Sunday, August 2, 2015

# sharing

Obat Yang Wajib di Bawa Saat Bepergian Bersama Anak

Saat bepergian bersama anak pastinya ada beberapa barang yang kita persiapkan demi kelancaran perjalanan. Makanan dan minuman itu sih harus ada ya apalagi untuk balita.

Perlengkapan yang di bawa selain berguna dalam perjalanan tentu saja berguna di tempat kita menginap nantinya.

Ada beberapa obat wajin yang selalu saya bawa saat bepergian menginap bersama anak.  Rasanya saya kurang nyaman kalau obat ini tertinggal.  Namanya juga anak-anak ya gak bisa di tebak apa yang akan terjadi nantinya. Entah itu demam,  di gigit serangga atau sakit perut.

Berikut obat wajib yang biasa saya bawa :

1. Obat demam.
Allhamdulillah sih selama ini jarang demam. Biasanya jika bepergian saya menjaga makan anak-anak. Di usahakan tidak telat makan agar tidak masuk angin. Perut kosong pada anak membuat anak daya tahan tubuhnya bisa berkurang. Jika di jam makan tiba pasti saya sudah cari makanan kalau tida membawa. Jika belum ada makanan saya biasa memberi  makanan pengganti dulu seperti roti, donat atau camilan lain, selagi mencari makanan pokok untuk anak-anak.

2. Obat gosok -  Minyak Tawon. 
Minyak ini berguna buat kami apalagi anak-anak. Misalnya di gigit nyamuk  atau serangga. Di oleskan minyak ini supaya tidak berbekas di kulit, anak-anak kalau di gigit nyamuk suka sekali menggaruknya.

Pernah juga si sulung bibirnya bengkak saat bangun tidur, sepertinya rtunya di gigit serangga. Saya oleskan tidak lama bisa kempes bengkaknya.

Minyak ini juga bisa di gunakan saat anak terbentur atau terjedot. Insya Allah benjolnya tidak akan membesar dan bisa cepat kempes juga.

3. Obat gosok -  vicks.
Kalau ini berguna buat si bungsu. Maklumlah dia kurang bisa mencium bau-bau sesuatu yang tidak enak. Seperti bau sampah, toilet yang kotor atau lainnya, dia sering muntah kalau menciumnya.

Solusinya saya minta menghirup vicks sebentar maka muntahnya tidak jadi.
Bisa di gunakan juga untuk menghangatkan badan, saat kedinginan.

4. Minyak Kayu Putih.
Punya fungsi mirip  dengan vicks. Biasanya jika sudah bawa vicks, minyak kayu putih tertinggal saya tidak ka terlalu khawatir.  Saya juga kadang-kadang masih menggosokkan minyak ini pada perut si bungsu saat sudah mandi, bisa membuat hangat badannya.
Untuk obat-obat tersebut di atas biasanya saya membawa dalam kemasan kecil. Saya sengaja membawa botol atau wadah kecil supaya lebih simple. 

3 comments:

  1. Kalo aku, minyak kayu putih, madu, tolak angin anak. Wes itu aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski belum punya anak, tapi aku seringkali siap sedia minyak kayu putih, madu dan obat anti alergi, hehehe

      Delete
  2. Perlengkapan P3K yang wajib aku bawa kalau lagi pergi adalah Tolak Angin Cair, Bye-Bye Fever, Minyak Kayu Putih, Koyo Salonpas, obat diare (berguna banget waktu di India karena ga cocok sama makanan sana), obat maag, dan paracetamol.. Ga kalah lengkap kan, Bun? :D hehehe..

    ReplyDelete