Friday, July 10, 2015

# info

Stevia Pohon Pemanis

Kalau selama ini yang saya tahu gula berasal dair pohon tebu, ternyata ada pohon lain sebagai bahan pemanis yaitu pohon stevia. Saya sih baru menemui pohon ini sewaktu kemping bersama blogger beberapa waktu yang lalu.

Ini bentuk daun dari pohon stevia.
Pohon stevia ini merupakan jenis tanaman herba yang mengandung pemanis alami. Tingkat kemanisan dari stevia mencapai 200 kali gula biasa yang berasal dari tebu. Pemakaian pemanis dari stevia jadi irit ya karena tidak perlu menggunakan dalam takaran banyak saja sudah manis sekali rasanya.  Konon pemanis dari stevia ini bebas kalori sehingga cocok sekali untuk penderita diabetes.

Menurut petani yang menanamnya, pohon stevia bisa di panen dalam waktu singkat. Saat kami mencicipi daunnya saja sudah terasa manis sekali, apalagi kalau di olah menjadi gula ya. Untuk memperbanyak pohon ini cukup dengan cara stek batang atau pucuknya saja. Mudah ternyata proses penanamannya ya. 

Walaupun cukup mudah untuk diperbanyak, namun sepertinya masih kurang ya di Indonesia pembibitan Stevia untuk dijadikan pemanis alami yang utama karena kalah bersaing dengan gula dari tebu. Untuk gula dari tebu kita tahu ada pabrik yang memproses tebu untuk menghasilkan gula. Nah pabrik yang mengolah stevia sepertinya say abelum pernah mendengar ya.

4 comments:

  1. iya juga sih, itu salah satu sumber bikin gula
    dulu pernah baca di majalah intisari
    tapi belom pernah liat langsung bentuknya gimana...

    ReplyDelete
  2. Baru tau ada pemanis selain tebu :-)
    Tapi kalo kurang manis, coba pandanga ku yaaa bunda hahaha

    ReplyDelete
  3. Aku kayak sering lihat tanamannya, mba. Tapi ga ngerti namanya. :D

    ReplyDelete
  4. Mari bersama mewujudkan lingkungan yang hijau dan nyaman untuk dirasakan. Jika bukan kita yang memulai, siapa lagi? Kami sebagai perusahan kemasan makannan membuat produk ramah lingkungan untuk membantu mewujudkan lingkungan di indonesia agar lebih hijau dan nyaman. Lebih lanjut tentang kami di : http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete