Navigation Menu

Uji Keberanian di Borneo Wild Adventure

Salah satu impian saya ingin mengunjungi Pulau Kalimantan adalah karena disana menyimpan banyak keindahan dan petualangan liar yang menakjubkan. Salah satu tempat yang ingin sekali saya kunjungi adalah Maratua. Apalagi sejak baca postingan Cumi Lebay yang berjudul MARATUA Lebih dari Sekedar Maladives, makin kuat keinginan saya berpetualang disana.

Indonesia itu indah loh ternyata banyak tempat yang perlu di explore dan tidak kalah dengan objek wisata yang ada di luar, salah satunya ya Maratua ini. Terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Menurut teman saya Julia yang menetap di Berau, perjalanan menuju Maratua bisa lewat Tarakan sekitar 5 jam perjalanan laut. Jika lewat Berau melalui perjalanan darat ke Tanjung Baru kurang lebih 2 jam dan menyebrang sekitar 2--30 menit.


(Maratua pic milik Cummy )
Menurut Cumi Lebay, hamparan pasir putih dengan warna air laut hijau tosca menjadikan pemandangan yang indah memuat klepek-klepek. Wah saya mau juga dong ikutan klepek-klepek gitu :). Bukan cuma Cumi aja dong yang bisa menikmati keindahan Maratua, tapi saya juga bisa.

Yang saya tahu di Maratua memiliki biota laut yang sangat indah. Ingin deh mencoba diving untuk pertama kalinya disana. Ini tantangan besar untuk saya loh, yang agak takut dengan air laut tapi berani untuk memulai tantangan. Pasti bisa...pasti bisa kalau diberi kesempatan. Aamiin. Gimana gak tertarik coba,nanti saya akan melihat pemandangan bawah laut yang indah juga bisa melihat secara dekat terumbu karang, pastinya tetap menjaganya ya. Bertemu dan berilaturahmi dengan ikan-ikan cantik di bawah laut sana hmmm sudah tidak sabar lagi rasanya saya ingin diving disana. Siapa tahu saja bisa bertemu dengan Nemo ikan badut yang cute itu loh.


Alasan Ingin Menguji Keberanian di Borneo Wild Adventure

Alasan saya yang paling utama adalah, selama ini dianggap wanita rumahan yang jauh sekali dengan alam, ini semata-mata belum ada kesempatan saja sih. Teman-teman menganggap saya terlalu lembut untuk mengikuti tantangan ini. Sama halnya ketika pertama kali saya naik flying fox kebanyakan under estimate tapi saya bisa membuktikan saya berani dan bisa.

Peta Kalimantan (pic source)

Kebetulan sekali nih Daihatsu dan viva.co.id sedang mengadakan kontes yang pemenangnya akan merasakan penjelajahan seru untuk melihat keindahan alam liar di Kalimantan. Ada 7 destinasi pada "Borneo Wild Adventure" yaitu :
  1. Palangkaraya. Belum pernah penginjakan kaki di Pulau Kalimantan. Di Palangkaraya saya ingin melihat secara dekat kehidupan orang utan. Di sini ada rehabilitasi dan perawatan bagi orang utan yang terusir. Jangan sampai punah deh Orang utan ini.
  2. Di Kruing ingin mencicipi wisata kulinernya, katanya duriannya enak. Dan saya penasaran dengan makan di rumah makan Lontong Orari yang terkenal di Banjarmasin itu. Kalau biasanya kita menikmati lontong yang berbentuk panjang, di sana lontong disajikan dalam bentuk segitiga.
  3. Pulau Kaget dan Kandangan. Bagaimana ya rasanya berada di hutan anggrek, pastinya saya akan takjub dengan kebesaran Allah tentang flora yang biasa hidup menumpang pada tumbuhan lain ini. Saya harap keberadaan hutan anggrek ini tidak punah.
  4. Amuntai & Balikpapan. Saya yang tinggal di kota penyanggah Jakarta tentu saja jarang bahkan hampir tidak pernah melihat kerbau berkeliaran. Di Amuntai katanya kita akan melihat kerbau rawa atau kerbau air yang hidup bebas. Kita juga akan melihat penangkaran buaya teritip katanya ini mempunyaibuaya paling banyak di sana.
  5. Samarinda. Kita akan di bawa ke desa Pampam Dayah Kenyah, ini merupakan kawasan wisata budaya yang juga dijadikan sebagai kawasan cagar budaya suku Dayak
  6. Tn. Kutai. Disini kita akan melihat daerah yang terkenal dengan kayu ulin yangbiasa dipergunakan sebagai bahan bangunan. Bagi orang awam seperi saya kesemoatan baik untuk mengenal lebih dekat pohon kayu ulin ini. Pohon kayu ulin ini juga dijadikan habitan orang utan. Dengan menjaga kelestarian pohon ulin ini juga bisa mempertahankan air tanah sehingga tidak menimbulkan banjir dan longsor.
  7. Maratua. Seperti yang saya tulis diatas, pingin sekali melihat hamparan pasir putih dan air laut yang jernih dan melihat penyu-penyu yang berkeliaran.
New Daihatsu Terios

Kalau di lihat dari ketujuh destinasi di atas tentunya dibutuhkan kendaraan yang kuat dan tangguh yang bisa menjelajahi alam liar di Kalimantan. Cocoknya menggunakan New Daihatsu Terios sebagai sahabat para petualang. Apalagi kondisi jalan yang akan ditempuh untuk uji keberanian di Borneo Wild Adventure sangat bervariasi. Mulai dari jalan offroad, menelusuri jalan pantai, hutan, hingga pedesaan.

New Daihatsu Terios (pic source)
New Daihatsu Terios in sendiri terdiri dari 7 variant dengan 5 warna pilihan. Dengan exterior dan interior  stylish dan gaya. Saya rasa menggunakan Terios type R Adventure cocok untuk berpetualang di Borneo.

Spesifikasi New Daihatsu Terios

Interior New Daihatsu Terios :
  • New meter cluster graphic.
  • Video double din with DHMI & USB Connetor.
    pic source
Exterior New Daihatsu Terios :
  • Daytime running light LED.
  • New Allow wheel design.
  • New front bumper with scuff plate.
  • New front grille.
  • New head lamp design with LED guide lamp.
  • New rood antena.
  • New spare wheel cover


Dengan kelebihan yang dimiliki New Daihatsu Terios saya harap bisa menguji keberanian saya untuk berpetualang di Borneo. Karena perasaan nyaman dan aman dengan kendaraan pendukung petualangan ini baik perjalanan siang hari maupun malam hari. Apalagi mempunyai ruang dalam yang cukup luas, tahu sendiri dong kalau berpetualang butuh barang-barang yang harus di bawa. Dilengkapi dengan Double AC blower tentu saja selama perjalanan akan tetap terasa sejuk.








13 comments:

  1. Waah, aku jg blm pernah ke Borneo nih, pingiin... Ikoot mba Lid

    ReplyDelete
  2. 'Teman-teman menganggap saya terlalu lembut untuk mengikuti tantangan ini.'

    Duh kalo ampe kepilih, ini bakalan keren bangeeet. Aku aminin banget yaaa. AMIIIIIN :D

    ReplyDelete
  3. Nanti aku diajak ya mbak kalo menang... aku juga ngidam berat pengen ke maratua

    ReplyDelete
  4. jadi pingin adventure lagi... :D

    ReplyDelete
  5. Tanah Borneo memang indah Mba Lidya. Jadi kangen sama suasana pantai dan birunya langit di sana. Keren tulisannya, semoga menang ya!

    ReplyDelete
  6. Iyaaa..memang kamu terlalu lembut Lia. Justru yg lembut2 begini ini yg dibutuhkan oleh Borneo. Berangkaaatttt....

    ReplyDelete
  7. kaya'y seru nih jln2 ke borneo,smg menang ya mak :)

    ReplyDelete
  8. Aaah, aku juga mupeng. Apalagi kalau ditantang nyetir sendiri, wuaaah ... pengiiin. Btw, Lidya memang lembut banget. Aku aja yang nyetir ya. Hahaha ... good luck ya, say. :)

    ReplyDelete
  9. Orin jg berani flying fox Teh, jadi nanti ajakin ya ke Borneo hihihihi

    ReplyDelete
  10. semoga menang mba
    kemaren mau ikutan, tp karena harua ikut gathring kalo ke pilih jadi finalis makanya ga jadi

    ReplyDelete