 comments:

  1. Bagi resep dunk mb lid biar rajin memposting hehe

    ReplyDelete
  2. Akuuu beluuum selesaiiii drafting.. Huaaa.. Hiduuup deadlineeee hehehehe

    ReplyDelete
  3. Susah emang bikin deadline pas, apalagi kalau ada infografiknya..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sampai ngantuk kalau bikinnya malam

      Delete
  4. Suamimu baik banget mbak...asal jangan ngomeeel...hehee

    ReplyDelete
  5. Kece badai nih tulisan...
    Pesan-pesannya saya save, dan semoga mood selalu menyertai...

    ReplyDelete
  6. udah check list semua yah kak, goodluck :D
    Jadi kepingin ikutan jugaa dehhh

    ReplyDelete
  7. saya juga tertarik belajar infographis :)

    ReplyDelete
  8. gak mau mepet DL ah..daripada frustasi,,heheheheh,,,kmrn mau coba ikut lomba dan mepet dl jadinya Zonk...memang bener jangan menunda pekerjaan sih

    ReplyDelete
  9. Hehe... saya juga sulit nulis kalau rumah masih berantakan atau ada tugas yang masih ngeganjel. Makin terbuka inspirasi kalau sudah tenang... Selamat berlomba, semoga juara ya,Mbak Lidya :)

    ReplyDelete
  10. Aku baru mau ikut GA ini, baru nulis judulnya, hahaha. Payah deh kalau deadline. Nyesel sih, ga pernah maksimal akhirnya

    ReplyDelete
  11. Wah, sama banget ni. Suka mepet DL. Nasihatnya kena semua ke aku, Mbak Lidya.

    ReplyDelete
  12. Waah, sharingnya cakeep mba, memang harus belajar terus ya mbaa, waah semoga lombanya menang niih

    ReplyDelete
  13. keren nih resepnya buat ikutan giveway :D #nicepost!

    ReplyDelete
  14. eh yang infografik itu seru kayaknya
    dulu saya pernah buat pake powerpoint
    emang sih lama banget, satu data bisa berjam2
    tapi asyik, kalo udah jadi :)

    ReplyDelete
  15. hihiii sebenernya aku juga pengen foto prodak di konter, cuma mualuuuu hiks, alhasil klo tentanh hape hapean suka kelewat

    ReplyDelete
  16. Wah banner terakhirnya kece mbak. :D
    Saya juga sama utk yang nomor 1. hehehe.

    ReplyDelete
  17. Semoga menang, aku juga kalau ikutan lomba ga mau ngarep-ngarep banget. Takut sakit hati kalau kalah :))

    ReplyDelete
  18. Lidya rajin posting! *kasih jempol*
    Aku? Hahaha. Banyak yg terlewat. Akhir2 ini aja agak sering posting. Tp akhirnya blog jadi mirip traveler gituh. *tutup muka* :(

    ReplyDelete
  19. Aku tadi sudah komen tapi kok gak muncul ya?
    Itu soal typo aku setuju banget... kudu cek ricek agar ga ada typo.
    Aku pengen punya nih asisten khusus untuk cek typo hahaha #kedip2mata

    ReplyDelete
  20. Mbaklia warna kerudungnya bagus :)

    ReplyDelete
  21. Terima kasih ya Lia sudah mau ikutan GAku, good luck....

    ReplyDelete
  22. cara-caranya dari 1 sampai 5 itu saya tulis lho mbak...saking penginnya punya tulisan kaya mbak Lidya... **mimpi kali yyeeee... :)

    ReplyDelete