Navigation Menu

Tiga Kuliner Khas Semarang Yang Paling Di Kangeni

Momen  mudik adalah hal yang paling di tunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Biasa mereka meluangkan waktu bahkan sudah merencanakan ini dari jauh hari. Karena momen untuk bertemu dengan keluarga dan saling bersilaturahmi untuk melepas kangen setalah satu tahun lamanya berpisah.

Tujuan utama mudik adalah untuk pulang ke kota kelahiran dan bertemu dengan sanak saudara. Tetapi ada tujuan lainnya seperti berwisata ke daerah kota kelahiran dan juga menikmati kuliner khas daerah tersebut.

Kami setiap tahunnya mudik ke Semarang, entah itu untuk berlebaran di hari H disana atau sesudahnya. Ada tiga kuliner yang paling saya cari saat mudik ke Semarang. Karena lidah saya sudah terbiasa dengan makanan khas dari Jawa Barat, maka makanan khas Semarang yang saya sukai pun bukan yang rasanya manis.


Tiga kuliner khas Semarang yang paling saya kangeni adalah :

Tahu gimbal.

Makanan khas dari Semarang ini sekilas mirip dengan ketoprak dari Jakarta. Makanan ini terdiri dari lontong dengan bumbu kacang yang sudah di campur dengan petis, bawang putih, bawang merah, gula jawa dan cabe rawit. Untuk toping pelengkapya terdiri dari tahu, kol serta gimbal. yang dimaksud dengan gimbal disini adalah udang yang di goreng menggunakan tepung. 

Sayang sekali tahu gimbal ini tidak bisa saya bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk dimakan di rumah. Walaupun naik pesawat sekali pun karena lebih nikmat dimakan di kotanya :)


Lumpia.

Kebetulan sekali dekat rumah mertua saya ada Lumpia Express, biasanya saya sarapan lumpia disana dengan berjalan kaki saja. Untuk lumpia rasa original isinya rebung saja, namun saat ini sudah bervariasi isi dari lumpia diantaranya ada telur, kepiting dan lainnya. Saya lebih suka yang original atau di campur telur.

Nah untuk lumpia ini bisa dijadikan oleh-oleh dan dibawa pulang, baik lumpia basah maupun yang sudah di goreng. Agar lebih awet sebainya membawa lumpia yang sudah di goreng saja karena akan tahan lebih lama.


3. Bakwi Jowo.

Sebenarnya sih diisini juga ada bakmi ya, tapi di sana rasanya berbeda punya cita rasa tersendiri. Yang membedakan mungkin karena ada kekian ya. Di sini kan tida ada mie goreng yang menggunakan kekian.

Yang penasaran dengan kuliner khas Semarang kesukaan saya, yuk kapan-kapan mampir ke Semarang untuk mencicipi kuliner ini.

18 comments:

  1. Waaah bikin mupeng ke Semarang..

    ReplyDelete
  2. Jangan lumpia express Mba... Enakan yang dekat Sanitas atau yang Gang Lombok (saya penggemar lumpia kelas berat haha). Nasi ayam sama tahu petis temasuk manis sih ya.

    ReplyDelete
  3. Waah aku mudik ntar ada rencana ke Semarang, aku pesen lumpia mataram ya mba, hehe

    ReplyDelete
  4. Li, mampir ke purwokerto... sekalian menikmati kuliner khas pwt...

    ReplyDelete
  5. Li, mampir ke purwokerto... sekalian menikmati kuliner khas pwt...

    ReplyDelete
  6. Ada kuliner dari Semarang yang unik dan langka yang harus dicoba Mba, yaitu "Koyor" itu enak banget dan khas kalau di Semarang coba cari deh. he,, he, he,

    ReplyDelete
  7. aku ga suka lumpia Teh, entah kenapa aneh aja rasanya di lidah hihihihi

    ReplyDelete
  8. aku belun pernah nyoba tahu gimbal

    ReplyDelete
  9. bisa dititipin salah satu dari tiga kuliner tersebut, saya udah sangat berterima kasih sekali mbak :)

    #eaaaa #modus

    ReplyDelete
  10. waaah mbak Lidya ternyata mudik ke Semarang to? dekat dong . Hihi..Saya paling suka lumpia semarang mbak.Enak banget.

    ReplyDelete
  11. Saya suka tahu gimbal, Mbak. Kalo lumpia dan bakmi jowo kurang begitu :)

    ReplyDelete
  12. Mba, aku asli Semarang. Ini udah di Semarang. Ada lagi mba, tahu petis :)

    ReplyDelete
  13. waaah hampir mirip seperti makanan di tempat tinggal saya. Bisa kunjungi blog saya di http://www.infopurwokerto.info
    Sampai jumpa dan Salam

    ReplyDelete
  14. dari ketiga yang pernah aku cobain cuma lumpia aja..selebihnya belom :(

    ReplyDelete
  15. Rumah mertua di mana mbak, moga bisa bertemu ya nanti :)

    ReplyDelete
  16. Lumpiaaaa aku suka mbaaak sama bandeng juwana hehehe

    ReplyDelete
  17. Pernah coba lumpia, tapi di Makassar :D Dengar-dengar sih lumpia ini emang asalnya dari Semarang, jadi penasaran nih sama rasanya lumpia semarang :9

    ReplyDelete